Menu Tutup

Belajar yuk! Ringkasan Materi UN Sosiologi SMA 2019

Siap hadapi UN sosiologi dengan giat belajar

Anak IPS siap hadapi ujian nasional dengan mempelajari ringkasan materi UN sosiologi SMA 2019. Ujian nasional seringkali membuat anak-anak kelas 3 merasa khawatir. Kekhawatiran tersebut hanya akan mengurangi kesiapan diri kalian. So, buang jauh-jauh rasa khawatir dan persiapkan diri kalian dengan belajar dan tentunya harus menjaga kondisi badan. Atur waktu belajar sebaik mungkin, kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat, kurangi aktivitas yang membuat lelah, dan tentunya jaga kondisi tubuh supaya tetap sehat. Karena sayang sekali jika hari H ujian nasional tidak bisa ikut hanya karena jatuh sakit. Sosiologi salah satu mata pelajaran yang dijadikan bahan dalam ujian nasional khususnya untuk anak IPS. Penting bagi kalian untuk terus mengasah kemampuan dengan mengerjakan latihan-latihan soal dari kumpulan soal un sosiologi sma dan pembahasannya. Dengan begitu, kalian akan lebih terbiasa dengan berbagai macam bentuk soal. Saya akan berbagai sedikit ringkasan materi UN sosiologi 2019.

Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji tentang masyarakat

Sosiologi merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa latin, socius (teman) dan logos (pembicaraan). Sehingga secara harfiah sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari atau menempatkan masyarakat sebagai objek studinya. Dengan cara menyoroti hubungan antar manusia dan proses dari sebab akibat yang ditimbulkan oleh adanya hubungan tersebut. Menurut Aguste Comte, sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya.

Beberapa metode yang sering digunakan dalam penelitian sosiologi adalah sebagai berikut:

  1. Metode statistik, digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat. Teknik yang digunakan ialah teknik perhitungan.
  2. Metode eksperimen, membandingkan percobaan pada dua kelompok.
  3. Metode induktif, mempelajari gejala yang khusus untuk memperoleh kaidah umum.
  4. Metode deduktif, mempelajari gejala umum untuk memperoleh kaidah yang khusus.
  5. Metode studi kasus, meneliti kebenaran dari suatu peristiwa tertentu.
  6. Metode survei, metode ini menggunakan angket, wawancara maupun observesi lapangan untuk memperoleh data dari kehidupan masyarakat secara langsung.
  7. Metode partisipasi, mengadakan penilitian terhadap kelompok.
  8. Metode empiris dan rasionalistis, menyandarkan diri pada fakta dan mengutamakan pemikiran sehat untuk memahami masalah sosial yang dikaji.
  9. Metode studi pustaka, pengumpulan data dengan mengambil data atau keterangan dari buku literatur di perpustakaan.

Pelajari juga latihan-latihan soal un sosiologi 2019 pdf. Selain materi mempelajari berbagai macam latihan-latihan soal UN juga sangat penting loh kawan!

Interaksi sosial

Seperti yang kita ketahui bahwa, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial terjadi karena adanya dua hal yaitu kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial bisa terjadi secara langsung dan tidak langsung. Kontak sosial yang terjadi secara langsung atau tatap muka disebut dengan kontak primer. Sedangkan kontak sosial yang terjadi secara tidak langsung atau melalui perantara disebut dengan kontak sekunder.

Komunikasi adalah penyampaian dari pihak satu ke pihak lainnya. Interaksi sosial akan berlangsung melalui proses asosiatif atau disosiatif. Proses asosiatif mengarah pada kerja sama dan bentuknya berupa asimilasi, akomodasi, akulturasi, dan kerja sama. Sedangkan, proses disosiatif cenderung mengarah pada timbulnya perpecahan. Bentuknya meliputi kompetisi, konflik, dan kontravensi. Proses interaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain imitasi, identifikasi, sugesti, simpati, motivasi, dan empati. Untuk lebih memahami materi ini perlu bagi kalian untuk berlatih soal un sosiologi 2019 dan kunci jawaban.

Nilai dan norma sosial

Nilai merupakan konsepsi abstrak tentang sesuatu yang berharga dalam diri setiap manusia tentang baik dan buruk. Menurut Prof.Dr. Notonegoro, secara umum nilai dibagi menjadi tiga macam yaitu nilai vital, material, dan kerohanian. Nilai material yakni segala sesuatu yang berguna bagi fisik manusia. Nilai vital yaitu segala sesuatu yang berguna untuk mengadakan kegiatan. Sedangkan nilai kerohanian yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai sosial memiliki beberapa fungsi dalam masyarakat, antara lain adalah menyumbang seperangkat alat untuk menetapkan harga sosial dari suatu kelompok, mengarahkan masyarakat untuk berfikir dan bertingkah laku, dan menjadi alat solidaritas di kalangan anggota kelompok masyarakat.

Norma sosial merupakan patokan perilaku manusia dalam kehidupan masyarakat. Norma sosial memiliki bebrapa fungsi antara lain adalah untuk memberi batasan berupa perintah atau larangan dalam berperilaku, memaksa individu untuk menyesuaikan dirinya dengan nilai yang berlaku di kehidupan masyarakat, dan menjaga solidaritas antar anggota masyarakat.

Menarik bukan belajar sosiologi? Yuk belajar latihan-latihan soal un sosiologi 2019. Apa sih manfaatnya? Banyak loh, dengan mengerjakan latihan soal un sosiologi 2019 dan pembahasannya, akan membuatmu terbiasa menghadapi soal-soal yang akan keluar di ujian nasional nanti. Yuk persiapkan diri kalian menghadapi soal unbk sosiologi 2019 dengan belajar di bimbingan belajar Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *