Menu Tutup

Pentingnya Bimbel untuk Anak SD Kelas 1

Ternyata Bimbel untuk Anak SD Kelas 1 itu Perlu. Yuk Simak

Bimbel untuk anak SD kelas 1, itu perlu juga lho. Memang harus ya anak kelas 1 SD ikut bimbingan belajar? Memang tidak diharuskan anak kelas 1 SD mengikuti bimbel. Namun berbeda cerita jika anak tersebut mengalami kendala dalam proses belajarnya. Jika dibiarkan maka anak tersebut tidak mampu mengikuti proses belajar.

Kalian pastinya tau dong, kalau pelajaran anak SD kelas 1 itu apa saja? Tentunya materi kelas 1 SD yang diajarkan di Sekolah yaitu menghitung, membaca dan menulis. Tentunya di TK sudah diajarkan membaca dan menulis namun hanya berupa kata. Namun di SD siswa akan belajar membaca dan menulis kalimat sederhana. Siswa juga akan diajarkan menghitung seperti penjumlahan dan pengurangan. Siswa juga akan dikenalkan dengan bangun datar. Selain itu akan belajar bahasa Indonesia.

Kelas 1 SD merupakan Pondasi

Nah, disinilah posisi kelas 1 SD sebagai pondasi untuk jenjang berikutnya. Jika siswa tidak bisa membaca dan menulis, maka siswa akan kesulitan untuk tingkat selanjutnya. Padahal semua mata pelajaran terdapat tulisan dan mengharuskan siswanya untuk membaca.

Pentingnya Kemampuan Menulis

Menulis merupakan ilmu dasar bagi anak-anak dalam belajar. Dengan menulis anak-anak mampu menuliskan apa yang mereka ingin tulis. Menulis harus bisa dikuasai oleh siswa SD tentunya. Ilmu ini akan selalu dipakai sampai kapanpun. Jika di TK siswa hanya diajarkan menulis kata maka di Sekolah Dasar siswa akan diajarkan menulis kalimat. Tujuan menulis ini agar siswa nantinya bisa mencatat pelajaran yang disampaikan.

Pentingnya Kemampuan Membaca

Membaca juga merupakan dasar bagi anak-anak dalam hal belajar. Dengan membaca anak-anak bisa mengerti bacaan baik di buku, majalah berita dan apapun. Jika di TK siswa diajarkan membaca kata maka di Sekolah Dasar untuk siswa kelas 1 siswa diajarkan membaca kalimat. Tujuan membaca ini agar siswa paham materi yang disampaikan oleh Guru.

Pentingnya Kemampuan Berhitung

Jika di TK siswa diajarkan mengenal angka mulai dari 1-10 atau bahkan 1-20, maka berbeda dengan ketika di Sekolah Dasar. Di Sekolah Dasar untuk kelas 1, mereka harus menguasai penjumlahan dan pengurangan namun secara lebih sederhana. Siswa akan memulai berhitung dengan penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu. Penjumlahan dan pengurangan yang digunakan masih satu angka. Misal 1 + 3 = 4 seperti itu.

Berhitung sangat penting karena siswa akan bertemu pelajaran matematika yang mengharuskan berhitung. Ilmu hitung akan selalu dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita ingin mengetahui jumlah uang yang kita punya kita harus bisa menghitung.

Pentingnya Ketiga Materi di Atas

Oleh karena itu sangat penting bagi siswa kelas 1 SD untuk bisa membaca, menulis dan berhitung. Dimanapun dan sampai kapanpun kita akan selalu bertemu dengan ketika ilmu basic tersebut. Jadi jangan sampai menyepelekan ilmu-ilmu itu ya.

Jika siswa mampu melewati fase ini untuk selanjutnya siswa akan lebih mudah untuk mengikuti pelajaran. Karena setiap pelajaran memang mengharuskan siswa untuk membaca dan menulis. Dan untuk matematika siswa memang diharuskan untuk bisa berhitung.

Namun tidak semua siswa langsung bisa menguasai. Perlu tahapan untuk siswa menguasai ketiga ilmu itu. Sebagai orang tua, kita harus memantau perkembangan belajar anak. Jika ada hal yang tidak bisa dikuasai oleh anak, maka tugas orang tua lah yang membimbing. Namun ketika orang tua merasa tidak mampu baik dari segi pengetahuan maupun waktu maka Lembaga Bimbingan Belajar lah solusinya.

Solusi Mengatasi Anak SD Kelas 1 yang Terkendala dalam Belajar

Di lembaga bimbingan belajar siswa akan dibimbing oleh pengajar-pengajar professional. Siswa akan diajarkan sesuai dengan jenjang pendidikan dan materi yang diajarkan di Sekolah. Materi yang diajarkan di Bimbel tidak akan jauh beda dengan materi yang diajarkan di Sekolah.

Bimbel yang bagus untuk anak SD pun sudah banyak di beberapa wilayah di Indonesia. Namun dalam menentukan bimbel yang akan dipilih harus selektif. Karena ini juga akan menentukan siswa dalam proses belajarnya.

Untuk materi kelas 1 SD di bimbingan belajar sama seperti yang diajarkan di Sekolah yaitu membaca, menulis dan berhitung karena itu merupakan basic. Lembaga bimbingan tentunya akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk siswanya.

Di lembaga bimbingan belajar pun tersedia program bimbingan les privat ataupun kelompok. Setiap bimbingan mempunyai kelebihannya.

Bagi siswa yang lebih nyaman belajar di suasana yang tenang atau siswa lebih nyaman belajar hanya dengan sedikit orang, maka privatlah solusinya. Kelebihan dari privat yaitu siswa bisa mengatur jadwal sendiri dengan pengajar. Siswa juga bisa dengan leluasa bertanya dengan pengajar.

Namun jika siswa lebih menyukai belajar di suasana banyak orang maka bimbingan kelompoklah solusinya. Jika siswa memilih les privat maka pengajar hanya akan mengajar satu orang siswa. Kelebihan dari bimbel kelompok yaitu siswa tentunya akan mendapat teman baru. Mereka juga bisa sambil belajar berinteraksi dengan orang lain.

Materi Les anak SD Kelas 1

Materi les privat untuk anak SD kelas 1 sama seperti yang diajarkan di Sekolah yaitu mulai membaca, menulis dan tentunya berhitung. Biasanya siswa mengalami kesulitan untuk berhitung. Pengajar akan dengan sabar mengajarkan materi tersebut kepada siswanya. Agar siswa menguasai materi yang diberikan.

Sedangkan materi les kelompok untuk anak SD kelas 1 pun tidak jauh berbeda dengan materi yang diajarkan di Sekolah. Hanya saja suasanya dan orang yang berada dalam satu kelas berbeda.

Jadi Les untuk anak SD kelas 1 sangat lah perlu jika kondisinya perlu. Jika siswa dirasa sudah mampu menguasai membaca, menulis dan berhitung maka les tidak harus dilakukan. Namun jika siswa belum menguasai materi tersebut, maka les bisa dijadikan alternatif.

Penulis : Shinta

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *