Artikel

Dampak Positif dan Negatif Mengikuti Bimbel di Luar Sekolah

Dampak positif dan negative mengikuti bimbel akan dibahas di artikel ini

Ada dampak positif dan negatif mengikuti bimbel yang akan diterima oleh siswa yang mengikuti bimbel. Namun sebelum membahsa lebih lanjut, simak penjelasan singkat tentang Bimbingan Belajar.

Bimbingan belajar adalah suatu kegiatan untuk membantu anak mengatasi masalah belajarnya dan memperoleh ilmu-ilmu lainnya. Jadi bimbingan belajar tidak hanya tentang pelajaran tetapi bisa tentang keterampilan, hobi dan lainnya. Misalnya, ada bimbingan belajar bermain piano atau alat musik lain, bimbingan belajar memasak dan lain-lain.

Bimbingan belajar menjadi penting saat ini khususnya untuk anak yang mengalami kendala dalam belajar. Pentingnya bimbingan belajar sudah dibahas dibeberapa makalah bimbingan belajar lain. Bimbingan belajar menjadi penting saat ini agar anak mampu mengatasi masalah belajarnya. Selain itu menjadi bekal saat dewasa nantinya baik dari ilmu maupun pengetahuan atau keterampilan lain. Mengikuti bimbingan belajar tidak hanya di Sekolah tetapi bisa di luar Sekolah. Biasanya bimbel seperti ini ada lembaganya sendiri.

Munculnya bimbingan belajar di Luar Sekolah tentu ada pro dan kontranya. Pro dan kontra bimbel luar sekolah ini muncul dari berbagai pihak. Ada pihak yang mendukung adanya bimbel, namun ada pula yang tidak setuju dengan adanya bimbel. Pihak yang mendukung adanya bimbel berpendapat bahwa banyak manfaat bimbingan belajar yang bisa didapat oleh siswa. Namun kembali lagi semua miliki hak dalam berpendapat.

Banyak siswa yang memutuskan untuk mengikuti bimbingan belajar dengan berbagai alasan. Alasan mengikuti bimbel yang paling sering didengar yaitu siswa merasa sulit memahami pelajaran. Ketika di Sekolah siswa kesulitan belajar dan karena terbatasnya waktu siswa tidak bisa menanyakan secara detail. Ketika di bimbel, materi yang sulit tadi bisa ditanyakan secara detail kepada pengajar.

Mengikuti bimbingan belajar mempunyai dampak positif dan negatifnya. Namun akan jauh lebih banyak dampak positif yang diperoleh siswa.

Dampak Positif Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah

  1. Siswa bisa mengatasi masalah belajarnya. Siswa bisa bertanya apapun baik tentang materi pelajaran yang sulit atau pengetahuan lainnya. Pengajar akan siap membagikan ilmunya. Diharapkan dengan seperti ini siswa mampu memahami materi yang disampaikan oleh pengajar dan mengatasi masalah belajarnya. Siswa akan dibimbingan sampai benar-benar paham dengan materi atau sampai masalah belajarnya teratasi. Sehingga dengan bisa mengatasi masalah belajarnya, siswa bisa memperbaiki nilai dan bisa berprestasi.
  2. Siswa akan mendapat pengetahuan dan ilmu baru yang tidak didapatkan di Sekolah. Contohnya yaitu siswa mendapat pengetahuan tambahan dari pengajar tentang dunia kuliah itu seperti apa.
  3. Siswa tentunya akan mendapat teman baru. Dengan mengikuti bimbingan belajar lembaga, siswa akan bertemu dengan teman baru dalam satu kelas dan dari berbagai Sekolah.
  4. Selain itu siswa bisa berkonsultasi dengan pengajar atau pihak bimbel tentang apapun, baik tentang pendidikan, hobi, ekstrakulikuler ataupun yang lainnya. Pengajar akan memberikan saran terbaiknya kepada siswa.

Dampak Negatif Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah

  1. Waktu bermain atau istirahat siswa berkurang. Misalnya, yang harus bisa istirahat atau bersantai di rumah tidak bisa karena siswa harus mengikuti bimbel. Atau yang seharusnya siswa punyai waktu bermain di hari minggu menjadi tidak bisa karena ada try out atau jadwal tambahan di hari minggunya
  2. Jika salah memilih bimbel maka siswa bukannya menjadi paham dengan materi justru semakin tidak paham. Sehingga harus memilih bimbel yang bagus. Bisa juga membuat siswa stress karena cara penyampaian materinya tidak jelas atau metode belajarnya yang tidak menyenangkan

Lembaga Bimbingan Belajar di Luar Sekolah

Lembaga bimbingan belajar di luar Sekolah salah satunya adalah Nusa Caraka. Nusa Caraka merupakan lembaga bimbingan belajar yang berdiri dari akhir tahun 2017. Meski terhitung baru, namun kualitas pengajaran di Nusa Caraka tidak diragukan lagi.

Pengajar yang mengajar sudah diseleksi cukup ketat dan tentunya sudah mempunyai pengalaman. Sehingga mereka mempunyai kemampuan menghandle anak dan membuat suasana kelas tidak kaku. Selain itu masing-masing pengajar mempunyai keunikan tersendiri dalam mengajar yang akan membuat suasana kelas menyenangkan dan asyik. Masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh Nusa Caraka. Mau tau?

YUK bergabung dengan Nusa Caraka dan raih prestasimu.

Penulis : Shinta Febriyana Widyaswari Saputri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *