Menu Tutup

Penjelasan dan Contoh Ruang Lingkup Geografi

Membahas ilmu geografi dan ruang lingkupnya

Sudah tahu contoh ruang lingkup geografi? Geografi merupakan suatu cabang keilmuan yang cakupannya cukup luas. Keterluasan inilah yang kemudian ruang lingkup geografi diklasifikasikan ke dalam beberapa aspek untuk memudahkan pemahaman kita terhadap ilmu geografi. Pasti diantara kalian ada yang bertanya-tanya, mengapa ilmu geografi memiliki pembahasan yang sangat luas ya? Coba kita lihat dari asal kata geografi yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo berarti bumi dan graphien berarti uraian/gambaran/tulisan. Maka dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang menguaraikan segala sesuatu yang terjadi di bumi, atau biasa disebut geosfer. Kesimpulannya adalah geografi ilmu yang mempelajari, menjelaskan, dan mengungkapkan tentang terjadinya peristiwa geosfer. Materi ruang lingkup geografi membahas semua gejala geosfer, mulai dari yang terjadi di muka bumi, ruang angkasa, bahkan interaksi antara kehidupan manusia dengan lingkungannya.

Ruang lingkup ilmu geografi

Apa saja 3 ruang lingkup bahasan geografi jelaskan dengan contoh? Oke kali ini ini saya akan membahas tentang ruang lingkup geografi beserta penjelasan dan contoh secara lengkap. Simak ya jangan sampai terlewatkan! Aspek-aspek dari ruang lingkup geografi meliputi:

  1. Geografi fisik

Geografi fisik merupakan ilmu geografi yang mempelajari berbagai kondisi fisik pada suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi. Ruang lingkup geografi fisik mencakup semua hal yang berkaitan dengan gejala alam yang terjadi di antroposfer (ruang angkasa), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), pedosfer (lapisan tanah), biosfer (lapisan kehidupan), dan litosfer (lapisan batuan).

Kajian geografi fisik melibatkan bantuan ilmu penunjang, diantaranya adalah ilmu astronomi untuk mengkaji antroposfer, meteorologi, klimatologi. Geofisika untuk mengkaji atmosfer. Hidrologi untuk mengkaji hidrosfer. Pedologi untuk mengkaji tanah. Biologi yang mencakup zoologi dan fitologi untuk mengkaji biosfer. Dan geologi untuk mempelajari litosfer.

Contoh geografi fisik antara lain adalah proses terjadinya hujan, proses pembentukan tanah, proses sedimentasi, dan perbedaan iklim berdasarkan garis bujur.

  1. Geografi sosial

Geografi sosial merupakan ruang lingkup dari ilmu geografi yang mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia secara lengkap dengan interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mencakup lingkungan ekonomi, budaya, maupun sosial.  Dapat dikatakan bahwa geografi sosial mempelajari tentang dampak dari aktivitas manusia terhadap suatu lingkungan, dan sebaliknya yaitu dampak lingkungan terhadap manusia.

Ada beberapa contoh dari kajian geografi sosial, antara lain pola pemukiman masyarakat daerah pesisir sungai, kepadatan penduduk di suatu wilayah yang terkait dengan relief permukaan tanah, pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

  1. Geografi regional

Geografi regional yaitu ruang lingkup geografi yang mempelajari topik khusus yang mencakup satu wilayah tertentu. Geografi regional dapat dianggap sebagai suatu bahasan menyeluruh dari aspek fisik dan sosial pada suatu wilayah, provinsi, negara, ataupun regional tertentu.

Contoh geografi regional antara lain adalah kepadatan penduduk di wilayah negara-negara ASEAN, pola persebaran masyarakat etnis Tionghoa di Asia Tenggara, dan persebaran curah hujan di Indonesia.

Struktur ilmu geografi

Berdasarkan pada kajiannya, struktur ilmu geografi dapat dibagi menjadi tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu geografi fisik, geografi manusia, dan geografi teknik.

  • Geografi fisik

Cabang pengetahuan geografi yang mempelajari tentang ruang di permukaan bumi. Terjadinya ruang diakibatkan oleh adanya interdependensi dan interaksi bentuk lahan. Geografi fisik lebih memfokuskan pada lapisan hidup di lingkungan fisik yang merupakan zona tipis yang ada di daratan maupun di lautan dimana di ruang tersebut terdapat kehidupan. Beberapa ilmu penunjang dari geografi fisik, yaitu meteorologi, klimatologi, oceanografi, hidrologi, hidrografi, geologi, geomorfologi, geografi tanah, ilmu tanah, biologi dan biogeografi.

  • Geografi manusia

Cabang ilmu pengetahuan geografi yang mempelajari tentang manusia di dalam ruang. Contoh geografi manusia antara lain aktivitas ekonomi politik, persebaran penduduk, dsb. Ilmu penunjang geografi manusia antara lain geografi ekonomi, geografi politik, geografi penduduk. Jelaskan ruang lingkup geografi ekonomi? Bidang kajian dari geografi ekonomi adalah struktur keruangan aktifitas ekonomi manusia yang menghuni suatu wilayah. Lalu, jelaskan ruang lingkup geografi penduduk? Objek kajian dari geografi penduduk mencakup aspek keruangan penduduk, mulai dari penyebaran, identitas, perbandingan jenis kelamin, perbandingan manusia dengan luas lahan, dll.

  • Geografi teknik

Cabang ilmu pengetahuan geografi yang lebih menonjol ke hal-hal teknis. Seperti analisis data, visualisasi data dalam bentuk peta, citra, diagram, dsb. Ada beberapa ilmu penunjang geografi teknik, yaitu kartografi, penginderaan jauh, dan SIG (sistem informasi geografi).

Belajar ilmu geografi sungguh menarik bukan? Yuk lebih giat belajar lagi untuk meningkatkan prestasi. Mau meningkatkan semangat belajar dengan mengikuti tambahan belajar? Di bimbel Nusa Caraka ajah!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *