Menu Tutup

Belajar Sosiologi SMA? Apa Pentingnya

Belajar Sosiologi SMA itu penting untuk anak IPS 

Anak IPS belajar sosiologi SMA? Sudah biasa, ini salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh anak sosial. Sosiologi termasuk ke dalam rumpun ilmu sosial yang ada pada penjurusan di SMA jika siswa masuk di program jurusan IPS. Dimana sosiologi ini sangatlah penting bagi kehidupan bermasyarakat. Perlu kita sadari bahwa sebagai makhluk sosial wajib bagi kita untuk saling berinteraksi dengan orang lain dalam bermasyarakat. Sebagai induvidu tentu tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Sebagai anggota masyarakat yang baik tentu harus menjalin hubungan dengan masyarakat lain. Maka dari itu sosiologi menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh anak sosial. Sosiologi juga termasuk mata pelajaran yang diujikan di ujian nasional. Ngomong-ngomong soal anak sosial, dulu saya juga alumni anak sosial loh. Saya merasakan bahwa sosiologi memanglah mata pelajaran penting yang harus dipelajari. Selain untuk kebutuhan berinteraksi dengan orang lain, namun dengan adanya sosiologi saya mengetahui nilai, norma, perubahan sosial, modernisasi bahkan sampai globalisasi.

Sosiologi untuk kepentingan kehidupan bermasyarakat

Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik yang disebabkan oleh adanya aneka macam gejala sosial. Gejala sosial disini misalnya adanya gejala hukum dengan moral, ekonomi dengan agama, hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik, dan lain sebagainya. Masyarakat berperan sebagai objek utama dalam kajian sosiologi. Sosiologi bisa dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi manusia dalam masyarakat ataupun kelompok. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, sehingga dibutuhkan adanya interaksi timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan mempelajari ilmu sosiologi kita akan lebih mengkaji berbagai macam gejala sosial, struktur kemasyarakatan dan proses berlangsungnya kehidupan bermasyarakat. Sosiologi bukan hanya mengkaji masyarakat desa yang kental akan nilai kekeluargaan namun juga mengkaji masyarakat perkotaan dengan berbagai gejala sosial yang timbul. Penyimpangan-penyimpangan sosial juga akan dibahas dalam mata pelajaran ini. Bagaimana, menarik kan mempelajari ilmu sosiologi?

Sosiologi perlu dipelajari anak IPS

Ketika menginjak sekolah menengah atas tentu kita disuguhkan dengan matapelajaran sosiologi, khususnya untuk siswa IPS karena ini adalah salah satu mata pelajaran wajib di jurusan sosial. Untuk mengkaji lebih dalam tentang pelajaran sosiologi bisa kalian download ringkasan materi sosiologi sma pdf. Dari ringkasan materi tersebut kalian bisa belajar materi pelajaran IPS SMA dengan mudah khususnya untuk mata pelajaran sosiologi. Kecanggihan teknologi akan memudahkan kita untuk mengunduh materi pelajaran tanpa harus pergi ke toko buku untuk mencari materi tambahan yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Misalkan kalian ingin mengetahui materi tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat, yang merupakan salah satu materi sosiologi SMA kelas 10. Bisa kita unduh secara gratis dalam bentuk pdf, yaitu “sosiologi kelas 10 pdf”. Kenapa harus malas belajar? Banyak sarana yang dapat kita manfaatkan untuk menambah wawasan materi tentang pelajaran yang akan dikaji.

Sosiologi diujikan dalam Ujian Nasional

Pelajaran sosiologi SMA kelas 12 mencakup berbagai materi yang harus dikuasai oleh siswa. Seperti yang sudah saya bahas dalam konten di atas, bahwa sosiologi merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di ujian nasional. Materi UN Sosiologi SMA 2018 yang diujikan mencakup materi yang telah dipelajari dari kelas X, XI, dan XII, dengan prosentase yang berbeda-beda. Jadi bagi kalian pelajar IPS yang sedang berada di kelas 12, jangan melalaikan kelas 10 dan 11 ya. Materi sosiologi sma kelas 11 mencakup materi pelajaran tentang struktur sosial dan diferensiasi sosial, stratifikasi sosial, konflik dan integrasi sosial, mobilitas sosial, kebudayaan dan multikulturalisme, dsb. Perlu juga kalian mengulang kembali materi sosiologi SMA kelas 10 k13, guna untuk mempersiapkan ujian nasional supaya lebih matang.

Persiapan ujian nasional terkadang kurang lengkap bila tidak mengikuti tambahan belajar di bimbingan belajar. dengan bimbingan sang mentor tentu akan lebih memudahkan kita dalam memahami materi pelajaran yang akan diujikan di UN. Yuk ikuti bimbingan belajar Nusa Caraka. Solusi mudah untuk belajar lebih optimal.

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *