Cara Ampuh Belajar Materi Kimia

Bagaimana sih Cara Memahami Materi Kimia yang katanya Sulit

Materi kimia merupakan materi baru di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan program IPA. Dulu pada waktu duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak di jelaskan tentang ilmu kimia. Jadi materi atau pelajaran kimia sangat awam untuk pemula masuk SMA dengan program IPA. Di bangku SMA tidak hanya membuka program IPA saja melainkan ada program IPS dan Program Bahasa.untuk siswa yang suka menghafal bisa masuk ke program IPS dengan mata pelajaran pilihan geografi, sosiologi dan akuntansi. Sedangkan untuk siswa yang gemar menganalisa atau urnalis bisa masuk ke program bahasa. Untuk program IPA ssendri di bedakan menjadi tiga mata pelajaran pilihan yakni kimia, fisika, dan biologi. Sebelum masuk ke jurusan, maka harus lebih dahulu mengenal diri sendiri, lebih sesuai IPA, IPS, atau bahasa.

Bingung kalau Program IPA mau Pilih Mapel Pilihan Apa?

Dari ketiga mata pelajaran pilihan program IPA, lebih asyik ambil mata pelajaran kimia. Mengapa? Karena belajar kimia banyak memberi pengalaman dengan mengajarkan beberapa  tes percobaan. Perlu mempelajari materi kimia dasar untuk pegangan atau bahan sebelum melaksanakan praktek. Mungkin fisika dan biologi dasar sudah diterapkan di SMP bahkan jenjang SD pun sudah mulai dikenalkan. Namun, untuk ilmu kimia sendiri dasarnya baru mulai dikenalkan pada materi kimia  kelas 10 bab 1. Pengenalan kimia dasar yaitu seperti pengenalan dan penggunaan alat-alat laboratorium, model dan struktur atom, konfigurasi elektron, dan letak unsur. Selain itu juga ada pengenalan tata nama senyawa organik dan anorganik, dan yang terakhir persamaan dan penyertaan reaksi kimia.

Apa Saja Yang Akan Dipelajari Setelah Memilih Mata Pelajaran Pilihan Kimia

Kimia SMA dibagi menjadi beberapa lingkup materi, selain kimia dasar masih ada empat lingkup materi yang harus dipelajari. Empat lingkup materi kimia diantaranya yaitu ada kimia analisis, kimia fisik, kimia anorganik, dan kimia organik. Lingkup materi kimia analisis memahami pengenalan teknik pemisahan atau pemurnian di laboratorium, larutan (non)-elektrolit dan daya hantar listrik, dan lainnya. Untuk kimia fisik mengenai termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, pengelompokan berbagai tipe sistem koloid, dan lain sebagainya. Berbeda dengan pembahasan sebelumya, kimia anorganik membahas tentang hubungan antar molekul, unsur golongan utama, manfaat pembuatan senyawa dalam kehidupan sehari-hari. Dan lingkup materi yang terakhir adalah kimia organik salah satunya proses pembentukan pemisahan fraksi minyak bumi dan pembakaran hidrokarbon. Keempat lingkup materi kimia bisa dipelajari dalam konteks kehidupan sehari-hari atau industri. Ini yang menjadi keseruan saat mengambil mata pelaaran pilihan kimia berbeda dengan mapel lainnya.

Tidak Menjadi Bebankah Jika Memlilih Mata Pelajaran Kimia?

Sudah di jelaskan sebelumnya, keempat lingkup materi kimia tersebut dapat di pelajari sesuai silabus dan indikator masing-masing. Kimia dasar di pelajari pada kelas 10 semseter 1 dan materi kimia kelas 10 semester 2. Selain kimia dasar akan di pelajari pada materi kimia kelas 11 semester 1 dan semester 2. Tidak hanya kelas 11 saja kelas 12 pun juga mempelajari lingkup materi kimia dan mengulang kembali dari kimia dasar. Materi kimia tidak akan menjadi beban karena semua lingkup materinya dapat dikaitkan dengan konteks sehari-hari. Selain dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dikaitkan dengan industri pangan, listrik dan lain sebagainya. Hafalannya pun berbeda dengan biologi yang banyak nama ilmiah atau nama biologi. Hafalan untuk materi kimia contohya unsur golongan utama, nama molekul dan senyawa hanya memakai rumus akan tahu nama senyawanya.

Belajar Kimia Asyik Santai Tapi Masuk Keotak

Sekarang teknologi sudah sangat canggih, dengan bermodalkan internet semua jadi mudah. Semua materi di sekolah sudah ada dalam internet, seperti di internet materi kimia pdf maupun dalam bentuk dokumen ada. Videonya pun juga sudah banyak hanya mengetik bab yang akan dipelajari makan akan muncul sendiri rekomendasinya. Selain internet, jika menginginkan tentor atau guru privat mencari di google lebih mudah dengan tentor datang ke rumah siswa. Untuk di daerah solo raya belajar dengan situasi menyenangkan dan nyaman rekomendasinya hanya di bimbel Nusa Caraka. Mengapa harus Nusa Caraka? Karena, satu kelas diisi maksimal 10 orang selain itu tentor yang asyik dan lulusan dari PTN favorit. Jadwalpun bisa disesuaikan dengan kelonggaran siswa dan yang pasti harganya lebih terajangkau dari bimbel lainnya. Seventh education telah buka cabang di solo raya seperti Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar. Jangan sampai lewatkan karena saat ini masih ada promo menarik.

Dian Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *