Menu Tutup

Kumpulan Materi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Berbagai materi bahasa inggris yang wajib dipelajari pemula

Berniat untuk belajar bahasa inggris? Sudahkah mempelajari materi belajar bahasa inggris untuk pemula? Wajib memang hukumnya bagi pemula untuk memahami dan menguasai materi bahasa inggris sedikit demi sedikit dan lama-lama menjadi bukit. Artinya semakin meruncing ilmu yang dikuasainya dan semakin fasih berbahasa inggrisnya. Materi yang seperti apakah yang wajib dikuasai bagi pemula? Tentunya mempelajari materi dasar terlebih dahulu. Dari materi dasar maka akan lebih memudahkan untuk mempelajari materi ke tingkat yang lebih sulit. Belajar bahasa inggris dasar tentu dibutuhkan ketekunan untuk terus berlatih. Kembali lagi ke sebuah proses yang harus kamu lalui. Ingat kata pepatah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil. Jangan menjadi pemalas yang enggan untuk berusaha tapi memiliki keinginan yang tinggi. Ibaratnya seperti menggapai bintang dilangit yang tak akan sampai.  Untuk belajar bahasa inggris dasar lebih detailnya bisa kalian cari materi bahasa inggris untuk pemula pdf.

Materi bahasa inggris untuk pemula

Materi belajar bahasa inggris otodidak sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar bahasa inggris dirumah. Berikut beberapa materi dasar yang perlu dikuasai oleh pemula.

  • Pronoun (kata ganti)

Pronoun merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda (noun) yang berupa nama orang, hewan, benda, dan tempat. Pronoun bagian dari part of speech yang terdiri dari 8 macam, yaitu:

Jenis pronoun

Contoh kalimat

Personal pronoun yaitu kata ganti orang, hewan, benda atau tempat yang kata gantinya berupa subjek, objek, ataupun possesive. Yang terdiri dari (I, You, We, They) I like playing football.
Demonstrative pronoun merupakan kata ganti yang bergantung dari jarak ataupun jumlah (these, those, this, that) This book is heavy.

 

Those houses are clean.

Interogative pronoun, kata ganti digunakan untuk bertanya (which, what, where, when) What do you mean?
Relative pronoun, kata ganti yang mengawali relative clause (which, that) I love the boy that wears red cloth.
Indefinite pronoun, kata ganti yang tidak spesifik atau umum. (everybody, every people) Everybody in this party are happy.
Reflective pronoun, kata ganti yang menerima tindakan dari subjek (my self, your self, our self) I will buy myself a skirt.
Intensive pronoun, untuk memberikan penekanan pada pronoun He hisself promises to comes here.
Reciprocal pronoun, kata ganti dimana dua subjek atau lebih melakukan aksi yang sama. (each other, one other) We love each other.
  • Tobe

Kata kerja bantu yang terdiri dari (am, is, are) dimana masing-masing tobe tersebut memiliki pasangan dengan subjeknya (I, You, We, They, He, She, It). Coba perhatian tabel di bawah ini:

Subject

Tobe

I

am
You

are

We

are

They

are
She

is

He

is

It

is

  • Vocabulary (kosa kata)

Memperbanyak kosa kata akan memudahkan kalian untuk berbicara bahasa inggris. Belajar bahasa inggris percakapan akan lebih mudah dilakukan bila kamu sudah menampung segudang kosa kata. Memperbanyak kosa kata bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah. Salah satunya adalah dengan media musik. Dari sebuah lagu tentu kamu akan mendapatkan banyak kosa kata baru. Apalagi mendengarkan musik adalah hobi kalian, tentu lebih semangat nih belajar bahasa inggrisnya. Bagaimana caranya? Pilihlah lagu barat yang pelafalannya mudah dipahami, karena ada sebagian lagu yang pelafalannya cukup sulit untuk dimengerti bagi pemula. Pahami liriknya lagu catat kosa kata yang belum dipahami. Kemudian cintai google translate, ini salah satu sarana yang akan membantumu untuk menemukan terjemahan dari kosa kata tersebut. Ingat ya jangan hanya fokus untuk menghafalkjan saja, cobalah untuk membuat kalimat sederhana dari kosa kata tersebut. Eitss jangan sampai lupakan grammar ya. Belajar bahasa inggris dasar grammar juga penting loh. Masak iya bahasa tanpa tata bahasa, acak-acakan dong kalimatnya.

Materi bahasa inggris untuk anak-anak   

Tak heran jika sekarang ini banyak anak-anak kecil yang sudah bisa menyebutkan beberapa kosa kata dalam bahasa inggris. Bahkan sebagian orang tua antusias sekali untuk mendaftarkan anaknya untuk mengikuti kursus bahasa inggris. Perkembangan jaman yang semakin modern menjadi cambuk untuk orang tua dalam mendukung kemajuan anaknya. Materi kursus bahasa inggris anak lebih ke materi dasar untuk pengenalan huruf alfabet, nama-nama hari, bulan, benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, dan lain-lain. Modul kursus bahasa inggris untuk anak-anak bisa didapat di lembaga bimbel. Belajar bahasa inggris sejak dini akan memudahkan anak untuk lebih memperdalam ilmunya ketika sudah memasuki sekolah jenjang atas nanti. Tak hanya untuk anak saja, orang dewasa yang ingin lihai berbahasa inggris tentu bisa mendapatkan materi kursus bahasa inggris conversation. Yuk belajar bahasa inggris di lembaga bimbingan belajar Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *