Menu Tutup

Terapkan Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dijamin Mahir

Mahir belajar bahasa inggris secara otodidak

Terapkan cara belajar bahasa inggris otodidak, ini akan membuatmu mahir dalam berbahasa inggris. Bila bisa belajar sendiri kenapa tidak? Tentu dibutuhkan proses, berawal dari proses dan berakhir hasil. Perlu diingat bahwa tidak ada yang instan di dunia ini, semua dibutuhkan suatu tahapan-tahapan yang harus dilalui dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Sebenarnya suatu usaha haruslah didasari dengan niat yang tulus ikhlas dari hati. Apalagi belajar secara otodidak, tanpa adanya niat dan semangat yang kuat tentu hasilnya juga tidak akan maksimal. Pengalaman belajar bahasa inggris otodidak dari salah satu teman saya yang ingin masuk ke salah satu sekolah penerbangan di negara tetangga yaitu philipina. Seorang pilot tentu diwajibkan untuk menguasai bahasa inggris. Nah singkat cerita teman saya ini sebelum mendaftar ke sekolah penerbangan dia ingin sekali belajar bahasa inggris secara otodidak. Akan tetapi sebuah keinginan yang tidak didasari niat yang kuat, maka hasilnya selama bertahun-tahun dia masih merasa kesulitan dalam belajar bahasa inggris.

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak  

Selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah, sebagai generasi millenial tentu kita juga harus menguasai bahasa internasional yaitu bahasa inggris. Apa untungnya bisa berbahasa inggris? Wah tentu banyak sekali keuntungannya jika kita bisa menguasai bahasa inggris. Bayangkan saja dari jaman SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi kita masih belajar bahasa inggris. Coba bayangkan sendiri betapa pentingnya bahasa inggris untuk masa depan. Tentu menjadi prioritas sebuah perusahaan jika anda menguasai bahasa inggris. Perusahaan-perusahaan sekarang ini rata-rata mewajibkan karyawannya untuk menguasai bahasa inggris, apalagi perusahaan besar skill bahasa inggris tentu sangat dibutuhkan guna untuk berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan di negara lain. Bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri salah satu hal utama yang harus kamu kuasai adalah mahir berbahasa inggris, bila tidak bagaimana bisa berkomunikasi dengan orang asing. Ingin belajar sendiri? Bisa saja, unduh cara belajar bahasa inggris otodidak pdf. Di bawah ini beberapa cara cepat belajar bahasa inggris otodidak gratis tanpa harus mengeluarkan biaya, antara lain:

  • Perkaya kosa kata bahasa inggris

Perbanyak kosa kata dengan mempelajari kata-kata yang sering digunakan dalam bahasa inggris, terutama kata kerja dan kata sifat. Belajar bahasa inggris dasar dimulai dari mengenal kosa kata bahasa inggris. Kamu bisa mencatat kosa kata tersebut dan hafalkan ketika waktu luang. Hafalkan minimal 5-10 kata dalam sehari sesuaikan dengan kemampuanmu. Perlu diingat bahwa memperkaya kosa kata memanglah penting akan tetapi jangan terlalu fokus pada kata saja. Lebih fokuslah pada kalimat. Bagaimana maksudnya? Nah maksudnya begini, jika kamu sudah menguasai beberapa kosa kata maka cobalah untuk membuat sebuah kalimat sederhana. Saya akan membagikan beberapa tips menyenangkan untuk memperbanyak kosa kata.

a. Belajar kosa kata melalui Listening

Ini cocok banget untuk kalian yang hobi mendengarkan lagu-lagu barat dan menonton film barat. Carilah lagu-lagu yang easy listening, pelajari cara mereka mengucapkan kata demi kata dan pahami makna dari liriknya. Catat kosa kata yang kamu belum pahami lalu carilah di buku kamus atau kamus online. Begitu pula dengan menonton film, perhatikan cara pengucapan orang barat ketika berkomunikasi dengan lawan main. Cara ini akan melatih pronounciation supaya lebih baik lagi.

b. Belajar kosa kata melalui Reading

Baca artikel-artikel berbahasa inggris carilah topik yang sesuai dengan minat baca kalian. Belajar bahasa inggris otodidak online bisa kalian lakukan dengan mencari situs-situs berita online yang menyediakan dua bahasa. Membaca berita-berita tersebut tentu akan lebih memperkaya kosa kata kalian.

  • Mulailah untuk berbicara di depan cermin

Setelah kalian menguasai kosa kata dasar kemudian rangkumlah menjadi sebuah cerita. Mulailah berbicara di depan cermin dengan suara yang keras dan penuh percaya diri. Ini akan melatih tingkat kepercayaan diri kalian sebelum berbicara dengan orang lain. Belajar bahasa inggris untuk pemula selain didasari oleh niat tentu kepercayaan diri harus lebih ditingkatkan. Setelah berlatih berbicara di depan cermin coba perhatikan pronounciationmu, apakah sudah benar ataukah masih kurang tepat. Apabila kamu sudah merasa berani dan cukup percaya diri, maka mulailah untuk mencari teman untuk saling berkomunikasi dengan bahasa inggris. Ingat, latihan yang rutin tentu hasilnya akan lebih maksimal. So, semangat untuk terus berlatih ya jangan pantang menyerah.

Jangan lupa untuk belajar grammar

Cara belajar bahasa inggris sendiri terkadang membuat kita gelisah ketika menemui sebuah kesulitan dimana kita tidak bisa memecahkan masalah tersebut. Apalagi untuk urusan grammar, selain bisa speaking tentu kita juga harus lihai dalam writing. Kita harus menguasai 4 skill diantaranya adalah speaking, writing, reading, listening. Setiap manusia tentu memiliki banyak kekurangan. Contohnya seseorang sudah fasih berbahasa inggris tetapi dia belum terlalu paham akan grammar. Nah kan jadi gak lengkap! Berbahasa tentu dibutuhkan tata bahasa yang benar. Bagi kalian yang belajar bahasa inggris sendiri segera unduh belajar bahasa inggris otodidak 16 tenses lengkap pdf ini akan membantu kalian untuk menguasai 16 tenses.

Bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam berbahasa inggris? Tenang saja sekarang ini ada beberapa lembaga les bahasa inggris yang siap membantu kalian mahir dalam berbahasa inggris. Seventh education salah satu lembaga bimbel yang akan membantu kalian menguasai bahasa internasional tersebut.

Lusiani Monalisa

Related Posts

1 Comment

  1. Pingback:Mahir Berawal Dari Belajar Bahasa Inggris Dasar - Nusa Caraka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *