Menu Tutup

Jenis Jenis Dan Tata Cara Pendirian Koperasi

Tahapan yang harus dilakukan untuk mendirikan koperasi

Pendirian koperasi di wilayah pedesaan sudah bukan menjadi hal yang langka lagi. Koperasi merupakan suatu badan usaha atau organisasi ekonomi yang dioperasikan dan dimiliki oleh anggotanya untuk memenuhi kepentingan bersama di bidang ekonomi. Berasal dari mana modal yang digunakan? Dana didapat dari para anggotanya dengan cara mengumpulkan dana sebagai modal dalam menjalankan usaha sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan bersama. Berbicara tentang koperasi, tahukah kamu siapa pahlawan nasional yang selama ini disebut-sebut sebagai Bapak Koperasi? Mohammad Hatta mendapat sebutan sebagai Bapak Koperasi, dimana gelar itu diberikan pada tanggal 17 Juli 1953 karena usaha dan aktivitasnya di bidang koperasi yang begitu besar.

Jenis-jenis koperasi

Menurut UU RI no 17 tahun 2012, berdasarkan fungsinya koperasi dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Koperasi Produksi merupakan jenis koperasi yang para anggotanya terdiri dari produsen, baik produk barang maupun jasa. Koperasi produksi menyediakan bahan baku dan menjual barang-barang dari anggotanya dengan harga yang sepantasnya.
  • Koperasi konsumsi merupakan jenis koperasi yang dibentuk dan diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa. Pada umumnya koperasi jenis ini menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti di toko kelontong. Pembeli di koperasi konsumsi ini biasanya para anggotanya sendiri sehingga harga barang yang dijual lebih mudah dibandingkan dengan toko pada umumnya. Contoh: Koperasi Karyawan (KOPKAR), koperasi siswa atau mahasiswa, dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI).
  • Koperasi jasa merupakan jenis koperasi yang kegiatannya fokus pada layanan atau jasa kepada para anggota koperasi dan juga masyarakat. Contoh: layanan jasa angkutan dan jasa asuransi.
  • Koperasi simpan pinjam merupakan jenis koperasi yang dibentuk untuk mengakomodasi kegiatan simpan pinjam bagi anggotanya. Anggota dari koperasi bisa meminjam dana dalam jangka pendek kepada koperasi dengan syarat yang mudah dan bunganya juga rendah.
  • Koperasi serba usaha (KSU) merupakan jenis koperasi yang menyediakan beberapa layanan sekaligus kepada para anggotanya. Contohnya, koperasi menyediakan layanan jasa simpan pinjam dan juga dapat menjual berbagai kebutuhan untuk para konsumen.

Tata cara pendirian koperasi

Mendirikan koperasi bukan asal mendirikan kemudian mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya, harus ada beberapa cara atau tahapan yang harus dilakukan, berikut penjelasannya:

  • Tatacara pendirian koperasi menurut UU no. 17 tahun 2012, berikut tahapannya:
  1. Mengecek nama koperasi
  2. Memiliki Surat Keterangan Penyuluhan Koperasi
  3. Memiliki Akta Notaris Pendirian Koperas
  4. Meminta rekomendasi dari Dinas Koperasi
  5. Memiliki NPWP Badan/Koperasi
  6. Memiliki surat domisili koperasi dari kelurahan
  7. Meninta Surat ijin Usaha perdagangan (SIUP)
  8. Meminta Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Biaya pendirian koperasi terbagi menjadi dua jenis, untuk biaya pendirian koperasi primer menggunakan biaya sebesar Rp 6.000.000,00. Sedangkan untuk biaya pendirian koperasi sekunder menggunakan biaya sebesar Rp 12.000.000,00.

  • Langkah-langkah mendirikan koperasi

Adapun beberapa cara yang harus dilakukan dalam hal pendirian koperasi yang memenuhi syarat akta pendirian koperasi, diantaranya:

  1. Melakukan penyuluhan tentang perkoperasian
  2. Melakukan rapat pembentukan koperasi
  3. Pembuatan akta oleh notaris
  4. Mengajukan permohonan tentang pengesahan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang
  5. Pejabat yang berwenang wajib untuk melakukan penelitian terhadap materi anggaran dasar yang diajukan dan syarat administrasi lainnya
  6. Pejabat yang berwenang mengecek keberadaan koperasi yang akan didirikan.
  7. Pengesahan selambat-lambatnya tiga bulan sejak berkas berkas yang diterima lengkap.
  8. Penerbitan SK dari pihak yang berwenang.

Mengingat kembali fakta historis, koperasi Rochdale merupakan koperasi kecil yang mempunyai dampak begitu besar dan berpengaruh ke seluruh dunia. mengapa bisa begitu? Koperasi ini mengandung pembaharuan yang sebelumnya merupakan suatu badan usaha yang selalu mengumpulkan modal, dan koperasi tersebut berorientasi pada keuntungan. Lalu, apa saja langkah-langkah pendirian koperasi rochdale? Koperasi rochdale memiliki prinsip-prinsip yang mana prinsipnya kemudian dipakai di seluruh penjuru dunia.

Itulah segelintir penjelasan dari penulis tentang materi koperasi. Semoga bermanfaat sebagai referensi belajar, atau yang sedang membuat makalah pendirian koperasi, bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan makalah. Belajar tentang koperasi lebih asik lagi jika belajarnya ditempat yang kece seperti bimbel SE. Apa itu SE? SE adalah nama kerennya bimbingan belajar Nusa Caraka, yaitu bimbel yang murah dan juga berkualitas.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *