Menu Tutup

Susah Belajar Matematika? Ini Dia Tips Belajar Matematika

Matematika terasa mudah jika kita mau mempelajarinya

Mau Jadi ahli matematika? Yuk terapkan tips belajar matematika yang cepat dan mudah. Mengapa ya hampir semua siswa takut dengan pelajaran matematika? Mereka beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit dan menyeramkan. Apakah kamu juga berpikiran seperti itu? Semoga tidak ya. Tentu pendapat setiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih suka matematika daripada bahasa Indonesia yang harus membaca teks dan memahami makna setiap kalimat. Ada juga yang lebih suka bahasa Indonesia karena tidak perlu menggunakan rumus-rumus yang rumit. Memotivasi diri sendiri adalah cara semangat belajar matematika. Karena salah satu pembangkit rasa semangat itu berasal dari motivasi diri. Teknologi yang semakin canggih menjadikan semua menjadi serba simpel, praktis, mudah, dan cepat. Seperti halnya generasi millenial seperti sekarang yang lebih sering memegang gadget daripada buku. Maunya serba cepat, mudah dan nggak mau ribet.  Ini yang menjadikan pelajar sekarang susah memahami rumus matematika.

Mengubah kata SUSAH menjadi MUDAH dalam belajar matematika

Katanya ada  cara pintar matematika tanpa belajar, bagaimana mungkin? Mungkin saja karena memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, karena dunia ini penuh dengan kemungkinan. Tanpa sadar, sebenarnya setiap hari kita belajar matematika loh. Karena memang matematika sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa matematika bagaimana bisa kamu mengetahui jumlah kembalian yang seharusnya kamu dapatkan ketika membeli sesuatu. Tanpa matematika mana mungkin kita bisa mengetahui jumlah suatu benda. Lalu kenapa bisa kalian bilang sulit? Tanpa matematika mungkin kegiatan transaksi jual beli tidak akan berjalan dengan lancar.

Bahkan sejak kamu mulai belajar berbicara pasti orang tuamu segera mungkin mengenalkanmu dengan angka kemudian belajar berhitung, karena orang tuamu sadar betapa pentingnya matematika dalam kehidupan. Bagaimana masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang menyeramkan? Padahal pelajaran yang kamu anggap menyeramkan ini sudah membantumu dalam banyak hal. Cara cerdas belajar matematika adalah dengan mencintainya terlebih dahulu, bukan menyingkirinya. Jangan hanya dilihat dari covernya saja bahwa matematika itu sulit, namun pahami isinya bahwa matematika itu mudah jika kita mau berusaha untuk mempelajarinya. Kali ini penulis akan membagikan tips jago matematika. Simak dan jangan sampai terlewatkan ya!

Tips mudah belajar matematika

Sudah SMA tapi masih tetap kesulitan belajar matematika? Ini ada cara mudah belajar matematika sma. Sebenarnya kunci yang harus dipelajari dalam pelajaran matematika di semua jenjang itu sama yaitu berhitung angka dan rumus. Belajar matematika kelas 3 SD pun juga berhitung dengan rumus-rumus dasar untuk penyelesaian soal. Cara belajar matematika kelas 4 juga sama berkaitan dengan hitungan beserta rumus yang terkait. Hanya saja tingkat kesulitannya berbeda di setiap jenjangnya. Yuk simak cara mudah belajar matematika.

  1. Konsistensi dalam belajar.

Belajar  tak perlu berlama-lama, namun lebih baiknya kita lebih konsisten dalam belajar. Artinya, belajarnya setiap hari meski hanya beberapa menit. Hindari yang namanya sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), yang mengharuskanmu belajar dalam kurun waktu yang lebih lama dalam satu malam, maka hasilnya pun tidak akan efektif. Lebih baik sebentar namun rutin.

  1. Pahami soal beserta cara mengerjakannya.

Memahami bukanlah suatu hal yang mudah. Termasuk memahami sebuah soal matematika, kamu harus memahami maksud dari soal kemudian mencari rumus dan proses yang tepat untuk menjawab soal tersebut secara benar.

  1. Belajar bersama-sama dengan teman

Sering berlatih mengerjakan soal matematika bersama dengan temanmu akan menambah daya ingatmu ketika mendapatkan soal matematika yang sama saat ulangan ataupun ujian. Dalam sebuah kelompok tentu akan banyak sharing, yang tadinya belum tahu menjadi tahu.

  1. Jangan malu untuk bertanya

Terkadang rasa malu akan menjadi sebuah kendala besar. Seperti kata pepatah bahwa “Malu bertanya sesat dijalan”. Nah jika kamu merasa belum bisa ataupun belum paham dengan materi matematika yang sudah diajarkan, maka tugasmu adalah bertanya kepada guru ataupun teman yang sudah memahami materi tersebut.

  1. Mempelajari kembali materi yang sudah diajarkan

Perlu bagi kalian untuk mengulang materi pelajaran yang sudah diberikan di sekolah untuk diulang kembali di rumah. Tujuannya supaya kamu ingat dan tentunya lebih memahami materi tersebut.

Belajar matematika mandiri memanglah asik dan menantang, tapi suatu saat kamu pasti akan membutuhkan yang namanya bimbingan ketika belajar. Nah, tempat pelarian belajar untuk mengatasi kesulitan mengerjakan soal adalah lembaga bimbingan belajar. Di bimbel tentu kamu akan mendapatkan trik mengerjakan soal yang mudah, cepat, dan tepat dimana trik ini tidak kamu dapatkan di sekolah. Belajar di bimbel Nusa Caraka akan memberikanmu beragam kemudahan. Mudah untuk bisa bergabung karena memang biayanya yang terjangkau, mudah untuk bersosialisasi dengan teman baru dan masih banyak lagi.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *