Menu Tutup

Definisi Fungsi Jenis Dan Syarat Terjadinya Pasar

Apa itu pasar? Manfaatnya apa sih?

Siapa sih yang tidak mengenal pasar? Tahukah kamu syarat terjadinya pasar? Sering berkunjung ke pasar nemenin belanja sang Ibunda tercinta, namun tidak tahu asal usul terbentuknya pasar. Apalagi di sekolah juga belajar materi tentang pasar. Untuk memperdalam pengetahuan kalian mengenai pasar, yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian dari pasar

Pasar identik sekali dengan penjual dan pembeli, dimana selalu terjadi kegiatan transaksi disana. Apa itu pasar? Pasar merupakan tempat dimana calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa bertemu secara langsung untuk melakukan kegiatan transaksi. Transaksi yaitu kesepakatan yang terjadi dalam kegiatan jual beli. Syarat terjadinya sebuah transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, adanya penjual dan pembeli, dan adanya kesepakatan harga barang tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Pengertian pasar dibedakan menjadi dua macam yaitu, pengertian pasar secara sempit dan secara luas. pengertian pasar secara sempit adalah tempat dimama barang dan jasa diperjualbelikan, sedangkan pengertian pasar dalam arti luas adalah proses dimana pembeli dan penjual berinteraksi untuk menentukan dan juga menetapkan harga jual. Bagaimana pasar bisa terjadi? Simak syarat syarat terbentuknya suatu pasar berikut ini!

Syarat-syarat terjadinya pasar

Berdasarkan pengertian dari pasar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sebuah pasar bisa terjadi jika terdapat beberapa syarat, antara lain:

  • Terdapat penjual dan pembeli
  • Terdapat barang dan jasa yang diperjual belikan
  • Terdapat interaksi antara penjual dan pembeli atau melakukan transaksi jual beli
  • Terdapat media ataupun tempat untuk melakukan interaksi antara penjual dan pembeli

Nah.. uraian diatas berikut adalah syarat pasar kecuali tidak adanya subjek yang melakukan kegiatan, yaitu tidak adanya penjual dan pembeli

Jenis-jenis pasar

  • Berdasarkan sifat dan waktu terjadinya pasar
  1. Pasar harian
  2. Pasar mingguan
  3. Pasar tahunan
  4. Pasar temporer
  • Berdasarkan bentuk kegiatannya
  1. Pasar nyata
  2. Pasar tidak nyata
  • Berdasarkan cara transaksinya
  1. Pasar tradisional
  2. Pasar modern
  • Berdasarkan jenis barangnya
  1. Pasar ikan
  2. Pasar sayur
  3. Pasar buah
  4. Pasar hewan
  5. Pasar loak
  • Berdasarkan bentuk dan strukturnya
  1. Pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli dan sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar. Syarat-syarat terjadinya pasar persaingan sempurna adalah adanya penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan sejenis, harga ditentukan oleh pasar, faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar, dan tidak adanya campur tangan dari pemerintah. Contohnya adalah pasar hasil-hasil pertanian.
  2. Pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar yang hanya ada sedikit penjual dan banyak pembeli. dalam pasar ini penjual dapat menentukan harga barang yang dijualnya. Barang yang dijual terdiri dari berbagai jenis barang. Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa bentuk pasar, diantaranya:
  • Pasar monopoli merupakan pasar yang seluruh penawaran terhadap barang dikuasai oleh penjual. Dalam pasar monopoli hanya ada satu penjual yang menentukan harga, penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya, pedagang lain tidak bisa masuk karena adanya hambatan undang-undang, jenis barang yang diperdagangkan hanya semacam, dan tidak ada campur tangan dari pemerintah.
  • Pasar persaingan monopolistik merupakan pasar yang terdapat banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda-beda corak. Pasar jenis ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran.
  • Pasar oligopoli merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga penjual satu dengan penjual lainnya bisa memengaruhi harga.

Fungsi pasar

Seperti yang kita ketahui bahwa pasar sangat berperan penting dalam roda perekonomian suatu negara, berikut beberapa fungsi utama pasar, antara lain:

  • Sebagai tempat dalam menentukan suatu harga atau nilai suatu barang
  • Sebagai tempat yang memudahkan produsen dalam mendistribudikan barang kepada konsumen
  • Sebagai tempat bagi produsen untuk memperkenalkan barang kepada konsumen
  • Sebagai tempat yang berfungsi untuk penyerapan tenaga kerja
  • Sebagai tempat yang menyediakan barang dan jasa

Sekian penjelasan dari penulis mengenai definisi, fungsi, jenis, dan syarat terjadinya pasar. Setelah memahami materi di atas, rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba menguji kemampuan dengan mengerjakan latihan soal berikut.

 

Latihan soal

  1. Sebutkan syarat-syarat terjadinya transaksi di pasar !
  2. Sebutkan syarat terjadinya pasar monopoli !
  3. Sebutkan tiga fungsi pasar !
  4. Sebutkan macam macam dan syarat terjadinya pasar persaingan sempurna !
  5. Sebutkan 4 syarat syarat terjadinya pasar dalam kehidupan sehari-hari !

Belajar ilmu pengetahuan sosial lebih seru dan pastinya lebih efektif jika belajarnya di bimbel murah dan berkualitas seperti Nusa Caraka. belajar bersama mentor berpengalaman, tempat belajar yang nyaman membuat kalian betah saat belajar.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *