Artikel

Memahami tentang Pranata Sosial, Fungsi Pranata Sosial, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Pranata Sosial

Pengertian dan Fungsi Pranata Sosial

Fungsi Pranata sosial merupakan kumpulan norma yang berkaitan dengan kebutuhan pokok bermasyarakat dan fungsi pranata sosial untuk mengatur keutuhan masyarakat. Salah satu dari fungsi pranata sosial memberikan aturan kepada masyarakat dalam bersikap menghadapi masalah kemasyarakatan dan menjaga keutuhan masyarakat. Fungsi pranata sosial tersebut merupakan fungsi secara umum dan secara khususnya ada dua fungsi yakni fungsi manifes dan fungsi laten. Fungsi manifes merupakan fungsi jelas, nyata, disadari masyarakat dan menjadi suatu harapan. Seperti contoh fungsi pranata sosial keluarga memiliki fungsi reproduksi mengatur hubungan seksual untuk mendapatkan keturunan. Fungsi khusus yang kedua yaitu fungsi laten merupakan fungsi pranata sosial tidak tampak, tidak jelas, dan tidak semua masyarakat mengharapkan. Contohnya dalam fungsi pranata sosial keluarga  pewarisan gelar atau pendidikan tinggi sebagai pengendali sosial dari perilaku menyimpang.

Ciri-ciri Pranata Sosial

Pranata sosial ini meskipun merupakan sistem norma namu berbeda dengan norma sosial karena memiliki ciri dan kekhasan tersendiri. Memiliki lambang atau simbol yang menggambarkan tujuan dan fungsi pranata sosial yang bersangkutan. Selain lambang terdapat tata tertib aturan yang menjadi pedoman bagi masyarakat baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Ciri yang ketiga meliliki tujuan yang disepakati masyarakat, namun terkadang tujuan tersebut tidak sejalan dengan fungsinya. Krakteristik keempat pola-pola perilaku, unsur-unsur kebudayaan secara langsung maupun tidak langsung bergabung suatu fungsi sehingga pranata sosial memiliki makna didalamnya. Pranata sosial pada umumnya tidak mudah berubah, terbukti mampu mewariskan dari generasi ke generasi. Ciri-ciri pranata sosial yang terakhir memiliki sarana dan prasarana digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Seperti produksi sebuah pabrik merupakan sarana pranata ekonomi untuk menghasilkan produk atau barang.

Macam-Macam Pranata Sosial

Penjelasan sebelumnya telah membahas tentang pengertian dan fungsi pranata sosial, fungsi tersebut terwujud setiap macam pranata sosial. Diantaranya yang sangat penting seperti pranata keluarga, pranata sosial, pranata pendidikan, pranata ekonomi, dan pranata pilitik. Fungsi Pranata sosial keluarga untuk menjaga kekerabatan dalam bermasyarakat, karena satuan kekerabatan yang mendasar disebabkan adanya perkawinan atau keturunan. Perkawinan itu yang akan membentuk keluarga yang kekal adanya suami istri dan anak, dimana ada keluarga inti dan keluarga luas. Keluarga inti disebut keluarga dalam satu rumah dan keluarga besar terdiri atas bebrapa generasi atau lebih dari satu keluarga inti. Pranata agama salah satu macam pranata sosial yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain rohani, pranata agama meliputi tatat kaidah yang berhubungan antar manusia maupun manusia dengan lingkungan.

Pranata Sosial Bidang Ekonomi, pendidikan dan Pranata Politik

Pranata ekonomi mengatur kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang di butuhkan masyarakat. Pranata ekonomi muncul setelah adanya interaksi tukar barang atau biasa disebut barter, namun saat ini sistem barter sudah punah. Berdasarkan peran produksi, distribusi, dan konsumsi mampu membantu memberikan hasil maksimal dengan mengurangi dampak negatif yang muncul. Pendidikanpun sangat penting bagi masyarakat karena suatu proses perubahan sikap menjadi pribadi yang dewasa melalui pelatihan dan pengajaran. Pranata pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan manusia siap dan mampu mencari nafkah hidup atau ati diri ketika dewasa nanti. Dengan harapan pranata pendidikan mampu sosialisasi membentuk sikap mental yang tepat dengan kehidupan saat ini dan yang akan mendatang. Dan yang terakhir pranata politik mengenai ketatanegaraan , kenegaraan, atau tentang kebijakan mengenai pemerintahan negara maupun terhadap negara lain. Fungsi pranata politik sebagai pelindung atau penyalur aspirasi masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

Fungsi dan Tujuan Pranata Sosial

Pranata Sosial memliki fungsi untuk menjaga keutuhan atau integrasi masyarakat dan menjadi sistem pengawasan terhadap tingkah laku. Penjelasan tersebut merupakan fungsi dari pranata sosial, tujuannya untuk mengatur kehidupan masyarakat berjalan teratur dan sejahtera. Fungsi pranata sosial ini hampir sama seperti fungsi noma yakni sebagai bentuk pedoman masyarakat dalam betingkah laku dan bersikap dilingkungan. Selain bentuk sebagai pedoman masyarakat, pranata sosial ini memnuhi kebutuhan masyarakat dalam bentuk ekonomi, pengetahuan, politik, maupun jasmani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *