Menu Tutup

Materi IPS SMP Kelas VII – Persebaran flora dan fauna di Indonesia

Persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia

 

Persebaran flora dan fauna di Indonesia – Percaya nggak sih, Indonesia kaya akan beragam makhluk hidup? Kekayaan makhluk hidup yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini berupa flora dan fauna yang sangat beragam. Wilyah Indonesia terkenal dengan negara yang luas dan kaya akan berbagai keanekaragaman baik itu yang hidup di darat, di laut, maupun di udara. Dari keanekaragaman inilah yang mendorong para peneliti dan pecinta alam dunia untuk berkunjung ke Indonesia guna untuk meneliti flora dan fauna. Flora dan fauna yang berada di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga daerah, antaralain daerah Asia (asiatis), daerah peralihan, dan juga daerah yang mendapat pengaruh dari benua Australia (Australis). Pernah mendengar garis Wallace? Garis wallace merupakan garis yang membatasi Asiatis dengan peralihan, sedangkan garis weber membatasi peralihan dengan australis. Yuk, simak lebih lanjut tentang persebaran flora dan fauna di indonesia beserta gambarnya.

Persebaran flora di Indonesia

Pernah menemui soal “Jelaskan persebaran flora dan fauna di indonesia beserta contohnya!” Namun kamu kesulitan untuk menjawab? Stay slow ya, disini penulis akan membahas tentang sejarah persebaran flora dan fauna di indonesia. Namun akan saya mulai dari persebaran flora di Indonesia.

Flora merupakan semua tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu daerah pada zaman tertentu. Keanekaragaman flora di Indonesia tergolong tinggi jumlahnya di dunia, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan flora yang ada di negara Amerika dan Afrika. Flora yang tumbuh di berbagai tempat di dunia tentu berbeda-beda, hal tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah iklim, jenis tanah dari daerah tersebut, tinggi rendahnya permukaan bumi, dan biotik atau pengaruh makhluk hidup. Dari faktor-faktor tersebutlah Indonesia mempunyai berbagai macam flora. Untuk menjawab pertanyaan kalian tentang “Jelaskan persebaran flora dan fauna di indonesia!”, berikut penjelasannya:

  1. Flora Indonesia bagian barat (asiatis)

Persebaran flora di Indonesia bagian barat bisa disebut dengan tipe Asiatis. Mengapa demikian? Karena pada umumnya banyak flora di bagian barat yang hampir sama dengan flora di benua Asia. Wilayah Indonesia bagian barat meliputi pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Ada beragam flora yang berada di bagian barat Indonesia yang bersifat heterogen, yang dipengaruhi oleh iklim hujan tropis dengan curah hujan yang tinggi. Beberapa tumbuhan yang tumbuh di wilayah Indonesia bagian barat antara lain adalah jenis tanaman lumut, paku, jamur, meranti, mahoni, damar, dan lain-lain. Di wilayah ini juga terdapat banyak jenis hutan seperti hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana tropis dan hutan bakau atau mangrove yang berada di daerah pesisir pantai.

  1. Flora Indonesia bagian tengah (peralihan)

Persebaran flora yang ada di Indonesia bagian tengah disebut dengan tipe peralihan. Atau juga bisa disebut dengan flora kepulauan Wallace. Mengapa bisa begitu? Karena terletak pada garis Wallace yang memisahkan flora-fauna tipe Asiatis dan Australis. Wilayah Indonesia bagian tengah antara lain Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Tanaman yang biasa ditemui di wilayah ini adalah pala, cengkeh, kayu cendana, kayu eboni, anggrek dan lain-lain.

  1. Flora bagian timur (australis)

Persebaran flora yang berada di Indonesia bagian timur disebut dengan tipe Australis. Hal ini disebabkan oleh persebaran flora di Indonesia bagian timur hampir sama dengan flora di benua Australia pada umumnya. Wilayah Indonesia bagian timur antara lain Papua, Maluku, dan sekitarnya. Di wilayah ini banyak ditemui pohon sagu, pohon nipah, dan hutan bakau.

Persebaran fauna di Indonesia

Persebaran fauna yang ada di Indonesia terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe Asiatis (wilayah barat), tipe peralihan (wilayah tengah) dan tipe Australis (wilayah timur).

  • Fauna Indonesia bagian barat (Asiatis)

Fauna yang banyak ditemui di bagian barat adalah fauna tipe mamalia, reptil, burung, hingga ikan yang juga banyak ditemui di wilayah benua asia lainnya. Adapun hewan endemik Indonesia yang khas dan unik antara lain badak bercula satu, tapir, harimau sumatera, siamang, ikan pesut mahakam, orangutan,harimau loreng, kera gibon, dan masih banyak lagi.

  • Fauna Indonesia bagian tengah (Peralihan)

Dikarenakan letaknya yang berada di tengah, ada beberapa fauna tipe Asiatis dan Australis, fauna Asiatis seperti kera dan fauna Australis seperti kuskus. Hewan endemik yang berada di wilayah ini antara lain komodo, anoa, babi rusa, dll.

  • Fauna Indonesia bagian timur (Australis)

Di bagian timur ini terdapat banyak jenis hewan yang lazim ditemuai di benua Australia, seperti kangguru, walaby, koala, dan beragam jenis reptil dan primata lainnya yang khas. Hewan endemik yang khas adalah burung cendrawasih, kasuari, merak gouravictori, dll.

Mau tahu lebih banyak mengenai persebaran flora dan fauna di indonesia dan dunia? Banyak membaca ya dan banyak mencari referensi lainnya. Mencari ilmu tidak harus dari buku, gadget yang biasa kalian pakai buat ngegame juga bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu loh. Demikian beberapa uraian singkat dari penulis mengenai penjelasan beserta gambar persebaran flora dan fauna di indonesia. Di sekolah merasa kurang jelas dengan materi yang disampaikan guru? atau kurang paham tentang persebaran flora dan fauna di indonesia bagian barat? Yuk belajar di bimbingan belajar Nusa Caraka. Selain dapat memahami materi pelajaran kalian juga akan mendapatkan banyak teman-teman baru loh.

 

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *