Menu Tutup

Macam Macam Pasar Beserta Penjelasan Lengkap

Ada berapa macam pasar yang kamu ketahui?

Macam macam pasar – Pasar suatu tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Tempat berlangsungnya kegiatan transaksi barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Dalam arti sempit pasar diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi jual beli barang ataupun jasa. Sedangkan, dalam arti luas pasar diartikan sebagai tempat berlangsungnya proses interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai harga pasar. Adapun beberapa macam atau jenis pasar yang dapat dibagi berdasarkan beberapa faktor mulai dari waktu, wilayah, jenis, barang yang dijual dan struktur pasar. Berikut  macam macam pasar beserta gambarnya.

Pasar berdasarkan wujudnya

Macam macam pasar menurut wujudnya terbagi menjadi dua macam yaitu pasar nyata dan pasar abstrak.

  • Pasar nyata merupakan jenis pasar dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi dan barang-barang yang akan diperjualbelikan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh: pasar swalayan, pasar tradisional.
  • Pasar abstrak merupakan jenis pasar dimana kegiatan jual beli barang ataupun jasa yang diperjualkan dilakukan berdasarkan contoh-contoh yang kualitasnya sudah ditentukan. Dalam pasar abstrak ini pedagang tidak menawarkan barang-barang yang akan dijual secara langsung namun hanya dengan menggunakan surat dagangan saja. Contoh: pasar online, pasar modal, pasar saham.

Pasar berdasarkan cara transaksinya

Berdasarkan transaksinya pasar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pasar tradisional dan pasar modern.

  • Pasar tradisional merupakan jenis pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung.
  • Pasar modern merupakan jenis pasar yang dibangun oleh pihak pemerintah, swasta, dan koperasi yang dikelola secara modern. Pasar modern biasanya menjual barang kebutuhan sehari-hari yang bersifat tahan lama.

Pasar berdasarkan jenis barang yang dijual

Berdasarkan pada jenis barang yang dijual, pasar dibagi menjadi dua macam yaitu pasar barang konsumsi dan pasar sumber daya produksi.

  • Pasar barang konsumsi merupakan jenis pasar yang menjual barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contoh: pasar beras, pasar sayur, pasar buah.
  • Pasar sumber daya produksi merupakan jenis pasar yang memperjualbelikan faktor produksi yang berguna untuk kelancaran proses produksi. Contoh: pasar sumber daya produksi yang menjual barang seperti kopi, minyak bumi, tembaga, mesin cetak, mesin tekstil, dll.

Pasar berdasarkan waktunya

Berdasarkan pada waktunya, jenis-jenis pasar dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • Pasar harian merupakan pasar yang menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dapat dilakukan setiap hari.
  • Pasar mingguan merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi hanya berlangsung sekali saja dalam seminggu.
  • Pasar bulanan merupakan pasar yang diselenggarakan satu kali dalam satu bulan dan biasanya menjual barang-barang tertentu saja.
  • Pasar tahunan merupakan pasar yang diselenggarakan dalam waktu satu kali dalam satu tahun.
  • Pasar temporer merupakan pasar sesaat yang terjadi ketika ada sebuah perayaan atau keramaian saja.

Pasar berdasarkan wilayahnya

Berdasarkan wilayahnya, bentuk-bentuk dari pasar dibagi menjadi 4 yaitu:

  • Pasar lokal merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli yang hanya meliputi tempat tertentu saja.
  • Pasar daerah merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli yang meliputi wilayah tertentu, mulai dari kota, kabupaten, provinsi.
  • Pasar nasional merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli yang meliputi berbagai wilayah negara.
  • Pasar internasional merupakan pertemuan antara penjual dan pembeli dari berbagai negara yang ada di seluruh dunia.

Pasar berdasarkan strukturnya

Berdasarkan strukturnya, jenis-jenis pasar dibagi menjadi dua yaitu:

  • Pasar persaingan sempurna merupakan tempat dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan diantara kedua belah pihak sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar. Contoh: pasar beras dan pasar sayur.
  • Pasar persaingan tidak sempurna merupakan tempat dimana terdapat sedikit penjual dan banyak pembeli. jenis-jenis dari pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari:
  1. Pasar monopoli yaitu suatu pasar yang terjadi ketika seluruh penawaran terhadap suatu barang dikuasai oleh penjual.
  2. Pasar monopolistik yaitu pasar yang terdapat banyak penjual yang menghasilkan barang-barang yang berbeda corak.
  3. Pasar oligopoli yaitu pasar yang terdiri dari beberapa panjual untuk suatu barang tertentu, sehingga penjual satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.

Ternyata banyak sekali ya macam-macam pasar. Merasa kesulitan dalam memahaminya? Untuk lebih memudahkan kalian dalam belajar, buatlah peta konsep macam macam pasar untuk mempercepat kalian dalam menganalisis macam macam pasar. Bagan macam macam pasar bisa kalian buat sesuai selera, buat semenarik mungkin supaya kamu lebih semangat dalam belajar. Setelah membuat bagan-bagan coba sebutkan dan beri contoh macam macam pasar. Atau kurang asik kalau belajar sendirian? Belajar aja di bimbel Nusa Caraka. Bersama teman-teman baru dan mentor-mentor yang kece akan membuat belajar lebih semangat lagi.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *