Menu Tutup

Ringkasan Materi Sosiologi Kelas 11 Bab I,II,III Lengkap Serta Penjelasan

Belajar sosiologi jadi mudah dengan membaca ringkasan materi

 

Materi sosiologi kelas 11 tak lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Karena sosiologi mengkaji kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat. Dalam artian luas, sosiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang interaksi manusia dalam masyarakat. Manusia atau masyarakat berperan sebagai objek dalam kajian sosiologi, yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari hubungan manusia tersebut dalam kehidupan masyarakat. Pada dasarnya sosiologi mempelajari masyarakat dan perilaku sosial manusia dengan meneliti kelompok yang di bangun. Pernah berfikir, mengapa kita harus mempelajari ilmu sosiologi? Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika mempelajari ilmu sosiologi. Salah satunya adalah sosiologi dapat membantu mengontrol dan mengendalikan tindakan ataupun perilaku sosial tiap anggota masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Materi sosiologi kelas 11 bab 1

Kapan kamu mengenal pelajaran sosiologi? Tentu saat duduk di bangku SMA. Sebenarnya kita sudah mempelajari ilmu sosiologi sejak SD. Namun, masih dijadikan satu dengan pelajaran sosial lainnya dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Bab pertama yang akan kita bahas adalah materi sosiologi kelas 11 kelompok sosial. Pernah dengar istilah kelompok sosial? Menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, mendefinisikan kelompok sosial sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Adanya keterikatan dan ketergantungan antara manusia satu dengan manusia lainnya mendorong manusia untuk membentuk kelompok masyarakat atau biasa disebut dengan kelompok sosial.

Kelompok sosial terbagi menjadi beberapa jenis, menurut Soejono Soekanto, jenis-jenis kelompok sosial diantaranya adalah:

  1. Kelompok sosial berdasarkan besar kecilnya jumlah anggota
  2. Kelompok sosial berdasarkan derajat interaksi sosial
  3. Kelompok sosial berdasarkan kepentingan wilayah
  4. Kelompok sosial berdasarkan derajat organisasi
  5. Kelompok sosial berdasarkan kesadaran terhadap jenis yang sama
  6. Kelompok sosial berdasarkan hubungan sosial dan tujuan

Materi sosiologi kelas 11 bab 2

Materi sosiologi kelas 11 bab 2 membahas tentang “Permasalahan Sosial.” Ini merupakan salah satu materi sosiologi kelas 11 kurikulum 2013 revisi. Permasalahan sosial merupakan gejala sosial yang terjadi di masyarakat yang diakibatkan oleh adanya interaksi sosial diantara para warga masyarakat dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan dan juga kepentingan hidupnya. Seperti yang kita ketahui bahwa interaksi dalam masyarakat berlangsung secara asosiatif dan disosiatif. Interaksi bersifat asosiatif berarti menghasilkan gejala-gejala sosial yang normal, sehingga dalam masyarakat akan terjadi keteraturan sosial. Sebaliknya, interaksi sosial yang bersifat disosiatif berarti menghasilkan gejala-gejala abnormal atau gejala-gejala yang sifatnya patologis, sehingga masyarakat mengalami ketidakteraturan sosial dalam bentuk disorganisasi ataupun disintegrasi sosial.

Permasalahan sosial timbul karena disebabkan oleh beberapa faktor. Pasalnya permasalahan sosial seolah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Beberapa faktor penyebab terjadinya permasalahan sosial adalah:

  1. Ketidaksesuaian antara nilai sosial dengan tindakan sosial
  2. Sumber permasalahan sosial berasal dari gejala sosial yang terjadi di masyarakat
  3. Adanya permasalahan sosial yang nyata dan masalah sosial yang tersembunyi
  4. Perhatian masyarakat dan masalah sosial
  5. Sistem nilai dan perbaikan suatu permasalahan sosial

Permasalahan sosial ini akan menimbulkan beberapa dampak negatif dalam masyarakat, diantaranya adalah meningkatnya tingkat kriminalitas, kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin, perpecahan kelompok, munculnya perilaku menyimpang, dan meningkatnya pengangguran.

Materi sosiologi kelas 11 bab 3

Materi sosiologi kelas 11 bab 3 membahas tentang “Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial” ini merupakan materi sosiologi kelas 11 kurikulum 2013. Struktur sosial menurut Soerjono Soekanto, adalah organisasi yang berkaitan dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan-hubungan sosial, bangunan abstrak selaku masyarakat yang berisi susunan yang hierarki yang berisi kedudukan dan peran dari tingkatan yang tertinggi hingga tingkatan yang terendah, dan hubungan timbal balik antarposisi dan antar pesan.

Diferensiasi sosial memiliki ciri-ciri diantaranya adalah ciri fisik, budaya, dan sosial. Ciri fisik berhubungan dengan sifat0sifat yang kasat mata, ditunjukkan oleh ras seperti warna rambut, warna kulit, postur tubuh, bantuk dan warna mata. Ciri budaya berhubungan dengan adat istiadat dan kebudayaan yang berkembang di kehidupan masyarakat. Ciri sosial berhubungan dengan fungsi warga masyarakat dalam kehidupan masyarakat. Stratifikasi sosial, perbedaan vertikal yang memicu hierarki dan kelas-kelas sosial dalam masyarakat. Penggolongan masyarakat dalam stratifikasi sosial adalah kekayaan, kekuasaan, keturunan, dan pendidikan.  

Harmoni sosial yang terjadi di masyarakat ditandai dengan solidaritas. Harmoni berarti kondisi dimana individu hidup sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya. Kesetaraan dan harmoni sosial dalam masyarakat multikultural menjadikan individu merasa dihargai sekaligus merasa bertanggung jawab untuk hidup bersama komunitasnya. Seperti yang kita ketahui bahwa multikulturalisme adalah sebuah ideologi dan sebuah alat atau wahana untuk meningkatkan derajat manusia dan kemanusiaannya, sehingga konsep kebudayaan harus dilihat dalam perspektif fungsinya bagi kehidupan manusia.

Itulah sekilas rangkuman materi sosiologi, semoga bermanfaat untuk menambah referensi kalian dalam memperdalam ilmu sosiologi. Materi sosiologi kelas 11 semester 2 bisa kalian dapat secara gratis dengan mengunduh materi sosiologi kelas 11 pdf. Belajar sendiri mengalami berbagai kesulitan? Tenang sekarang ada bimbel yang bisa kamu manfaatkan sebagai tambahan belajar. Seventh education, bimbel murah dan berkualitas pilihan tepat untuk meraih prestasi!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *