Penjelasan Terlengkap Pencemaran Air Beserta Cara Penanggulangannya

Pencemaran Air

Pencemaran air yaitu perubahan kandungan di dalam air yang menyebabkan kualitas air menurun. Padahal air sangat memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Fungsi air yaitu sebagai bahan baku air minum, irigasi, untuk mencuci dan lain-lain. Jika air sudah tercemar akan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Penyebab pencemaran air ini bisa dari alam dan ulah manusia. Dari alam seperti meletusnya gunung yang menyemburkan abu vulkanik. Sehingga abu vulkanik masuk ke air. Sedangkan dari ulah manusia, banyak penyebabnya. Berikut akan dijelaskan penyebab pencemaran air.

Penyebab Pencemaran Air

Pembuangan Sampah Anorganik

Pembuangan sampah anorganik ke sungai atau laut, atau danau menyebabkan pencemaran air. Sampah anorganik merupakan sampah yang penguraiannya membutuhkan waktu yang lama. Contohnya, plastik, botol, kaleng-kaleng. Sering kali kita lihat atau justru kita sendiri melakukan hal tersebut, membuang sampah ke sungai, selokan, pantai. Atau membuang air cucian yang mengandung deterjen. Bahan yang terkandung dalam sampah anorganik adalah bahan kimia yang akan menyebabkan pencemaran air. Sehingga air akan terkontaminasi dengan bahan kimia yang ada di sampah tersebut.

Pembuangan Limbah Industri

Pembuangan limbah industri mengandung bahan-bahan kimia. Jika bahan-bahan kimia ini masuk ke dalam air maka air akan terkontaminasi dengan bahan kimia tersebut. Limbah industry menimbulkan efek termal. Efek termal ini mampu menghilangkan oksigen dalam air sehingga akan merusak ekosistem air. Jika air sudah terkontaminasi dengan bahan kimia maka air sudah tidak aman lagi. Bahkan air akan bersifat racun yang akan membahayakan kesehatan makhluk hidup.

Penggunaan Bahan Peledak

Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan bisa menyebabkan pencemaran air. Bahan peledak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Jika bahan kimia tersebut masuk ke dalam air maka air akan terkontaminasi. Dan menyebabkan air menjadi tidak sehat dan beracun.

Jika kegiatan ini terus dilakukan maka semakin banyak air yang akan terkontaminasi. Dan ketika air terkontaminasi maka sumber air minum akan semakin sedikit. Sehingga akan mengganggu keberlangsungan hidup makhluk hidup. Untuk itu kita harus menanggulangi pencemaran air yang semakin tak terkendali ini.

Penggunaan Pupuk Kimia atau Pestisida

Pupuk kimia atau pestisida mengandung bahan-bahan kimia. Ketika pupuk kimia diberikan maka akan mengendap ke dalam tanah. Apabila terkena hujan maka akan terbawa ke aliran air seperti sungai sehingga menyebabkan pencemaran air.

Dampak Pencemaran Air

Pencemaran air akan berdampak pada keberlangsungan kehidupan makhluk hidup. Berikut beberapa dampak pencemaran air :

  • Terjadi kelangkaan air disebabkan air yang sudah tercemar oleh limbah ataupun bahan kimia lain
  • Menyebabkan sumber penyakit, seperti jamur kulit, gatal-gatal pada kulit
  • Menyebabkan rusaknya ekosistem air seperti matinya terumbu karang
  • Merugikan bagi nelayan yang mengandalkan dari hasil laut
  • Banyak ikan terkena racun dan banyak ikan yang mati

Cara Penanggulangan Pencemaran Air

Untuk mengurangi pencemaran lingkungan berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh banyak pihak :

Jangan Membuang Sampah ke Sungai, Selokan, Pantai, Laut

Cara mudah yang bisa kita lakukan yaitu jangan membuang sampah ke sungai/selokan/laut/pantai. Meski terlihat mudah namun ternyata sulit dilakukan. Kita harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya meskipun sulit.

Menggunakan Pupuk Alami

Mengurangi penggunaan pupuk kimia dan menggantinya ke pupuk alami seperti pupuk kompos, pupuk kandang. Dengan mengurangi pupuk kimia maka bahan kimia yang masuk ke tanah atau air akan berkurang. Sehingga bisa mengurangi dampak pencemaran air.

Mengolah Limbah Industri

Sebelum dibuang, limbah industri harus terlebih dahulu secara fisika, kimia dan biologi agar kandungan bahan kimia dilimbah bisa berkurang atau tidak ada kandungan bahan kimianya. Jika limbah berupa air maka bisa diolah dulu sehingga ketika dibuang ke sungai atau selokan air dalam kondisi bersih. Jika limbah berupa benda seperti botol plastic bekas atau kaleng bekas jangan langsung dibuang. Bisa dijual ke pengrajin yang khusus membuat kerajinan dari bahan limbah atau bahan bekas.

Tidak Menggunakan Bom Peledak untuk Menangkap Ikan

Ketika akan menangkap ikan gunakan alat-alat alami yang ada disekitar kita. Misalnya dengan menggunakan jaring. Dengan menggunakan jaring, hasil tangkapan ikan bisa banyak. Jika menggunakan bom peledak maka akan banyak ikan yang mati dan ekosistem air akan rusak. Seperti rusaknya terumbu karang, matinya plankton. Jika ekosistem air rusak maka akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem air.

Artikel pencemaran lingkungan lain bisa kalian cari di www.seventh-education.com. Di sana tidak hanya artikel tentang pencemaran lingkungan saja tetapi juga ada materi pelajaran.

Semoga Bermanfaat !

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *