Menu Tutup

Apa Sih Bimbingan Belajar Singkatan Dari Bimbel Itu?

Bimbingan belajar alias bimbel untuk peserta didik

Bimbingan belajar singkatan yang biasa kita dengar adalah bimbel alias les ataupun tambahan belajar. Banyak istilah namun artinya sama, yaitu sebagai tempat bagi para pelajar untuk mendapatkan tambahan belajar supaya belajar lebih optimal dan tentunya meningkatkan prestasi. Beberapa pelajar mulai dari SD, SMP, SMA  berbondong-bondong menuju tempat les-lesan atau bimbel setelah pulang sekolah, apa sih tujuannya? Kalau ditanya tujuan sih pastinya beragam ya dan tentunya setiap anak memiliki tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari ingin lebih memahami materi pelajaran karena dirasa pembelajaran di sekolah kurang jelas, ingin memperbaiki nilai yang kurang bagus, ingin meningkatkan prestasi, supaya bisa mengerjakan ulangan ataupun ujian, dan ada juga yang mengikuti perintah orang tuanya. Nah ini nih yang menjadi perhatian para orang tua supaya mendaftarkan anaknya ke bimbel dengan tidak memaksakan kehendak. Buang waktu dan uang jika anak hanya sekedar datang ke bimbel tanpa rasa semangat.

Definisi bimbel atau bimbingan belajar

 

Bimbingan belajar yang sering disingkat bimbel dengan sapaan akrabnya les, adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pelajar dalam usaha meningkatkan prestasi maupun hasil belajar yang optimal di tempat mereka menimba ilmu. Ada sebagian sekolah yang sudah mengadakan bimbel diluar jam sekolah, ada pula tempat bimbel khusus yang bisa dikunjungi anak ketika ingin mendapatkan tambahan belajar. Pihak sekolah ataupun pihak lembaga bimbel memiliki tujuan yang sama yaitu supaya para peserta didik mampu menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan yang saat ini sedang dihadapinya. Jika ditanya apa keuntungan mengikuti bimbel? Tentu banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Diantaranya adalah meningkatkan prestasi, meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit, dan mengembangkan kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman barunya.

Tujuan bimbingan belajar

Suatu kegiatan yang dilakukan tentu memiliki tujuan. Mengapa kamu belajar? Tentu ingin menambah wawasan, mengetahui hal-hal yang sebelumnya belum diketahui, memperbaiki kesalahan, mengasah kemampuan, dan masih banyak lagi. Seperti halnya dengan bimbel, mengapa kamu mengikuti bimbel? Pasti salah satu jawaban kalian adalah untuk mengatasi masalah belajar. Tepat sekali, bimbel adalah tempat dimana para pelajar memecahkan kesulitan-kesulitan belajar yang sedang dihadapinya. Tak heran jika bimbel dijadikan tempat pelarian bagi para pelajar yang ingin memahami materi pelajaran sekolah yang dirasa belum jelas dan kurang dipahami. Di bimbel kamu akan dibekali tips dan trik cara mengerjakan soal dengan mudah, cara belajar yang efektif, dan sebagainya.

Jenis-jenis bimbingan belajar

 

Bimbel atau bimbingan belajar terdiri dari tiga jenis. Diantarnya adalah bimbel konvensional, bimbel privat, dan bimbel online. Pilih jenis bimbel sesuai dengan kebutuhan belajar kalian ya. Apa sih bedanya ketiga macam bimbel itu? Bimbel konvensional tak beda jauh dengan pembelajaran di sekolah. Belajar disebuah ruang kelas, peserta menghadap ke depan untuk memperhatikan pengajar saat mengajar. Selain mendapatkan tambahan belajar, ketika kamu memutuskan untuk memilih bimbel jenis ini maka kamu akan belajar bersosialisasi dengan teman baru. Informasi-informasi lebih cenderung mudah didapatkan yang bersumber dari teman ataupun pihak bimbel. Semangat belajar tentu lebih meningkat, mengingat banyak teman yang juga serius belajar untuk meningkatkan prestasi.

Bimbel privat atau lebih akrab disebut les privat, bimbel jenis ini dibilang lebih mahal dibanding bimbel konvensional, karena memang kamu harus membayar satu guru khusus untuk membantumu dalam proses belajar. Les privat ini tentu membuat belajar menjadi lebih nyaman, kamu lebih leluasa untuk berkonsultasi masalah kesulitan belajar. Pengajar juga lebih fokus dalam mengamati perkembangan belajarmu. Yang terakhir adalah bimbel online. Bisa dikatakan bimbel ini lebih praktis dibandingkan kedua jenis bimbel sebelumnya. Hanya bermodal gadget dan koneksi internet, kamu bisa mengikuti bimbel secara online. Disana juga ada berbagai macam fitur yang bisa digunakan, materi pelajaran yang bisa diulang-ulang, video pembelajaran, dan kalian bisa menentukan waktu belajar sendiri.

Kelebihan dari bimbingan belajar

Kegiatan bimbingan belajar tentu memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran, membantu mengatasi kesulitan-kesulitan belajar, mendapatkan informasi-informasi soal yang kemungkinan besar keluar dalam ujian, mendapatkan materi-materi baru dan cara-cara baru dalam menyelesaikan berbagai macam soal, tentunya cara-cara tersebut tidak kalian dapatkan di sekolah, dan belajar bersosialisasi dengan teman baru.

Kekurangan dari bimbingan belajar

Selain memiliki kelebihan yang tentunya menguntungkan bagi siswa yang mengikutinya, bimbel juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah menambah biaya pengeluaran orang tua, menguras pikiran karena kegiatan bimbel biasanya dilakukan setelah pulang sekolah, mengurangi waktu kita untuk mengembangkan hobi, dan menambah beban pikiran karena di sekolah kita sudah dibekali tugas dan PR ditambah lagi masih mengikuti bimbel.

Bagaimana, masih semangat belajar di bimbel? Demi masa depan yang cerah tentunya harus berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian. Ikuti bimbingan belajar yang murah namun berkualitas. Memangnya ada? Ada dong. Dimana? Seventh education pastinya. Teman belajar paling setia dalam menuntunmu meningkatkan prestasi.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *