Menu Tutup

Mau Pintar Matematika? Ikuti Cara Belajar Matematika Dengan Mudah

Matematika itu mudah jika kita mau belajar

Mau jadi ahli matematika? Ikuti cara belajar matematika dengan mudah. Tak sedikit orang berpendapat bahwa matematika itu susah. Bahkan beberapa siswa sampai anti dengan namanya mata pelajaran matematika. Katanya sih susah, pelajaran yang harus menghitung berbagai bentuk angka apalagi ditambah dengan rumus yang mengharuskanmu memutar otak. Belum selesai menghitung, ehh tiba-tiba guru menyuruh untuk mengerjakan soal di papan tulis. Moment paling menegangkan seolah-olah membuat jantung rasanya seperti mau copot saking deg-degannya, sampai keringat dingin pun bercucuran, sampai-sampai kakipun rasanya berat sekali untuk melangkah ke depan, apalagi gurunya killer, wah lengkap sudah penderitaan. Sebenarnya itu hanya ilusi belaka. Asal belajar apapun bisa kamu sulap menjadi mudah. Pernah mencoba cara cepat menghitung perkalian dalam 5 detik? Dalam hitungan menit saja belum tentu dapat jawabannya, apalagi hitungan detik. Nah itu tandanya bahwa kamu belum menguasai perkalian dasar.

Apakah matematika pelajaran yang paling sulit?

Umumnya orang-orang lebih cenderung berasumsi bahwa matematika itu pelajaran paling susah. Tapi ternyata tidak loh kawan! Modal belajar matematika hanyalah menghitung dengan menggunakan rumus yang tepat. Jawabannya pun pasti dan kamu tidak harus berpikir menggunakan logika. Menghafalkan rumus juga tidak terlalu sulit jika kamu sudah tahu cara-caranya. Sebagai dasar kamu hanya perlu kuasai cara menghitung cepat matematika. Berbeda dengan pelajaran Bahasa Indonesia, kebayang bukan seberapa panjang soal yang biasanya berbentuk cerita yang panjang harus benar-benar kamu baca, cermati, dan pahami. Untuk menjawab soalnya saja kamu harus membaca soalnya dengan baik-baik kemudian menganalisa soal dan barulah menemukan jawabannya. Apalagi ada pilihan jawaban yang kata-katanya hampir mirip, ini mengharuskan kamu menelaah makna dan maksud dari kalimat tersebut supaya mendapatkan jawaban yang benar-benar tepat. Ditambah lagi jika ada beberapa kata yang sulit dalam sebuah bacaan yang kamu belum tentu tahu artinya. Coba bandingkan lebih sulit yang mana?

Cara belajar matematika dengan mudah

Seseorang yang sudah ahli dengan pelajaran matematika pasti berawal mula dari dasar. Artinya mereka harus menguasai dasar matematika terlebih dahulu sebelum menjadi ahli atau pakar. Seperti halnya anak SD yang harus menguasai cara cepat belajar matematika sd. Anak usia sekolah dasar lebih ditekankan pada penguasaan hitungan dasar, mulai dari pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Cara pintar matematika tanpa belajar, memangnya ada? Ada jika kalian terbiasa menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ada beberapa cara cepat memahami pelajaran matematika, antara lain adalah:

  • Pertama, pahami dulu soal yang ada dihadapanmu. Jika kamu masih belum merasa paham dengan maksud soal tersebut, maka jangan pernah malu untuk bertanya dengan gur ataupun temanmu.
  • Kedua, jangan pernah kamu takut salah. Cobalah untuk mengerjakan soal sendiri, percaya pada dirmu sendiri bahwa kamu bisa. Jika jawabnmu salah jangan pernah minder jika ada teman yang mengejek jawaban salahmu, jadikan itu sebuah motivasi untukmu agar belajar lebih giat lagi.
  • Ketiga, buatlah catatan kecil atau ringkasan materi untuk memudahkanmu memahami pelajaran matematika. Buat semenarik mungkin supaya kamu tidak bosan untuk mempelajarinya.
  • Keempat, ubah cara belajarmu dengan cara yang menyenangkan. Bila belajar dengan buku membosankan, kamu bisa belajar melalui gadget, mencoba latihan-latihan soal di website ataupun melihat tutorial matematika di youtube.

Kesulitan-kesulitan dalam belajar matematika

Belajar matematika di sekolah tentu tidak lepas dari sifat-sifat matematika yang abstrak dan sifat pengembangan intelektual siswa yang kita ajar. Kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Beberapa penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa adalah:

  1. Fakta, sebuah perjanjian atau pemufakatan yang dibuat dalam matematika. Seperti lambang, nama, istilah, serta perjanjian. Kesulitan yang sering dialami siswa adalah matematika penuh dengan simbol atau lambang, dan juga istilah-istilah asing di telinga mereka.
  2. Konsep, siswa kurang bisa memahami konsep setiap materi secara benar. Sehingga dalam mengerjakan soal siswa kurang menguasai materi serta proses/langkah yang harus dikerjakan.
  3. Prinsip, siswa hanya mengetahui rumus dan cara mengerjakannya, tetapi mereka tidak paham bagaimana rumus tersebut terbentuk.
  4. Skill, siswa lambat dalam menggunakan operasi dan prosedur, sehingga menghambat pengerjaan dalam memecahkan matematika.

Cara menghadapi kesulitan belajar matematika

Suatu kesulitan tentu ada jalan keluarnya. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kesulitan belajar matematika, diantaranya adalah:

  1. Cobalah menggunakan gambar untuk menjembatani langkah-langkah atau urutan dari proses secara keseluruhan.
  2. Menuangkan konsep-konsep secara matematis dalam praktek maupun aktivitas sederhana yang dilakukan sehari-hari.
  3. Untuk melatih ingatan anak secara kreatif, cara berhitung cepat untuk anak bisa menggunakan nyanyian sebagai sarana. Cara menghitung cepat pertambahan bisa menerapkan ini.

Untuk lebih detailnya jika ingin mempelajari matematika dengan mudah, bisa menggunakan bimbel sebagai sarana belajar yang tepat. Seperti bimbel Nusa Caraka, memberikan kemudahan dalam belajarf. Di bimbel anak akan mendapatkan cara-cara belajar matematika yang tepat dan mudah dipahami. Cara cepat belajar matematika smp dan cara pintar matematika sma bisa kalian dapatkan jika belajar di bimbel.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *