Menu Tutup

Apa Itu Ruang Lingkup Geografi?

Mengenal ruang lingkup geografi

Ruang lingkup geografi merupakan fenomena yang terjadi di permukaan bumi dengan berbagai variasi organisasi keruangan. Studi tentang geografi tentunya mencakup analisis gejala manusia dan gejala alam. Maka dari itu dilakukan analisis persebaran, interelasi, dan interaksi fenomena atau masalah dalam suatu ruang. Cakupan ilmu geografi memanglah sangat luas, oleh sebab itu perlu adanya suatu batasan yang menjadi ruang lingkup tentang bahasan geografi. Materi ruang lingkup geografi akan kalian dapatkan ketika duduk di bangku SMA jurusan IPS khususnya.

Ruang lingkup geografi menurut para ahli

Ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai ruang lingkup geografi. Mau tahu selengkapnya? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Ruang lingkup geografi menurut Rhoads Murphy dalam bukunya yang berjudul “The Scope of Geography”, terdiri atas tiga hal, diantaranya adalah persebaran dan keterkaitan manusia di bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi tempat hidup manusia, hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik alam yang merupakan bagian dari kajian keanekaragaman wilayah, dan kerangka regional dan analisis wilayah yang berciri khusus.
  • Ruang lingkup geografi menurut Wiliam Kirk, mengatakan bahwa jika bumi dipandang dari segi teori lingkungan hidup, permukaan bumi dapat dikelompokkan menjadi 3 lingkungan, yaitu:
  1. Lingkungan fisik atau abiotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk tak hidup. Seperti tanah, udara, air dan sinar matahari.
  2. Lingkungan biologis atau biotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk hidup. Seperti binatang, tumbuh-tumbuhan, termasuk didalamnya adalah manusia.
  3. Lingkungan sosial adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berwujud tindakan ataupun aktivitas manusia baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun antar manusia.

Ruang lingkup geografi beserta contohnya

Definisi geografi yang cakupannya paling memadai sebagai ruang lingkup geografi adalah ilmu mempelajari tentang lokasi persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi. Sehingga ruang lingkup geografi terdiri dari tiga bagian, yaitu geografi fisik, geografi sosial, dan geografi regional. Apa saja contoh ruang lingkup geografi? Yuk simak penjelasan berikut:

  1. Geografi fisik

Membahas tentang geografi fisik berarti mempelajari tentang gejala-gejala alam di permukaan bumi. Meliputi, atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Gejala-gejala alam ini berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala hal tentang bumi, serta tentang proses-proses fisik yang terjadi di darat, laut maupun udara yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Ruang lingkup dari geografi fisik meliputi semua gejala alam yang terjadi di antroposfer, atmosfer, hidrosfer, pedosfer, biosfer, dan litosfer.

Contohnya adalah proses terjadinya hujan, proses siklus air, proses pembentukan tanah, dan perbedaan iklim berdasarkan garis bujur.

  1. Geografi sosial

Geografi sosial mempelajari tentang segala aktivitas kehidupan manusia di bumi dan interaksinya dengan lingkungan, baik lingkungan sosial, ekonomi, ataupun budaya. Sehingga bisa dikatakan bahwa geografi sosial (geografi manusia) mempelajari dampak dari aktivitas manusia terhadap lingkungan dan dampak lingkungan terhadap manusia. Konsep dan ruang lingkup geografi manusia mencakup ruang, proses, dan pola.

Contohnya adalah pola pemukiman masyarakat di daerah pesisir sungai, kepadatan penduduk di daerah terkait relief permukaan tanah, pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Salah satu percabangan dari geografi manusia adalah geografi ekonomi. Coba jelaskan ruang lingkup geografi ekonomi! Ada yang tahu? Di dalam geografi ekonomi mempelajari tentang interaksi mengenai lingkungan di permukaan bumi dan kegiatan ekonomi dalam bidang produksi, distribusi, dan konsumsi diberbagai sistem wilayah atau daerah. Ruang lingkup geografi ekonomi mencakup jumlah dan distribusi penduduk, peranan unit-unit politik, peranan ekonomi, peranan lingkungan budaya, peranan lingkungan alam, interaksi antar manusia, lokasi dan ukuran, ragam SDA dan manusia. Berbeda dengan ruang lingkup geografi penduduk yang mempelajari tentang fenomena demografi, populasi penduduk, mobilitas penduduk, dan struktur pekerjaan.

  1. Geografi regional

Geografi regional ini mempelajari tentang topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah ataupun wilayah tertentu. Geografi regional ini merupakan bahasan yang menyeluruh, baik dari aspek fisik maupun aspek sosial. Daerah atau wilayah yang biasanya diteliti berupa desa, kota, provinsi, daerah atau negara tertentu.

Contohnya adalah kepadatan penduduk di provinsis Jawa barat, persebaran curah hujan di Indonesia, pola persebaran masyarakat usia produktif di Asia tenggara.

Mau tahu lebih dalam tentang ruang lingkup geografi? Ruang lingkup geografi brainly menyediakan beberapa jawaban dari netizen yang berpartisipasi dalam membagi ilmu pengetahuan. Yuk tingkatkan semangat belajar dengan belajar di bimbel Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *