Sesusah Apa Sih Fisika Itu? Mari Belajar Bersama

Belajar Fisika Itu Susah?

Fisika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit diantara mata pelajaran lainnya. Bahkan sebagian orang beranggapan fisika jauh lebih susah dari pada matematika. Anggapan tersebut mungkin ada benarnya juga, karena fisika mencakup berbagai aspek khususnya di jurusan IPA. Orang yang pintar dalam bidang matematika belum tentu pintar juga dalam menghadapi soal-soal fisika. Terkadang, dalam menyelesaikan soal fisika dibutuhkan tak hanya satu rumus saja, bisa jadi harus menggabungkan beberapa rumus untuk satu soal. Itulah kenapa fisika seringkali dicap sebagai mata pelajaran yang rumit. Butuh pemahaman lebih dalam untuk menyelesaikan tipe-tipe soal pada mata pelajaran ini. Namun kita harus ubah mindset kita dulu agar bisa lebih mudah mempelajari materi fisika.

Mari Kita Berkenalan dengan Fisika

Pertama-tama mari kita kenali terlebih dahulu definisi fisika. Akar definisi fisika berasal dari Yunani, yang dalam bahasa tersebut berarti “Alam”. Jadi, fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan gejala benda-benda di alam. Definisi tersebut juga yang membuat fisika dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang mendasar. Ilmu pengetahuan datang bermula dari interikasi antara manusia dengan alam, dan interaksi tersebut dipelajari dalam fisika. Terkadang sebagian dari kita membuat bahan lelucon tentang fisika bahwa fisika itu ilmu yang iseng. Dianggap iseng karena apa-apa dihitung, buah jatuh dihitung, roda berputar dihitung, dan lain sebagainya. Tentu itu hanya candaan semata, karena dasarnya fisika mempelajari perilaku dan struktur benda, terutama benda mati.

Jangan Cuma Hafal Rumusnya, tapi Pahami Konsepnya

Hakikat fisika yaitu kumpulan dari ilmu pengetahuan, cara menyelidiki, dan cara berpikir. Pelajaran fisika bukan tentang hafalan rumus, namun tentang bagaimana kita mempelajari konsepnya. Dengan memahami konsep yang baik dan benar kita akan dapat mengaplikasikan rumus ke dalam soal. Terkadang mungkin dari kita bingung untuk memahami soal sehingga bingung juga kita harus menggunakan rumus yang mana. Nah, itulah pentingnya memahami konsep dari ilmu fisika. Sebagai contoh, pelajaran fisika kelas 10, kita diajarkan tentang ilmu-ilmu fisika dasar seperti tentang gerak lurus beraturan. Untuk mencari jarak tempuh (s) yaitu dengan cara mengalikan antara kecepatan (v) dengan waktu tempuh (t). Dari konsep itu juga bisa kita ketahui bahwa untuk mencari waktu tempuh (t) yaitu dengan cara membagi jarak tempuh (s) dengan kecepatan (v).

Belajar Fisika Menyenangkan di Bimbel

Untuk memahami konsep dari fisika tentu saja membutuhkan pembelajaran yang intensif dan mendalam. Jangan sampai fisika menjadi momok menakutkan saat menghadapi ulangan harian, ujian akhir semester, maupun ujian nasional. Belajar fisika di bimbel bisa menjadi solusi untuk memahami fisika dan bisa mendapatkan manfaat fisika dengan lebih baik. Belajar fisika bermanfaat kita bisa berpikir semakin logis, dan memahami fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita. Dengan belajar fisika di bimbel, tentunya kita berharap agar nilai kita di sekolah dapat terdongkrak. Dalam menghadapi setiap soal ujian pun nyali kita diharapkan tidak akan menjadi ciut. Tapi, yang paling penting kita harus tahu bimbel mana yang paling baik untuk kita dan unggul di berbagai macam aspek.

Yuk Ikut Les Fisika di Nusa Caraka

Belajar di bimbel membuat kita lebih aktif karena interkasi dengan tentor yang tentunya lebih friendly sehingga kita tidak perlu canggung. Kita juga bisa menanyakan tentang konsep ke tentor secara berulang-ulang agar kita paham dan hafal konsep dari fisika. Sekali lagi, konsep itu sangat penting, termasuk ilmu fisika dasar. Les di bimbel juga lebih nyaman karena jumlah muridnya dibatasi, semua bisa terlibat dalam diskusi, termasuk diskusi dengan tentor. Untuk bimbel yang memiliki itu semua adalah bimbel SEVENTH EDUCATION (SE). Selain memiliki semua kenyamanan itu SE juga mempunyai tentor yang bersahabat, dekat dengan siswa. Tentunya tentor tersebut merupakan lulusan dari kampus ternama. Terlebih lagi, fasilitas dan program di SE sangat lengkap, jadi tidak perlu ambil pusing, mari belajar fisika bersama SE.

Muhammad Syihabuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *