Menu Tutup

Tips Menghadapi Ujian Nasional Agar Tidak Stres

Stres ketika akan hadapi ujian nasional? Ini berbagai tipsnya

Mau tahu tips menghadapi ujian nasional agar tidak stres? Ikuti dari awal sampai akhir ya, jangan sampai kehilangan fokus. Bagi siswa kelas 3 yang sebentar lagi menghadapi ujian nasional, rasanya ujian nasional seolah-olah menjadi ujian hidup yang paling berat baginya. Memang begitu bukan? Pasalnya mereka terlalu menekan dirinya untuk terus belajar dan belajar, karena rasa takut yang mendalam jika mereka gagal dalam menghadapi ujian nasional. Meskipun sekarang ini ujian nasional tidak sepenuhnya menjadi penentu kelulusan, namun tetap saja membuat para siswa merasa khawatir dengan hasil yang akan diraihnya nanti. Kunci sukses hadapi ujian nasional yaitu belajar dan berdoa. Hanya ada satu cara mempersiapkan diri sebelum ujian nasional adalah yakin bahwa kamu BISA. Motivasi diri sendiri akan membawa dampak yang besar bagi kemajuan diri kalian.

Faktor pemicu stres pada siswa ketika akan menghadapi Ujian Nasional

Dalam islam, tips menghadapi ujian menurut islam adalah hadapi ujian dengan usaha dan doa. Kerahkan segala ikhtiar untuk menyelesaikan ujian dan follow-up usaha itu dengan doa. Apa usaha yang sudah kalian lakukan? Sudahkah disertai dengan doa? Yang bisa mengukur ikhtiarmu hanyalah dirimu sendiri dan Allah. Jika kamu sudah merasa maksimal dalam berusaha maka tutuplah dengan doa, menyerahkan segala hasil akhir kepada Yang Maha Kuasa. Sama seperti halnya ketika kamu akan menghadapi ujian nasional, tips menghadapi un menurut islam adalah belajar dan berdoa. Belajar sebagai bentuk ikhtiar, sedangkan doa adalah penutup sebagai bentuk kepasrahan diri kita kepada Allah. Yakinkah pada Allah, hendak kamu akan terhindar dari stres dan rasa ketakutan yang mendalam.

Beberapa faktor yang menjadi pemicu stres ketika akan menghadapi ujian nasional, diantaranya:

  1. Perasaan khawatir bila tidak sukses/lulus saat mengikuti ujian nasional. Lebih tepatnya perasaan deg-degan saat akan menghadapi ujian nasional. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan psikologis yang muncul karena rasa takut jika tidak lulus UN.
  2. Tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Ini terjadi karena kurangnya motivasi yang kuat dalam diri anak, sehingga membuat siswa merasa stres saat menjelang ujian nasional.
  3. Materi pelajaran yang terlalu luas dan harus dikuasai. Dalam ujian nasional ada beberapa mata pelajaran yang diujikan, bahkan materinya pun meliputi pelajaran dari kelas awal sampai kelas akhir. Kebayangkan bagaimana luas dan banyaknya materi yang harus dikuasai setiap siswa.
  4. Waktu belajar yang tidak maksimal. Waktu belajar yang minim sedangkan harus menguasai materi yang begitu banyak, apalagi waktu ujian semakin mendekat, bisa jadi siswa akan merasa acuh tak acuh lagi untuk belajar.

Cara agar tidak stres menghadapi UN

Benar, bahwa belajar adalah cara sukses menghadapi ujian nasional. Namun juga harus diimbangi dengan beberapa hal yang bisa menunjang kesuksesan belajar tersebut. Berbagai cara mempersiapkan diri menghadapi ujian tentunya harus sudah kalian kuasai sebelum UN tiba. Terlalu berat memikirkan beban akan mengurangi kesiapanmu dalam menghadapi ujian nasional. So, terapkan cara-cara di bawah ini supaya kamu terhindar dari stres.

  1. Pahami prosedur kelulusan dari sekolah. Ingat bahwa ujian nasional bukanlah 100% menjadi penentu kelulusan. Penentu kelulusan adalah akumulasi dari nilai ujian nasional dan nilai dari sekolah.
  2. Lihat ujian nasional sebagai tantangan yang wajib kamu hadapi dan bukan merupakan rintangan.
  3. Buatlah rangkuman materi tiap mata pelajaran ujian nasional untuk memudahkanmu dalam belajar.
  4. Belajar individu dan belajar kelompok. Belajar secara mandiri akan membuatmu lebih fokus dan tenang, sedangkan belajar kelompok memungkinkan kamu akan mendapatkan banyak ide ataupun gagasan dari teman terkait UN.
  5. Atur waktu belajar sebaik mungkin dan sesekali sempatkan diri untuk sekedar menghilangkan penat atau refreshing.

Tips agar tidak stres saat tengah menghadapi ujian nasional

 

Kali ini penulis akan berbagi tips menghadapi un 2019. Terapkan dan lihat sendiri hasilnya.

  1. Datang minimal 30 menit sudah berada di lokasi ujian
  2. Bersikaplah dengan tenang dan santai. Percaya dengan kemampuan yang kamu miliki dan yakin bahwa kamu bisa hadapi UN.
  3. Mulailah mengerjakan dari soal yang paling mudah terlebih dahulu.
  4. Sesekali menghela nafas dan merenggakan tubuh agar kondisi pikiran kembali tenang
  5. Sesekali alihkan objek pandangan ke objek lain, supaya matamu tidak terganggu karena terlalu fokus pada layar komputer.

Satu lagi tips dari saya, yaitu tips menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Untuk menghdapi UNBK perlu bagi kalian untuk mengikuti simulasi UNBK dan jangan gaptek ya. Usahakan minimal bisa mengoperasikan komputer. UN kali ini bukan lagi menggunakan kertas dan pensil namun sudah menggunakan komputer. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin sebelum terlambat ya. Hindari stres dan lebih memaksimalkan belajar lagi di bimbingan belajar. Seventh education bimbel murah dan berkualitas pilihan tepat dan teman belajar tepat ketika akan menghadapi ujian. Yuk belajar di bimbel SE!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *