Menu Tutup

Cara Menentukan, Faktor dan Manfaat Skala Prioritas Kebutuhan

Skala Prioritas Kebutuhan

Skala prioritas kebutuhan adalah ukuran kebutuhan yang tersusun dalam sebuah daftar berdasarkan tingkat kebutuhan orang tersebut. Skala prioritas ini bisa dimulai dari kebutuhan yang paling penting hingga ke kebutuhan yang bisa tidak begitu penting atau bisa ditunda. Penerapan skala prioritas sering dilakukan pada kegiatan sehari-hari. Dengan adanya skala prioritas kita bisa mengetahui kebutuhan mana yang harus didahulukan mana yang bisa dipenuhi nanti. Sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan secara tepat. Berikut cara menentukan skala prioritas kebutuhan manusia dan gambar skema skala prioritas kebutuhan manusia.

Cara Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan

Menentukan Tingkat Urgensinya

Buat skala prioritas berdasarkan tingkat urgensinya apakah mendesak atau penting atau tidak. Pada catatan pertama pilih kebutuhan berdasarkan tingkat urgensinya yang menurut kita penting dan harus didahulukan. Contoh skala prioritas kebutuhan primer yaitu mendahulukan pemenuhan makan.

Kesempatan Yang Dimiliki

Ini terjadi jika kita dihadapkan pada situasi kesempatan hanya datang sekali seumur hidup. Apabila ada kebutuhan yang hanya dibutuhkan saat itu maka sebaiknya kebutuhan tersebut didahulukan.

Pertimbangan Masa Depan

Skala prioritas berikutnya yaitu pertimbangan masa depan yang bisa dilakukan saat ini. Pertimbangan ini merupakan kebutuhan jangka panjang. Segala sesuatu yang bermanfaat untuk masa depan harus didahulukan. Contoh skala prioritas kebutuhan anak smp kelas 3 tertinggi yaitu belajar. Dengan memprioritaskan belajar maka anak akan mendapat nilai yang memuaskan dan menentukan sekolah yang dituju. Belajar bisa di rumah juga bisa di lembaga bimbingan belajar seperti di Nusa Caraka. Itu tadi contoh skala prioritas siswa smp, ini bisa diterapkan untuk anak-anak SD maupun sma serta untuk semua orang.

Kemampuan Diri

Kemampuan diri menjadi tolak ukur kita melihat seberapa mampu kita untuk melakukan pemenuhan kebutuhan. Dalam pemenuhan kebutuhan haruslah sesuai dengan kemampuan diri baik segi ekonomi, keahlian, ataupun usaha yang dilakukan.

Pertimbangan dalam Belanja

Ketika berbelanja suatu barang maka diperhitungkan dulu apakah barang yang kita beli benar-benar kita butuhkan atau hanya keinginan sesaat. Sehingga kita tidak akan menyesal ketika sudah membeli barang tersebut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Skala Prioritas

Setiap manusia tentu kebutuhannya berbeda-beda. Dalam pemenuhan kebutuhan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi skala prioritas kebutuhan.

Pendapatan

Pendapatan menjadi faktor yang mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap skala prioritas kebutuhan. Semakin tinggi pendapatan seseorang maka skala prioritas kebutuhannya semakin banyak. Seseorang dengan penghasilan tinggi terdorong untuk melakukan pemenuhan kebutuhan atau pembelian barang dalam jumlah banyak. Sehingga kebutuhannya semakin banyak.

Status dalam Masyarakat

Status dalam masyarakat juga menjadi faktor penentuan skala prioritas kebutuhan seseorang. Contohnya, penentuan skala prioritas antara direktur perusahaan dengan pedagang asongan tentu berbeda. Status direktur yang lebih tinggi mendorong direktur tersebut untuk melakukan pemenuhan kebutuhan lebih banyak dibanding dengan pedagang asongan.

Status dalam Keluarga

Status dalam keluarga menjadi faktor penentuan skala prioritas seseorang. Contohnya, prioritas Ayah sebagai kepala rumah tangga tentu berbeda dengan ibu atau anak-anaknya. Sebagai kepala rumah tangga, prioritas kebutuhannya pasti untuk keluarga. Sedangkan anak-anak prioritas utamanya yaitu sekolah atau belajar.

Lingkungan Masyarakat

Prioritas kebutuhan lingkungan masyarakat dengan ekonominya menengah ke atas tentu akan berbeda dengan lingkungan masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah. Contohnya, orang yang tinggal di perumahan bisa merayakan ulang tahun secara besar-besaran. Sedangkan orang yang tinggal di kampung biasa akan berpikir ulang untuk merayakan ulang tahun. Sebagian orang akan berpikir uang untuk perayaan ulang tahun lebih baik digunakan untuk kepentingan lain.

Manfaat Skala Prioritas

Dengan membuat skala prioritas ada manfaat yang didapatkan. Berikut manfaat pembuatan skala prioritas.

Membantu dalam Mengelola Keuangan

Dengan skala prioritas kita lebih bisa mengelola keuangan sendiri. Membagi pendapatan untuk kebutuhan yang bersifat urgent dulu baru kebutuhan yang lainnya. Sehingga ketika situasi urgent kita bisa mengatasinya. Kita mengetahui uang sekian digunakan untuk apa, sekian digunakan untuk lainnya.

Membiasakan Diri untuk Hidup Hemat dan Teratur

Dengan skala prioritas yang dimulai dari kebutuhan yang mendesak atau urgent ke kebutuhan yang tidak terlalu urgent, kita bisa belajar hemat. Jika dirasa kebutuhan yang tidak terlalu urgent tidak terpenuhi maka bukan masalah dan kita akan lebih hemat dalam pengeluaran.

Membantu Merencanakan Masa Depan yang Baik

Dengan skala prioritas kebutuhan kita mengetahui mana yang harus didahulukan dan untuk kepentingan masa depan. Seperti menabung untuk menyekolahkan anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi.

Tadi sudah dijelaskan cara menentukan skala prioritas kebutuhan. Coba rancanglah skala prioritas kebutuhan anda sesuai dengan uang saku anda!

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *