Menu Tutup

Struktur Dan Fungsi Bunga Buah dan Biji Serta Penjelasannya

Mengenal bagian-bagian dari bunga buah dan biji

Berdasarkan kelengkapannya, struktur dan fungsi bunga lengkap terdiri atas tangkai, dasar bunga, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Bunga merupakan bagian yang paling menarik dari tumbuhan. Bukan hanya manusia saja yang terpikat oleh keindahannya, namun hewan seperti serangga juga terpikat oleh keindahan bunga dengan bentuk mahkota yang bagus, warna yang cerah, dan aroma yang wangi. Serangga seperti kupu-kupu, lebah ataupun kumbang sangat membantu dalam proses penyerbukan. Mengapa bisa begitu? Karena serangga yang hingga di bunga untuk mencari nektar membawa serbuk sari ke putik sehingga terjadi proses penyerbukan. Bunga dan serangga merupakan suatu hubungan yang biasa disebut dengan simbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan. Dimana serangga mendapatkan nektar dari bunga dan bunga terbantu dalam proses penyerbukan. Yuk simak ulasan di bawah ini, penulis akan sebutkan bagian-bagian bunga beserta fungsinya.

Struktur bunga beserta fungsinya

Struktur bunga antara bunga satu dengan bunga lainnya sangat beragam, tergantung pada jenis tumbuhannya. Berikut beberapa bagian atau struktur bunga beserta fungsinya:

  • Tangkai induk bunga, merupakan bagian bunga yang berfungsi sebagai akses perbungaan dalam lanjutan dari batang atau cabang.
  • Tangkai bunga, merupakan bagian dari bunga yang berada tepat dibagian bawah bunga, yang berfungsi sebagai penghubung antara bunga dengan ranting bunga untuk menompang bunga.
  • Dasar bunga, merupakan bagian dari ujung bunga yang melekat dan bertumpu pada mahkota dan berfungsi sebagai tempat bertumpunya mahkota dari bunga.
  • Daun pelindung, merupakan bagian daun yang berada di ketiak bunga dan merupakan daun terakhir.
  • Daun tangkai, merupakan bagian daun yang berada pada pangkal tangkai bunga yang berfungsi sebagai pelindung.
  • Kelopak bunga, merupakan bagian bunga yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menyelimuti mahkota bunga ketika bunga masih kuncup.
  • Mahkota bunga, merupakan bagian yang paling indah dari bunga yang memiliki bentuk, warna, dan aroma yang begitu khas. Fungsi style pada bunga terletak pada mahkota bunga yang berfungsi sebagai pemikat hewan atau serangga.
  • Benang sari, merupakan bagian dari bunga yang berperan sebagai alat perkembangbiakan jantan pada bunga. Benang sari terbagi menjadi kepala sari, serbuk sari, dan kepala sari. Fungsi kepala sari adalah sebagai tempat diproduksinya serbuk sari sebagai alat reproduksi jantan pada bunga.
  • Putik, merupakan bagian dari bunga yang berperan sebagai alat perkembangbiakan betina pada bunga. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik, dimana fungsi kepala putik adalah sebagai tempat jatuhnya serbuk sari pada saat proses penyerbukan.

Struktur dan fungsi buah dan biji

Buah

Secara umum, buah berkembang dari bagian alat kelamin betina (putik) yang biasa disebut dengan bakal biji. Struktur buah yang lengkap terdiri dari biji, daging buah, dan kulit buah. Buah inilah yang membungkus dan melindungi biji, berdasarkan jenisnya buah dibedakan menjadi dua macam yaitu:

  • Buah sejati adalah jenis buah yang terbentuk dari bakal buah. Contohnya avocado, pepaya, dan semangka.
  • Buah semu adalah jenis buah yang terbentuk dari bakal buah dan bagian-bagian lain dari bunga. Contohnya Anacardium Ocidentale, Fragaria Vesca, dan Pyrus Malus.

Biji

Selain buah, biji juga termasuk bagian dari tumbuhan yang terbentuk dari hasil pembuahan atau fertilisasi yang letaknya berada di dalam bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji, dan di dalam bakal biji terdapat suatu embrio yang merupakan calon individu baru. Embrio yang berada dalam bakal biji terdiri dari akar lembaga, daun lembaga, dan batang lembaga. Bakal biji merupakan bagian dimana terjadinya pembuahan yang berkembang menjadi biji, fungsi bakal biji disini adalah sebagai tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi oleh serbuk sari (berisi sel sperma) melalui proses penyerbukan.

Demikian ulasan singkat penulis mengenai struktur dan fungsi bunga buah dan biji. Mau belajar lebih tentang ilmu pengetahuan alam? Gampang, yuk belajar di bimbingan belajar Nusa Caraka. Belajar asik bersama tentor berpengalaman dan didukung dengan fasilitas yang memadai akan membuat proses belajar semakin efektif.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *