Artikel

Sistematika Karya Tulis Sederhana

Karya tulis sederhana sesuai sistematika penulisan yang tepat

Sistematika karya tulis – Karya tulis merupakan suatu karya atau hasil yang menuangkan gagasan maupun perasaan yang disusun secara sistematis sesuai dengan aturan penulisan yang tepat dan jelas. Karya tulis bersifat ilmiah sehingga harus memperhatikan beberapa kaidah yang harus diterapkan. Karya ilmiah adalah karya tulis yang didalam isinya mengungkapkan suatu pembahasan secara lengkap dan ilmiah yang ditulis oleh sang penulis. Penulisan karya ilmiah bertujuan untuk mencari sebuah jawaban mengenai sesuatu hal yang diteliti dan untuk membuktikan suatu kebenaran tentang kebenaran dari sesuatu yang terdapat di dalam objek tulisan tersebut. Dalam pembahasan kali ini penulis akan mengungkap sistematika penulisan karya ilmiah dan penjelasannya. Berikut sistematika karya tulis sederhana yang telah diringkas sedemikian rupa.

Sistematika karya tulis sederhana

Dalam menulis sebuah karya tulis tentu harus dibuat secara urut sesuai dengan sistematika penulisan yang berlaku di dalam sistematika karya tulis ilmiah. Pada umumnya sebuah makalah terdapat dua bagian utama, yaitu bagian tubuh dan pelengkap. Bagian tubuh terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Sedangkan bagian pelengkap terdiri dari judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka. Berikut contoh sistematika karya ilmiah beserta penjelasannya.

A. Halaman judul

Judul haruslah disesuaikan dengan isinya, karena judul mencerminkan dari isi. Judul berbentuk kelompok kata bukan kalimat. Di dalam membuat judul harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Harus dirumuskan secara singkat
  • Mencerminkan permasalahan, variabel penelitian dan juga target
  • Memuat kata-kata kunci yang mengacu pada penelitian
  • Memisahkan judul utama dan judul pelengkap

B. Kata pengantar

Di dalam kata pengantar dicantumkan ucapan terimakasih dari penulis kepada orang-orang, lembaga, organisasi dan pihak-pihak yang membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan karya ilmiah tersebut.

C. Daftar isi

Daftar isi memuat halaman yang memberikan informasi tentang bab, sub bab, sub-sub bab, dan bagian-bagian penting lainnya yang disertai dengan letak halamannya.

Bab I Pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bab pertama yang memuat latar belakangyang mengulas alasan mengapa penelitian dilakukan, identifikasi masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan. Berikut penjelasannya:

  1. Latar belakang, merupakan uraian singkat, jelas, dan logis yang menjelaskan alasan teoritik secara faktual tentang permasalahan yang perlu dijawab melalui kegiatan penelitian.
  2. Identifikasi masalah, sebelum masalah dirumuskan perlu adanya identifikasi terlebih dahulu untuk memungkinkan perumusan masalah yang operasional menjadi lebih mudah.
  3. Perumusan masalah, disusun dalam bentuk kalimat tanya yang mengandung kata-kata yang menyatakan persoalan atau pertanyaan.
  4. Tujuan penulisan, mengungkapkan apa yang akan dicapai dalam penelitian tersebut.

Bab II Kerangka Teori

Di dalam penulisan kerangka teori memuat landasan teori dan hipotesis penelitian. Berikut penjelasannya:

  1. Landasan teori, merupakan konsep dan proposisi yang menyajikan suatu pandangan yang sistematis tentang fenomena dalam penelitian yang merinci hubungan antar variabel guna untuk menjelaskan suatu fenomena.
  2. Hipotesis penelitian, merupakan kesimpulan sementara dari kerangka pemikiran sang peneliti.

Bab III Metode Penelitian

Metodologi penelitian mencakup beberapa hal yang mendukung penelitian, antara lain:

  1. Jenis penelitian, yang berisikan tujuan dasar, tempat pelaksanaan penelitian, tujuan umum, siafat-sifat masalah, dan ruang lingkup pengujian.
  2. Kehadiran peneliti
  3. Lokasi penelitian
  4. Rencana tindakan
  5. Pengumpulan data
  6. Indikator kerja

Bab IV Pembahasan Penelitian

  1. Gambaran umum tentang objek penelitian
  2. Deskripsi dari hasil penelitian
  3. Pengujian hipotesis
  4. Hasil pengujian hipotesis

Bab V Penutup

  1. Simpulan, yaitu bagian yang berisikan jawaban dari masalah dalam sebuah penelitian.
  2. Saran, yaitu bagian yang berisi temuan jalan keluar dari suatu permasalahan.

D. Daftar Pustaka

Daftar pustaka memuat tentang daftar buku atau referensi yang dijadikan rujukan dalam penulisan makalah.

Demikianlah uraian singkat yang dapat penulis sampaikan mengenai sistematika karya tulis sederhana, serta contoh karya tulis ilmiah. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kalian tentang penulisan karya ilmiah, coba tuliskan sistematika karya tulis semi formal. Yuk mulai belajar menulis karya tulis ilmiah, karena sekarang ini mulai banyak kompetisi tentang penulisan karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk mengembangkan daya pengetahuan generasi-generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah. Yuk belajar menulis karya tulis ilmiah di bimbingan belajar seventh education. Bimbel terjangkau, berkualitas, dan terpercaya.

Lusiani Monalisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *