Menu Tutup

Pertumbuhan Penduduk Di Indonesia Materi IPS Kelas VII

Ketahui pertumbuhan penduduk yang terjadi di Indonesia

Berbicara tentang pertumbuhan penduduk, tahukah kamu bahwa tanggal 11 Juli diperingati sebagai Hari Kependudukan Internasional (World Population Day). Lalu bagaimana dengan laju pertumbuhan penduduk di indonesia? Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk dan juga macam-macam pertumbuhan penduduk secara detail.

Pengertian pertumbuhan penduduk

Penduduk ialah sekumpulan orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di suatu negara tertentu dengan jangka waktu tertentu dan sudah memenuhi syarat-syarat yang berlaku di negara tersebut. Kali ini kita akan berbicara tentang pertumbuhan, tentu berkaitan dengan jumlah atau banyak sedikitnya populasi penduduk. Jadi, pertumbuhan penduduk adalah suatu perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunan. Pengertian pertumbuhan penduduk menurut para ahli, AA Nurdiman mengemukakan bahwa penduduk adalah sekumpulan orang yang menetap dan juga berdomisili di dalam suatu negara.  Pertumbuhan penduduk di suatu wilayah tentu dipengaruhi oleh besarnya kelahiran, kematian, migrasi masuk, dan migrasi keluar. Jumlah penduduk akan bertambah bila terdapat seorang bayi yang lahir dan penduduk yang datang, sedangkan jumlah penduduk akan berkurang bila terdapat penduduk yang mati dan penduduk yang keluar dari wilayah tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, antara lain adalah:

  • Faktor kelahiran (fertilitas)

Kelahiran menjadi salah satu contoh pertumbuhan penduduk yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pernikahan di usia muda dan tidak melakukan program keluarga berencana (KB) yang telah diterapkan oleh pemerintah, sehingga akan berpengaruh pada meningkatnya angka kelahiran. Kelahiran seorang bayi maka akan menambah jumlah penduduk didaerah tersebut dan mengakibatkan pertumbuhan penduduk.

  • Faktor kematian (Mortalitas)

Kematian dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong terjadinya kematian adalah kurangnya menjaga kesehatan, tingkat kemiskinan yang berlebih, kurangnya sarana dan prasarana kesehatanyang ada di daerah tersebut seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, apotik, dll yang bisa menyebabkan adanya wabah penyakit, kurangnya asupan gizi dan pola makan yang tidak teratur. Sedangkan, faktor penghambat kematian antara lain adalah menjaga kesehatan, makan-makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, pola makan yang teratur, tingkat kemiskinan yang rendah, dan sarana kesehatan yang baik dan juga lengkap.

  • Faktor Imigrasi

Imigrasi diartikan sebagai penduduk yang datang ke daerah tertentu yang berasal dari daerah lain. Imigrasi dapat menyebabkan peningkatan jumlah penduduk di daerah yang ditempatinya.

  • Faktor Emigrasi

Emigrasi dapat diartikan sebagai seorang penduduk yang pindah dari suatu wilayah ke wilayah lainnya dengan tujuan menetap, bekerja, sekolah, ataupun yang lainnya. Emigrasi ini akan mengakibatkan menurunnya jumlah penduduk di daerah asalnya tersebut.

Macam-macam pertumbuhan penduduk

Berikut ini merupakan macam-macam dari pertumbuhan penduduk lengkap beserta rumus-rumusnya.

  • Pertumbuhan penduduk alami

Pertumbuhan penduduk yang jumlahnya didapat dari selisih antara jumlah kelahiran dengan jumlah kematian dalam suatu daerah tertentu. Rumus dari pertumbuhan penduduk alami adalah sebagai berikut:

T = L – M

Keterangan:

T = Jumlah dari pertumbuhan penduduk pertahun

L = Jumlah dari kelahiran penduduk per tahun

M = Jumlah dari kematian penduduk per tahun

  • Pertumbuhan penduduk migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari tempat tinggal yang satu ke tempat tinggal lainnya dengan tujuan untuk menetap. Istilah ini sering digunakan oleh penduduk yang berpindah secara menetap atau permanen. Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang jumlahnya diperoleh dari hasil selisih jumlah migrasi masuk dan jumlah migrasi keluar pada suatu daerah tertentu. Rumusnya adalah sebagai berikut:

T = I – E

Keterangan:

T = Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun di suatu daerah

I = Jumlah penduduk migrasi masuk per tahun

E = Jumlah penduduk migrasi keluar per tahun

  • Pertumbuhan penduduk total

Pertumbuhan penduduk yang didapat dari selisih antara jumlah kelahiran pertahun dengan jumlah kematian pertahun ditambah dengan selisih antara jumlah penduduk migrasi yang masuk dengan jumlah migrasi yang keluar. Rumus pertumbuhan penduduk total adalah sebagai berikut:

T = (L – M) + (I – E)

Keterangan:

T = Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun di daerah tertentu

L = Jumlah angka kelahiran penduduk pertahun di daerah tertentu

M = Jumlah angka kematian penduduk pertahun di daerah tertentu

I = Jumlah penduduk migrasi yang masuk pertahun

E = Jumlah penduduk migrasi yang keluar pertahun

Demikian materi pertumbuhan penduduk beserta faktor dan macam-macamnya. Selain untuk referensi belajar tentang IPS SMP kelas VII, ini juga bisa dijadikan bahan pembuatan makalah pertumbuhan penduduk untuk tugas sekolah kalian. Indikator pertumbuhan penduduk disesuaikan dengan kompetensi dasar. Belajar mandiri mengalami kesulitan? Sudah saatnya kalian belajar di bimbingan belajar yang murah tentunya biaya bisa dijangkau semua orang dan dapat dicicil pula. Dan tak lupa kualitasnya pun juga terjamin. Dimana itu? Di bimbel Nusa Caraka pastinya.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *