Artikel

Sistematika Karya Tulis Ilmiah

Penulisan karya tulis ilmiah yang tepat dan benar

Sistematika karya tulis ilmiah – Karya tulis ilmiah atau biasa disingkat dengan KTI, bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi pelajar SMP khususnya kelas 9. Pasalnya pelajar Sekolah Menengah Pertama, sudah dibekali ilmu untuk membuat karya tulis ilmiah sederhana. Bagi kalian yang sedang duduk di bangku SMP, pasti sudah merasakan study tour kemudian diberikan tugas untuk membuat makalah sistematika penulisan karya ilmiah sederhana. Karya tulis ilmiah tidak serta merta ditulis, namun harus memperhatikan urutan sesuai dengan sistematika penulisan yang telah ditetapkan. Nah bagi kalian yang sedang mencari materi tentang sistematika karya tulis ilmiah, tepat sekali kali ini penulis akan mengupas tuntas mengenai sistematika karya tulis ilmiah. Mau tau selengkapnya tentang contoh sistematika penulisan karya ilmiah? Yuk simak!

Pengertian karya tulis ilmiah

Apa itu karya tulis ilmiah? Karya tulis ilmiah adalah suatu karya tulis atau karangan yang di dalamnya terkandung sifat-sifat keilmiahan dan mengikuti aturan-aturan ilmu pengetahuan. Menurut Pateda (1993), mengatakan bahwa karya tulis ilmiah adalah sebuah hasil pemikiran ilmiah tentang disiplin ilmu tertentu yang disusun secara sistematis, benar, logis, utuh, bertanggung jawab, dan menggunakan bahasa yang benar. Dapat diambil kesimpulan bahwa karya tulis ilmiah adalah hasil dari pemikiran yang ilmiah dari berbagai bidang ilmu tertentu yang disertai fakta dan data yang tersusun secara sistematis, utuh, logis, dan bertanggungjawab. Di dalam penulisan karya tulis ilmiah terdapat kaidah, struktur, dan sistematika penulisan yang perlu diperhatikan. Berikut akan dijelaskan secara terperinci mengenai kaidah, struktur, dan sistematika penulisan karya tulis ilmiah.

Struktur karya tulis ilmiah

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang logis, valid, ilmiah, dan memenuhi kaidah penulisan, maka terdapat struktur yang menjadi poin penting dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Terdapat tiga bagian penting dalam struktur karya tulis ilmiah, yaitu bagian pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup.

  • Bagian pendahuluan

Bagian pendahuluan biasanya berisi tentang informasi yang terkait dengan karya ilmiah yang akan dilakukan. Poin-poin penting yang dipaparkan dalam pendahuluan antara lain latar belakang masalah yang menceritakan alasan mengapa penelitian itu dilakukan. Selain latar belakang masalah, juga terdapat tujuan dari permasalahan yang dilakukan terkait permasalahan yang diangkat dalam karya ilmiah. Dengan adanya tujuan tersebut maka dalam karya tulis ilmiah terdapat batasan yang harus dikerjakan supaya tidak keluar dari inti utama dalam penelitian yang dilakukan.

  • Bagian inti

Bagian inti dalam penelitian karya tulis ilmiah memaparkan penelitian yang dilakukan dengan mengambil studi kasus di bagian pendahuluan. Pada bagian inti ini akan diuraikan terkait dengan landasan teori yang mendukung penelitian. Pengambilan landasan teori didapat dari perkataan para ahli yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Begian inti penulisan karya tulis ilmiah akan memberikan pokok-pokok yang diambil dalam melakukan penelitian.

  • Bagian penutup

Pada bagian penutup memaparkan kesimp[ulan akhir dari penelitian yang dilakukan. Selain itu juga memaparkan penjelasan yang terkait dengan saran dan harapan kedepannya untuk karya tulis tersebut.

Sistematika karya tulis ilmiah

Secara garis besar, kerangka contoh sistematika karya ilmiah adalah sebagai berikut:

A. JUDUL
B. ABSTRAK
C. LEMBAR PERSETUJUAN
D. KATA PENGANTAR
D. DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

2. Perumusan Masalah

3. Tujuan Penulisan

BAB II KAJIAN TEORI DAN METODOLOGI PENULISAN

1. Kajian teori

2. Kerangka Berpikir

3. Metodologi Penulisan

BAB III PEMBAHASAN

1. Deskripsi Kasus

2. Analisis Kasus

BAB IV KESIMPULAN

1. Kesimpulan

2. Saran

E. DAFTAR PUSTAKA

Kaidah karya tulis ilmiah

Kaidah umum dalam karya tulis ilmiah terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kebahasaan karya ilmiah haruslah disesuaikan dengan penggunaan EYD yang tepat. Dalam menganalisis kebahasaan karya ilmiah perlu adanya pedoman penggunaan Ejaan Bahasa Indonessia yang telah disempurnakan. Adapun beberapa kaidah umum dalam penulisan karya tulis ilmiah antara lain:

  • Memperhatikan penggunaan ejaan yang disempurnakan (EYD)
  • Menggunakan tata istilah yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 146/U/2004 tentang pedoman pembentukan istilah
  • Penataan kalimat yang merujuk pada buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
  • Pemilihan kata baku yang merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV.

Demikian penjelasan mengenai sistematika karya tulis ilmiah beserta contoh sistematika karya ilmiah formal Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian sebelum membuat karya tulis ilmiah. Yuk terus tingkatkan prestasi dengan belajar di bimbel seventh education. Bimbel berkualitas dan terpercaya pilihan para pelajar berprestasi.

Lusiani Monalisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *