Menu Tutup

Pelajari Lebih Mendalam Satuan Baku Dan Tak Baku Kelas 7

Belajar satuan baku dan tak baku

Satuan baku dan tak baku kelas 7 tentunya sudah kalian pelajari sejak duduk di bangku SMP. Tahukah kamu? Setiap negara mempunyai satuan yang berbeda-beda loh untuk menunjukkan besaran yang sama. Misalnya saja besaran panjang di kebanyakan negara termasuk Indonesia menggunakan satuan milimeter, sentimeter, meter, kilometer, dan sebagainya. Sedangkan di Inggris dan Amerika menggunakan satuan feet, yard, mil, dan sebagainya. Sejenak mengulas jaman dahulu kala ya, dulu di khususnya di pulau Jawa menyatakan besaran panjang dengan satuan jengkal, kilan, pecak, depa, tombak, dan masih banyak lagi. Berdasarkan ulasan tersebut maka muncullah istilah satuan baku dan satuan tidak baku. Nah kali ini penulis akan membahas lebih mendalam tentang satuan baku dan tak baku, serta contoh soal satuan baku dan tidak baku. Simak sampai habis ya!

Satuan baku dan contohnya

Apa itu satuan? Satuan merupakan sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran suatu besaran. Satuan baku ialah satuan yang digunakan oleh siapa saja dan akan menghasilkan hasil pengukuran yang sama. Satuan baku telah disepakati atau ditetapkan bersama sebagai satuan dalam pengukuran suatu besaran. Apabila kita menggunakan alat ukur dengan satuan meter maka akan memberikan hasil pengukuran yang teliti pula. Sebutkan satuan ukur panjang baku? Selain meter untuk besaran panjang ada beberapa satuan baku yang lainnya, antara lain adalah kilometer, hectometer, dekameter, desimeter, centimeter, dan milimeter. Sebagai contoh satuan baku massa, dinyatakan dalam satuan kilogram, hektogram, dekagram, gram, desigram, centigram, dan miligram. Apakah satuan baku pengukuran berat? Dalam besaran berat satuan yang digunakan antara lain ton, kwintal, gram, pon, dan lain-lain. Ciri satuan baku adalah bersifat tetap, artinya tidak mudah berubah ukurannya, baik dipengaruhi oleh cuaca ataupun lingkungan.

Contoh dari satuan baku adalah mengukur meja yang panjangnya 1 meter menggunakan alat meteran. Jadi siapa saja yang mengukur meja tersebut akan memperoleh hasil pengukuran yang sana yaitu satu meter.

Satuan tidak baku dan contohnya

Pernah nggak sih kalian melakukan pengukuran meja dengan menggunakan jengkal tangan? Jika iya berarti kalian sudah menggunakan satuan tidak baku. Apa sih satuan tidak baku? Apa bedanya dengan satuan baku? Satuan tidak baku adalah satuan yang digunakan untuk mengukur benda tetapi menunjukkan hasil yang berbeda ketika orang lain melakukan pengukuran benda yang sama. Misalnya kamu mengukur papan tulis yang merupakan contoh benda satuan tidak baku dengan jengkal tanganmu, begitu pula dengan temanmu. Pastinya hasil yang kamu dapatkan berbeda dengan hasil yang didapatkan oleh temanmu. Karena seperti yang kita ketahui bahwa jengkal tangan setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain itu lebarnya jengkal yang kamu miliki dengan lebar jengkal yang temanmu miliki belum tentu sama lebarnya

Contoh 10 satuan tidak baku yang umumnya digunakan pada jaman dahulu antara lain:

  1. Jengkal, jarak antara ujung ibu jari dan ujung jari telunjuk ketika direntangkan.
  2. Depa, jarak antara ujung jari tengah tangan kiri dengan ujung jari tengah tangan kanan bila kedua lengan direntangkan.
  3. Kilan, jarak antara ujung ibu jari dengan ujung kelingking ketika telapak tangan direntangkan.
  4. Hasta, jarak antara siku lengan dengan ujung jari tengah ketika direntangkan.
  5. Tumbak, satuan luas tanah yang digunakan di Jawa Barat, yaitu satu tumbak setara dengan 14 meter persegi.
  6. Bahu, jarak antara bahu kanan dan bahu kiri untuk mengukur suatu benda.
  7. Mayam, merupakan ukuran emas yang berasal dari daerah Aceh.
  8. Entik, termasuk alat pengukuran dari besaran massa.
  9. Langkah, jarak antara kaki kanan dan kaki kiri ketika direntangkan.
  10. Tali, pengukuran yang dilakukan dengan alat bantu tali.

Ingin berlatih soal satuan baku dan tidak baku kelas 7? Mudah kok, tinggal mencari di website kesayanganmu. Jika sudah paham akan materi yang kamu pelajari jangan sungkan-sungkan untuk berlatih mengerjakan soalnya ya untuk memperdalam lagi pemahaman materi yang sedang kamu pelajari. Kesulitan belajar menjadi suatu hal yang wajar, sekarang ada layanan tambahan belajar seperti bimbingan belajar Nusa Caraka yang akan membantumu mengatasi segala macam kesulitan belajar.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *