Menu Tutup

Jenis-Jenis Bimbingan Belajar di SD Yang Tepat

Berbagai jenis bimbingan belajar yang tepat untuk anak SD

Jenis-jenis bimbingan belajar di SD tentu sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sudah menyebar secara luas di pelosok tanah air saat ini. Banyak orang yang tidak ingin ketinggalan untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Mengapa demikian? Karena di era modernisasi seperti sekarang banyak orang yang berkompetisi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi. Bimbingan belajar untuk anak sd kini kian marak, meskipun masih sekolah dasar tetapi ambisi orang tua yang sangat berharap anaknya meraih prestasi makin meningkat seiring perkembangan jaman. Salah satu cara orangtua untuk mendukung anaknya meraih prestasi adalah dengan mendaftarkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar. Dengan tujuan supaya anak lebih optimal lagi dalam proses belajarnya. Karena dirasa bimbingan belajar akan sangat membantu anak dalam masalah belajar. Apakah benar demikian? Ya tentu bimbingan belajar memang sangat membantu sekali dalam proses belajar. Anak akan lebih mudah memahami materi pelajaran dan juga anak bisa berkonsultasi PR yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

3 jenis bimbingan belajar

Bimbingan belajar terdiri dari 3 jenis yang bisa kalian pilih sesuai dengan minat belajar. Diantaranya adalah :

  1. Bimbingan belajar kelembagaan

Bimbingan belajar kelembagaan tidak jauh beda dengan kondisi di sekolah. Yang membedakan hanya jumlah pengajar dan siswa. Jika di sekolah satu pengajar dihadapkan dengan puluhan siswa. Namun di lembaga bimbingan belajar satu pengajar dihadapkan dengan beberapa siswa saja sehingga pengajar lebih fokus untuk memperhatikan perkembangan belajar anak. begitu pula anak juga akan merasa lebih mudah memahami materi dan anak juga lebih leluasa untuk bertanya tentang materi yang mereka rasa belum paham. Di lembaga bimbingan belajar anak juga akan belajar untuk bersosialisasi. Bertemu dengan teman baru tentu anak belajar untuk mengetahui karakter setiap orang berbeda-beda. Bimbingan kelembagaan akan memberikan fasilitas diantaranya adalah ruangan yang nyaman dengan AC dan full wifi, modul bimbingan belajar, metode pembelajaran yang mudah dan menarik, dan bebas untuk konsultasi materi, soal, maupun PR.

  1. Bimbingan belajar privat / les privat

Jenis bimbingan belajar privat biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus menyewa satu tentor untuk menangani satu anak. Tentor akan datang ke rumah anak yang akan dibimbing belajar secara privat. Pembelajaran model seperti ini memang lebih membuat anak merasa nyaman. Karena anak akan mendapatkan panduan secara langsung dari sang tentor. Jadi setiap kali anak mengalami kesulitan anak bisa langsung berkonsultasi dengan tentor. Tujuan adanya les privat ini yaitu untuk membantu anak memecahkan masalah mata pelajaran yang mereka rasa sangat sulit untuk diselesaikan. Akan tetapi les privat ini terlihat tidak terstruktur karena tidak adanya kurikulum yang jelas didalamnya.

  1. Bimbingan belajar online

Bimbingan belajar jenis ini memang sangat simple. Ini merupakan bimbel jenis terobosan baru yang memudahkan siswa untuk belajar. Siswa tidak perlu datang langsung menemui tentor, begitu pula sebaliknya tentor juga tidak perlu datang langsung menemui anak yang akan di bimbing. Les ini sangat cocok untuk anak yang memiliki banyak kegiatan namun tetap ingin mendapatkan bimbingan dalam masalah belajarnya. Namun les online ini masih sangat jarang di Indonesia.

Kenapa harus ada bimbingan belajar?

Bimbingan belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan tambahan belajar kepada siswa guna untuk mencapai prestasi belajar secara lebih optimal. Bimbingan belajar merupakan sekolah kedua bagi anak setelah sekolah umum. Meskipun di sekolah anak sudah mendapatkan pembelajaran, namun terkadang anak masih merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan kondisi satu pengajar dengan puluhan siswa tentu guru juga akan merasa kesulitan jika harus memperhatikan proses belajar setiap anak. Begitu pula anak juga memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Ada tipe anak yang dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Namun ada juga anak yang membutuhkan penjelasan secara lebih mendetail tentang pelajaran yang sudah disampaikan. Prestasi merupakan salah satu indikator yang dijadikan sebagai patokan terhadap berhasil atau tidaknya proses pembelajaran di sekolah.

Oleh karena itu, bimbingan belajar hadir untuk membantu anak dalam proses belajarnya. Latar belakang bimbingan belajar adalah sebagai sarana untuk membantu anak dalam menyelesaikan masalah akademiknya. Tujuan yang ingin dicapai oleh sekolah merupakan tujuan yang sama dari lembaga bimbingan belajar yang ingin membantu siswa dalam meningkatkan proses belajarnya. Hal yang membedakan diantara keduanya adalah jenis kegiatannya, pendidikan di sekolah terletak pada proses belajar mengajar yang penekanannya pada usaha-usaha afektif, kognitif, dan psikomotorik. Sedangkan bimbingan belajar terletak pada pembinaan siswa dalam hal perkembangan pribadi dan sosial psikologi yang didasarkan pada kenyataan yang dihadapi oleh siswa sehingga membutuhkan bantuan tenaga profesional kependidikan yaitu guru pembimbing.

Fungsi dari bimbingan belajar

Bimbingan belajar dimanfaatkan anak sebagai alat untuk mengatasi masalahnya dalam hal belajar. Ketika anak mengalami kesulitan dalam masalah belajar bimbingan belajar adalah solusi yang tepat. Adapun fungsi bimbingan belajar adalah sebagai berikut :

  1. Membantu anak dalam memahami materi pelajaran
  2. Mengisi waktu anak dengan hal positif
  3. Membuat anak lebih aktif, percaya diri, dan mudah bersosialisasi
  4. Mendapatkan pergaulan yang positif
  5. Mengembangkan potensi anak untuk meraih prestasi

Memilih bimbingan belajar yang tepat bukanlah hal yang mudah. kita juga harus melihat kualitas dari bimbingan belajar yang akan kita tuju. Carilah bimbingan belajar yang sesuai dengan karakter belajar kalian. Untuk kalian yang berada di wilayah solo, tidak perlu pusing-pusing lagi memilih bimbingan belajar yang tepat dan berkualitas. Seventh education hadir untuk membantu segala masalah belajar kalian. Lembaga bimbingan belajar dengan berbagai keunggulan diantaranya adalah 1 kelas terdiri dari 10 orang, garansi nilai naik, dan garansi lulus UN. Tunggu apalagi, semarakkan semangat belajar kalian hanya di lembaga bimbingan belajar Nusa Caraka!

Lusiani Monalisa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *