Menu Tutup

Bingung Pilih PTN? Info PTN Terbaik Di Indonesia 2019

Sebelum memilih PTN, ketahui dulu PTN terbaik di Indonesia

Bingung memilih PTN terbaik di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan? Simak dulu infonya baru kamu bisa menentukan pilihan, mau melanjutkan pendidikan di PTN mana. Lebih baiknya sebelum menentukan pilihan mau kuliah dimana, persiapkan dulu matang-matang untuk menghadapi SBMPTN 2019. Terkhusus untuk pelajar SMA yang sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional, sudah sampai mana persiapan kalian? Saya ingatkan bahwa tidak ada waktu untuk berleha-leha ya. Setelah ujian nasional tentu rasanya belum lega jika belum diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Maka jangan hura-hura setelah lulus SMA nanti, karena langkah perjuangan kalian belum usai. Itu artinya jalan yang harus kalian lewati masih panjang dan ini baru mau menapaki satu langkah kedepan. Menjadi mahasiswa di salah satu universitas terbaik di indonesia 2019 tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kalian dan tentunya bagi orang tua.

Universitas terbaik di Indonesia

Di Indonesia perguruan tinggi terbagi menjadi dua jenis, yaitu universitas negeri dan unversitas swasta, dimana mayoritasnya adalah perguruan tinggi swasta. Berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) memanglah impian semua calon mahasiswa di Indonesia. Apalagi kalau kamu menjadi salah satu mahasiswa di salah satu PTN terbaik di Indonesia, bagaimana rasanya? Tentu kamu akan merasa sangat bangga bukan? Berikut ada sedikit informasi tentang 10 Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia menurut Webometrics pada tahun 2019 (Data updated: Januari 2019). Daftar 10 universitas terbaik di indonesia 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi Perguruan Tinggi Negeri terbaik versi Webometrics 2017. UGM didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 yang terletak di Yogyakarta. UGM menjadi universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka. Sekarang ini UGM telah memiliki 18 fakultas dan 1 sekolah vokasi, dan juga 1 program pasca sarjana.  Universitas ini memiliki lebih dari 100 program studi dan menariknya lagi UGM selalu berada dalam tiga besar PTN terbaik yang ada di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus ini terletak di kota Depok bagian utara, Jawa Barat, Salemba. Universitas Indonesia secara umum dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan UGM dan ITB. Bahkan ada sebagian orang beranggapan bahwa orang-orang yang berkuliah di salah satu PTN ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Universitas Indonesia tentunya terakreditasi “A” oleh BAN-PT.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tahun 2013, ITB salah satu perguruan tinggi negeri berbadan hukum. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Ini merupakan salah satu dari golongan 3 universitas terbaik di indonesia. Bahkan hampir seluruh program studi terakreditasi “A” bahkan ada 20 program studi yang sudah terakreditasi internasional.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor merupakan perguruan tinggi negeri terbaik dan cukup terkenal di Indonesia. universitas ini terletak di kota Bogor. IPB merupakan pemekaran dari Universitas Indonesia, dengan status akreditasi “A”. Saat ini IPB memiliki 9 fakultas dengan 36 program studi sarjana, 64 program studi sains pendidikan pasca sarjana, 13 program Magister Profesional dan 43 Program doktor serta 1 program internasional.

  1. Universitas Diponegoro

Undip adalah salah satu PTN terbaik di Indonesia yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Pada awalnya Undip merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta dan baru berstatus PTN pada tahun 1961. Undip juga telah terakreditasi “A” oleh BAN-PTN yang memiliki 136 program studi yang tersebar di 11 fakultas dan 1 program pascasarjana.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UNBRAW adalah PTN yang didirikan pada tahun 1963 di kota Malang, Jawa Timur. Universitas ini sudah terakreditasi “A” dari BAN-PT pada tanggal 10 Januari 2009 dan kembali mendapatkannya pada tanggal 11 September 2014.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh November merupakan perguruan tinggi yang terletak di kota Surabaya tahun 1957, dan sudah meraih akreditasi “A” dari BAN-PT dengan 37 program studi yang tersebar di 11 fakultas.

  1. Universitas Sebelas Maret

UNS adalah salah satunya universitas negeri di Kota Solo. Di tahun 2016, UNS memperoleh peringkat ke 3 perguruan negeri versi 4ICU (4 International Colleges and Universities). Pada tahun 2019 menurut penilaian dari Webometrics, UNS masuk dalam 10 besar PTN di Indonesia.

  1. Universitas Syah Kuala (Unisyah)

Universitas ini menjadi salah satu universitas terbaik di luar pulau Jawa, yang merupakan PTN tertua di Aceh.

  1. Universitas Padjajaran

Unpad merupakan salah satu PTN yang berbadan hukum yang telah terakreditasi “A” pada tahun 2014. Hal yang menarik dari Unpad adalah tercatat sebagai PTN dengan peminat terbanyak se-Indonesia  pada tahun 2012-2015.

Itulah beberapa urutan universitas terbaik di indonesia 2019. Mana yang menjadi universitas favorit kalian? Apakah termasuk 10 PTN terbaik di Indonesia ataukah termasuk 100 universitas terbaik di indonesia 2019? Yuk pilih PTN favoritmu, persiapkan dirimu untuk hadapi SBMPTN 2019 dengan belajar di bimbel Nusa Caraka, bimbel murah dan berkualitas akan menghantarkanmu menuju PTN impian. Coba bandingkan universitas negeri terbaik di indonesia 2018 dengan tahun sekarang, apakah berbeda ataukah PTN favoritmu masih menjadi peringkat teratas? Bisa kalian cek di website universitas terbaik di indonesia 2018 versi dikti.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *