Menu Tutup

Ringkasan Materi Pembelajaran Geografi kelas 10 Semester 1

Belajar materi geografi SMA kelas 10

Pelajar IPS kelas 10 tak terasa sebentar lagi akan menghadapi ujian kenaikan kelas, pelajari materi geografi kelas 10 bersama-sama yuk. Geografi adalah salah satu mata pelajaran wajib yang harus dikuasai anak ips loh, karena mapel ini dijadikan bahan untuk ujian nasional nanti. Sudah siap hadapi berbagai ujian? Ujian di sekolah ya, bukan ujian hidup. Saya sarankan persiapkan belajar dari sekarang, untuk mempermudah belajarmu nanti ketika menghadapi ujian nasional. Karena bahan ujian nasional biasanya diambil dari materi-materi kelas bawah dengan prosentase yang berbeda-beda. Ketahui materi-materi geografi yang diajarkan di kelas 10, antara lain  materi geografi kelas 10 semester 1 bab 3 semester 1, mengenai hakikat geografi, sejarah pembentukan bumi, tata surya dan jagatraya. Ada loh materi geografi kelas 10 pdf yang bisa kalian pelajari sebagai bahan belajar di rumah.

Hakikat geografi

Apakah geografi termasuk pelajaran favoritmu? Jika iya yuk belajar lebih dalam mengenai hakikat geografi yang merupakan salah satu pelajaran geografi kelas 10 kurikulum 2013. Geografi sebuah nama yang tentunya memiliki sebuah arti. Seperti nama kalian tentu memiliki arti tersendiri. Coba kita lihat dulu dari sudut pandang bahasa, nama geografi berasal dari bahasa Yunani, diambil dari kata Geo yang berarti Bumi dan Graphein yang berarti menulis atau menjelaskan. Menurut para ahli, Prof. Bintarto menjelaskan bahwa geografi adalah ilmu yang menggambarkan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak yang khas dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Geografi memiliki 10 konsep diantaranya adalah jarak (pembatas alami antara dua wilayah), keterjangkauan (berkaitan dengan aksesibilitas), morfologi (bentuk muka bumi), keterkaitan ruang (hubungan penyebaran unsur dengan unsur lainnya), pola (fenomena geosfer), diferensiasi arel (mencermati corak yang dimiliki suatu wilayah), lokasi (menunjukkan tempat di permukaan bumi), aglomerasi (persebaran yang bersifat mengelompok), nilai kegunaan (manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah), dan interaksi atau interdependensi (hubungan timbal balik antara dua wilayah yang menimbulkan suatu gejala).

Beberapa ilmu sebagai penunjang geografi, diantaranya adalah geomorfologi (mengkaji bentuk dari permukaan bumi dan proses terbentuknya), meteorologi (mengkaji tentang cuaca), klimatologi (mempelajari tentang iklim), biogeografi (mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan), antropologi (mempelajari persebaran manusia), hidrologi (mempelajari fenomena air), oseanografi (mempelajari fenomena lautan), dan sebagainya.

Sejarah pembentukan bumi

Bumi adalah tempat dimana kita berpijak yang dijadikan sebagai tempat tinggal seluruh makhluk hidup. Bumi termasuk benda yang ada di jagat raya namun tidak muncul dengan sendirinya dalam bentuk yang sempurna. Terbentuknya bumi tentu melalui proses yang sangat panjang dan terus berkembang hingga saat ini. para ilmuwan mengemukakan pendapat bahwa proses terbantuknya bumi dimulai sejak bermiliar-miliar tahun yang lalu. Bumi merupakan sebuah planet yang bermula dari awan raksasa yang selalu berputar di antariksa. Awan-awan raksasa yang membentuk bola-bola yang menarik butir-butir debu dan gas. Dari bola-bola debu dan gas inilah awal mula terbentuknya Bumi, dan juga planet-planet serta bulan.

Seberapa dalamkah bumi itu? Diperkirakan bahwa jari-jari bumi sekitar 6.400 km, sedangkan lubang penggalian terdalam baru sekitar 5km. Sangat tidak mungkin jika kita menggali bumi untuk menembus bumi belahan lainnya ya. Bumi terdiri dari beberapa lapisan loh, apa saja? Lapisan bumi yang paling luar biasanya disebut kerak bumi, yang terdiri atas batuan-batuan basa dan masan yang memiliki berat jenis kira-kira 2,7 gram/cm3. Lapisan yang kedua adalah selubung bumi, yang memiliki ketebalan kira-kira 1.200 km dengan berat jenis 3,4 gram/cm3. Kerak bumi dan selubung bumi termasuk dalam lapisan litosfer.  Selanjutnya adalah inti bumi, yang tersusun dari nikel dan besi sehingga disebut sebagai lapisan nife (niccolum = nikel dan ferrum = besi).

Tata surya dan jagat raya  

Tata surya dan jagat raya juga merupakan materi geografi kelas 10 2019 yang perlu kalian pelajari. Jagat raya atau alam semesta adalah ruang yang sangat luas tanpa ada batasan yang menjadi tempat dimana benda-benda angkasa berada.  Salah satu teori pembentukan jagat raya adalah teori big bang. Dalam teori ini jagat raya terbentuk akibat adanya ledakan yang sangat besar. Awal mulanya hanya terdapat satu bintang yang sangat besar, kemudian meledak hingga menjadi materi-materi yang beragam dan membentuk planet, asteroid, dan bintang yang bisa kita lihat sekarang ini. Anggota tata surya terdiri dari asteroid, komet, meteor, matahari, planet. Planet dalam tata surya diantaranya adalah merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

Itulah sekilas ringkasan materi pembelajaran geografi kelas 10 semester 1, materi geografi kelas 10 kurikulum 2013 pdf bisa kalian unduh secara gratis untuk bahan belajar di rumah. Untuk persiapan pembelajaran di semester 2 bisa juga kalian unduh secara gratis materi geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 pdf. Tentunya sangat bermanfaat untuk mendalami materi geografi kelas 10 semester 2. Persiapkan diri kalian untuk mempersiapkan segala macam ulangan harian ataupun ulangan semester dengan belajar di bimbingan belajar Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *