Menu Tutup

Rangkuman Materi Sosiologi SMA Kelas 11 semester 1

Kamu anak sosial kelas 11? Yuk pelajari materi sosiologi

Membahas tentang materi sosiologi SMA kelas 11, ini bakal menjadi hal sangat asik dan menarik nih. Dimana kamu bisa mengkaji materi sosiologi kelas 11 k13 tentang struktur, diferensiasi, dan stratifikasi sosial, konflik sosial dalam masyarakat, mobilitas sosial, dan kelompok sosial. Sosiologi merupakan salah satu ilmu sosial yang berbicara mengenai kehidupan sosial masyarakat. Ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil setelah mempelajari ilmu sosiologi. Dengan adanya sosiologi maka kita akan semakin memahami norma, tradisi, keyakinan dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain, serta adanya perbedaan-perbedaan yang menimbulkan adanya suatu konflik sosial yang terjadi. Sebagai generasi penerus bangsa penting bagi kita untuk mempelajari ilmu sosiologi guna untuk membuat kita lebih kritis, tanggap dan rasional dalam menghadapi gejala-gejala sosial yang terjadi seperti sekarang ini. Dengan begitu kita mampu untuk mengambil sikap dan tindakan yang tepat dan akurat terhadap setiap situasi sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Bab 1. Struktur, stratifikasi, dan diferensiasi sosial

Struktur Sosial

Berbicara mengenai struktur sosial tentu ini merupakan materi sosiologi kelas 11 bab 1. Pasti diantara kalian masih ada yang bertanya-tanya tentang “apa sih struktur sosial itu?”Struktur sosial merupakan suatu tatanan dalam kehidupan masyarakar. Tatanan yang dimaksud disini adalah adanya hubungan timbal balik antara status dan peranan yang menunjukkan perilaku seseorang dalam kehidupan masyarakat. Ciri-ciri struktur sosial mencakup lima hal, diantaranya adalah bersifat abstrak, terdapat dimensi vertikal dan horizontal, berfungsi sebagai landasan dari proses sosial suatu masyarakat, bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan pola hubungan dalam masyarakat, struktur sosial selalu berkembang dan dapat berubah-ubah. Struktur sosial bisa terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa unsur diantaranya adalah status sosial, peranan sosial, kelompok sosial, dan institusi atau lembaga negara.

Stratifikasi Sosial

Startifikasi sosial diartikan sebagai pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal dan diwujudkan dari tingkatan masyarakat paling tinggi sampai paling rendah. Pembentukan stratifikasi didasari oleh beberapa hal, yaitu kekayaan, kekuasaan, keturunan, dan pendidikan. Dilihat dari sifatnya stratifikasi sosial meliputi tiga macam pelapisan sosial. Diantaranya adalah pelapisan sosial tertutup (membatasi seseorang untuk berpindah strata), pelapisan sosial terbuka (tidak membatasi seseorang untuk berpindah strata), dan pelapisan sosial campuran (campuran dari pelapisan sosial terbuka dan tertutup).

Diferensiasi Sosial

Selanjutnya adalah diferensiasi sosial yang mengelompokkan warga masyarakat secara horizontal berdasarkan kesamaan ciri-ciri tertentu. Meliputi ciri fisik (warna kulit, bentuk hidung), ciri sosial (perbedaan pekerjaan, peranan, prestise, kekuasaan), dan ciri budaya (perbedaan pandangan hidup). Untuk mengetahui lebih dalam tentang Materi sosiologi kelas 11 pdf dapat kalian unduh secara gratis dan sangat menguntungkan bagi siswa kelas 11 untuk memahami salah satu mapel ips ini.

Bab 2. Konflik sosial dalam masyarakat

Poin selanjutnya saya akan membahas materi sosiologi kelas 11 bab 2 tentang konflik sosial yang terjadi di masyarakat. Pernahkah kamu mendengar kata konflik? Dalam sebuah kerja kelompok tentu sering terjadi perbedaan pendapat antar anggota, perbedaan pendapat inilah yang memacu terjadinya sebuah konflik sehingga terjadi perdebatan. Dapat disimpulkan bahwa konflik merupakan pertentangan pendapat antara orang-orang, kelompok-kelompok, maupun organisasi-organisasi yang berbeda pendapat, keyakinan, dan kepentingan.

Bentuk-bentuk dari konflik diantaranya yakni konflik pribadi (terjadi antara 2 orang tentang masalah pribadi), konflik rasial (kelompok ras yang berbeda kepentingan), konflik politik (menyangkut golongan-golongan masyarakat), konflik antar kelas sosial (adanya perbedaan kepentingan), konflik ideologis (perbedaan ideologis), dan konflik internasional (kelompok negara memiliki kepentingan yang berbeda).

Bab 3. Mobilitas sosial

Mobilitas sosial adalah bentuk perubahan kedudukan individu atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial yang lainnya. Jenis-jenis mobilitas mencakup tiga jenis antara lain mobilitas vertikal (perpindahan starata yang tidak sederajat) contohnya karyawan menjadi manager, mobilitas sosial horisontal (perpindahan strata yang sederajat), dan mobilitas sosial antar generasi. Mobilitas sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah status sosial yang merupakan pembawaan dari orang tua, keadaan ekonomi, situasi polotik, motif-motif keagamaan, masalah kependudukan, dan urbanisasi. Adapun faktor yang menghambat mobilitas sosial yaitu perbedaan ras dan agama, diskriminasi kelas terbuka, kelas-kelas sosial, kemiskinan, dan perbedaan gender dalam masyarakat.

Bab 4. Kelompok sosial dalam masyarakat

Kali ini saya akan membahas tentang materi sosiologi kelas 11 kelompok sosial. Alasan mengapa manusia saling membutuhkan satu sama lainnya, ini akan menjadi sebab adanya kelompok sosial. Adanya keterikatan dan ketergantungan antara manusia satu dengan manusia yang lainnya, maka akan mendorong manusia untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat, yang biasanya disebut dengan kelompok sosial. Dalam proses pembentukan kelompok sosial tak lepas dari adanya keinginan manusia sebagai makhluk sosial untuk hidup dan berinteraksi bersama. Adanya unsur kesamaan dalam hal kepentingan, darah dan keturunan, daerah asal, bahasa dan kebudayaan, yang menjadi latar belakang terbentuknya suatu kelompok sosial.

Nah gimana, mudah kan mempelajari ilmu sosiologi? Untuk materi sosiologi kelas 11 semester 2 akan saya bahas di konten selanjutnya ya, jangan sampai kelewatan! Era digital sekarang ini sangat memudahkan pelajar untuk mencari materi pelajaran secara online, mudah saja bagi siswa untuk mengunduh materi sosiologi kelas xi semester 1 pdf tak perlu jauh-jauh ke toko buku karena kecanggihan teknologi akan memudahkan segala kegiatan kita, termasuk dalam hal belajar. Bahkan materi sosiologi kelas xi kurikulum 2013 revisi juga ada loh. Belajar jadi lebih mudah kan? Apalagi materinya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Mau tambahan belajar berkualitas? Atau ingin mendalami ilmu sosiologi? Yuk daftarkan diri segera di bimbel Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *