Menu Tutup

Jelaskan Ruang Lingkup geografi penduduk? Yuk Bantu Jawab

Menjelaskan ruang lingkup geografi penduduk

Ada sebuah pertanyaan, jelaskan ruang lingkup geografi penduduk? Sebelum masuk ke ruang lingkup, sudah tahukah kamu tentang ilmu geografi? Ini pertanyaan yang menarik buat anak SMA nih, khususnya anak IPS. Kita bahas secara etimologi dulu ya, jika dilihat dari bahasanya, yaitu Geo yang diartikan bumi dan Graphilin yang diartikan tulisan. Jadi secara etimologi, geografi adalah tulisan mengenai bumi. Pengertian ruang lingkup geografi menyangkut bumi sebagai objek yang akan dikaji. Jika kita mempelajari geografi maka kita akan mendapatkan konsep ilmu tentang bentang bumi mulai dari dataran rendah, pantai, patahan lipatan, gunung, dsb. Konsep umum yang dipelajari dalam geografi adalah keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah.

Geografi penduduk dan ruang lingkupnya

Geografi penduduk adalah salah satu cabang dari geografi manusia, yang objek kajiannya yaitu aspek keruangan penduduk. Cakupan yang terdapat di dalamnya adalah penyebaran, dentitas, perbandingan jenis kelamin, dan perbandingan manusia dengan luasnya lahan. Geografi penduduk menjadi bagian dari geografi sosial yang mempelajari hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya. Di dalam geografi penduduk manusia dipelajari sebagai penghuni ruang atau wilayah tertentu, dianalisa kualitas dan kuantitas yang disesuaikan dengan wilayah hunian, dianalisa perbandingan jumlah penduduk dengan luasnya lahan hunian. Dapat disimpulkan bahwa aspek keruangan yang berkaitan dengan manusia sebagai penduduk suatu wilayah menjadi bahan interpretasi dan analisa studi geografi kependudukan.

Contoh dari gepgrafi penduduk adalah tingginya angka kelahiran pada suatu wilayah yang apabila dikaitkan dengan ruang maka dalam jangka waktu tertentu akan berpengaruh terhadap daya dukung ruang (alam) sebagai tempat tinggal. Adapun ruang lingkup geografi penduduk diantaranya adalah fenomena demografi (kelahiran, kematian, tingkat pertumbuhan) melalui ruang dan waktu, pertambahan atau pengurangan jumlah populasi, gerakan dan mobilitas penduduk secara geografis, dan struktur pekerjaan. Semua hal yang mencakup ruang lingkup tentu saja dilihat dari sudut pandang ruang dan waktu, yaitu kewilayahan, kelingkungan, dan keruangan. Lebih detailnya bisa dilihat di geografi penduduk pdf sebagai bahan pembelajaran di sekolah.

Apa demografi itu?

Pernah dengar demografi? Kalau tidak salah berkaitan dengan kependudukan ya? Yapss tepat sekali, karena kita sedang membahas tentang geografi penduduk, maka ini juga ada kaitannya dengan demografi. Tahukah kamu, apa itu demografi? Demografi atau kependudukan adalah ilmu yang mempelajari tentang dinamika kependudukan manusia, yang meliputi ukuran, struktur, distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk yang mengalami perubahan setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, dan juga penuaan. Permasalahan demografi masuk dalam ruang lingkup geografi karena menyangkut aspek keruangan penduduk. Ruang lingkup demografi mencakup masalah kependudukan yang terjadi di suatu wilayah-wilayah. Tujuan dari penggunaan demografi antara lain:

  • Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk di suatu daerah atau wilayah tertentu.
  • Meramalkan pertumbuhan penduduk di masa mendatang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
  • Mengembangkan hubungan sebab dan akibat perkembangan penduduk dengan berbagai macam aspek organisasi sosial.
  • Menjelaskan pertumbuhan masa lalu, penurunannya dan juga persebarannya dengan data yang tersedia.

Konsep geografi penduduk

Konsep geografi penduduk adalah suatu unsur yang paling penting dalam memahami fenomena ataupun kejadian geografi (alam maupun sosial). Konsep geografi penduduk selalu berkaitan dengan persebaran, hubungan, fungsi, bentuk, pola, dan proses terjadinya. Konsep geografi yang diambil untuk menjelaskan fenomena kependudukan, antara lain:

  • Pola, berkaitan dengan fenomena kependudukan mengenai permukiman yang dihuni oleh penduduk. Pola pemukiman berbentuk memenjang jalan, memanjang sungai, radial, tersebar, memanjang pantai, dan juga sejajar dengan jalan kereta api.
  • Morfologi, menjelaskan mengenai struktur luar dari batu-batuan yang menyusun bentuk morfologi permukaan bumi (dataran rendah, dataran tinggi, pantai, pegunungan, dll). Kaitannya dengan fenomena penduduk yaitu dapat menganalisa bagaimana kondisi penduduk yang tinggal di dataran tinggi, dataran rendah, dan juga pantai.
  • Interaksi dan interdependensi, keterkaitan dan ketergantungan satu daerah dengan daerah lainnya untuk saling memenuhi kebutuhan hidup. Dalam fenomena kependudukan, interaksi sangatlah diperlukan , misalnya saja penduduk desa sebagai pemasok tenaga kerja dan penduduk kota sebagai pemasok bahan produksi untuk penduduk desa.

Bagaimana? Sudah jelaskan tentang geografi penduduk? Akan lebih matang lagi jika kalian membaca buku geografi penduduk. Belajar untuk persiapan ujian yuk dengan mengikuti tambahan belajar di bimbel muran dan berkualitas, seperti Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *