Menu Tutup

Pelajari Lebih Jauh Tentang Ilmu Geografi

Kenali fenomena alam dengan belajar geografi

Pernah mendengar kata geografi? Bukan hal asing lagi bagi siswa jurusan IPS, karena geografi adalah salah satu mata pelajaran wajib di jurusan IPS. Dasar-dasar geografi sudah kalian pelajari di bangku SMA kelas X. Mulai dari mempelajari pengertian geografi, ruang lingkup geografi, konsep dasar geografi, dan objek studi geografi. Materi-materi tersebut merupakan materi geografi kelas 10. Jika kalian sudah menguasai materi geografi dasar tersebut tentu akan memudahkanmu untuk mempelajari ilmu geografi dengan cakupan lebih luas lagi.

Pengertian goegrafi

 

Dilihat dari segi bahasa, Geografi diambil dari kata “Geo” dan “Graphein” yang berarti bumi dan tulisan. Definisi geografi adalah studi tentang gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan dalam lingkup interaksi dan keruangan. Lalu bagaimana menurut para ahli? Menurut Fred K. Schaefer, menyatakan bahwa, “Geography has to be conceived as the science concerned with the formulation of the laws (geografi harus dimaknai sebagai ilmu yang berkaitan dengan perumusan hukum-hukum) governing the spatial distribution of certain features on the surface of the earth (yang mengatur distribusi keruangan unsur-unsur tertentu di muka bumi).”

Ruang lingkup geografi

Tahukah kamu pengertian ruang lingkup geografi? Geografi mempelajari segala sesuatu yang terjadi di bumi ini. Dengan ilmu geografi kamu bisa mempelajari kenapa air bisa mengalir, angin bisa berhembus, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi di bumi. Segala sesuatu yang terjadi di bumi dikenal dengan sebutan geosfer. Sesungguhnya geografi mempelajari, menjelaskan, dan mengungkapkan mengapa geosfer bisa terjadi.

Untuk memudahkan kita dalam mempelajari ilmu geografi yang begitu luas, maka dibuatlah ruang lingkup geografi.

  1. Pengungkapan kejadian yang terjadi di bumi. Seperti bagaimana terbentuknya stalaktit dan stalakmit di dalam gua.
  2. Meneliti sebab dan akibat dari suatu gejala. Seperti mempelajari kenapa gempa bumi itu dapat terjadi, mengapa gempa bumi yang terjadi di laut bisa menimbulkan tsunami.
  3. Mempelajari persamaan dan perbedaan segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi.
  4. Mempelajari penyebaran suatu kejadian atau gejala.
  5. Pemecahan masalah geografi yang dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan kewilayahan.

Struktur ilmu geografi

Struktur ilmu geografi terbagi menjadi geografi fisik, geografi manusia, dan geografi teknik. Geografi fisik mempelajari bentang lahan yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk suatu lahan. Pencabangan dari geografi fisik antara lain geologi, geomorfologi, meteorologi dan klimatologi, hidrologi, oceanografi, biogeografi, kosmografi, dan pedologi. Geografi manusia adalah cabang geografi yang mempelajari aspek keruangan yang dijadikan sebagai tempat terjadinya aktivitas manusia. Geografi manusia lebih mempelajari tentang social life manusia. Contoh geografi manusia antara lain geografi ekonomi, pemukiman, politik, dan sosial. Geografi teknik membahas tentang keahlian teknis dalam mempelajari geografi seperti pemetaan, penginderaan jauh, dan lain-lain.

Geografi sosial merupakan studi dan analisis geografi yang meliputi analisa gejala manusia dengan gejala alam,  serta analisa penyebarannya, interelasinya, interaksinya dalam satu ruang kajian. Geografi sosial merupakan cabang studi dari geografi manusia. Menurut Watson (1957) geografi sosial adalah suatu identifikasi daerah yang berdasarkan dengan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkunagn secara menyeluruh. Konsep dari geografi sosial ada tiga macam, yaitu ruang, proses, serta pola. Adapun contoh kajian geografi dalam ruang lingkup geografi sosial antara lain pemukiman masyarakat dipinggiran sungai, kepadatan penduduk disuatu wilayah.

Objek geografi

Objek kajian ilmu geografi dibagi menjadi dua macam, yaitu material dan formal. Objek material geografi merupakan merupakan bahan kajian untuk mempelajari geografi, yang meliputi aspek fisik (seperti tanah, air, udara, hewan, tumbuhan, dll) dan aspek sosial (manusia dan segala bentuk persebarannya). Sedangkan objek formal, merupakan suatu cara pandang keruangan yang dituangkan dalam konsep-konsep geografi (yang menjadi objek bukanlah benda atau metarial, melainkan fenomena keruangan). Studi geografi menganalisis lokasi, persebarannya di permukaan bumi, dan saling keterkaitan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya.

Nah begitulah kawan, sedikit penjelasan tentang ilmu geografi. Semoga banyak ilmu bermanfaat yang bisa diambil. Jangan lupa ikuti tambahan belajar di bimbel murah dan berkualitas. Dimana itu? Tentunya di bimbel  Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *