Artikel

Les Baca Tulis Di Solo

Kenapa Harus Les Baca Tulis?

Education
Education

Les baca tulis di solo belakangan mulai bermunculan. Berkaitan dengan perkembangan kebutuhan pendidikan saat ini, hal ini perlu mendapat perhatian. Kenapa perlu diperhatikan, karena kemampuan baca dan tulis penting sebagai awal belajar anak. Selain membaca dan menulis ada pula yang tidak bisa diabaikan adalah menghitung. Sekarang ini juga bermunculan les calistung di solo. Membaca, menulis dan menghitung merupakan kebutuhan dasar dalam mengenyam pendidikan. Memang seperti itulah faktanya.

Pada waktu dahulu saat penulis masih duduk di bangku sekolah dasar. Ada pula siswa rekan penulis yang belum mampu membaca dengan baik padahal sudah masuk kelas 3 SD. Bahkan saat ini penulis sendiri menjumpai siswa kelas 6 SD belum mampu memahami suatu bacaan. Hal ini tentu memprihatinkan di era modern di mana teknologi sudah berkembang pesat, disatu sisi pendidikan dasar untuk membaca saja belum mumpuni. Minat baca kita memang terbilang rendah. Apalagi saat ini fasilitas hiburan justru lebih tinggi dibandingkan dengan fasilitas pendidikan. Teknologi bukan menjadi fasilitas justru menjadi penghambat karena ketidak bijakan kita sebagai pengguna.

Apa Pentingnya Les Membaca dan Menulis

Selesaikan di Sekolah
Selesaikan di Sekolah

Seperti yang penulis sampaikan di awal, membaca dan menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap anak. Selain itu kemampuan dasar lain yang harus dimiliki dan dikuasai adalah menghitung. Tiga kemampuan dasar ini mutlak harus diberikan sebelum anak belajar lebih lanjut pada jenjang pendidikan formal.

Untuk masayarakat kota besar seperti kota solo, hal ini tentu sudah dipahami oleh khalayak. Sehingga orang tuapun memberikan perhatian bagi anaknya dalam hal ini. Siswa lulus taman kanak-kanak harus sudah mampu membaca sebelum masuk tahapan sekolah dasar. Bagi orang tua yang anaknya belum mampu membaca padahal usianya sudah memasuki usia sekolah dasar tentu sedikit cemas. Hal ini buka tanpa alasan, mengingat saat ini penuh dengan kompetisi. Orang tua berusaha mencari solusi dengan mencari tempat les di solo yang memberikan layanan les calistung.

Kapan Seharusnya Anak Bisa Membaca dan Menulis?   

Education
Education

Orang tua terkadang mengira bahwa perkembangan anak  dalam belajar harus sama. Jika si A sudah bisa berjalan maka anak kita juga harus sudah bisa berjalan, Jika si B juara kelas maka anak kita juga harus juara kelas. Jika si C pandai berhitung anak kita juga harus pandai berhitung. Hal ini tentu tidaklah benar. Karena setiap anak adalah unik, dan meiliki tahap perkembangannya masing-masing.

Dalam hal proses belajar membaca anak memiliki tahap perkembangan sebagai berikut: anak pada usia 4 sampai 6 tahun mengalami lima tahapan, yang pertama anak belajar mengenai buku. Apa itu buku, bagaimana cara menggunakannya dan seterusnya. Buku mulai dipegang dan dibolak-balik. Pada tahapan ini anak sekedar berpikir bahwa buku ini penting baginya. Tahapan berikutnya anak mulai berpura-pura membaca buku.

Tahapan selanjutnya setelaha anak mulai berpura-pura membaca adalah tahap di mana anak membaca gambar, misalnya gambar pisang, gambar mobil dan lain sebagainya. Barulah kemudian, anak belajar untuk mengenal huruf sehingga mampu membca dengan lancar. Tugas orang tua sebenarnya tidak perlu panik atau khawatir jika pada usia tersebut anak belum bisa membaca lancar. Artinya ada tahap-tahap yang memang belum selesai bagi anak dalam belajar.

Bagaimana Kalau Anak Belum Bisa Membaca dan Menulis?

Sebagai orang tua, dalam menyikapi hal ini tidak perlu panik. Pada tahap ini memang pendampingan orang tua harus lebih diutamakan sebelum melibatkan pihak ketiga dalam hal ini bimbel. mengingat Biaya les privat solo tidaklah sedikit. Orang tua harus bijak sebelum bertindak.

Sebelum melibatkan bimbel, pastikan terlebih dahulu kebutuhan siswa. Orang tua harus mampu memahami kondisi anak dalam tahap belajarnya. Hal ini perlu dilakukan agar orang tua memahami tahap kemajuan anaknya. Tujuannya kemana dan dari mana dia memulai harus dipahami oleh orang tua. Agar jangan sampai salah alamat. Jangan sampai pula salah kendaraan.

Dengan orang tua memahami kondisi anak terlebih dahulu, orang lain yang akan dilibatkan untuk membantu juga dipermudah dan dapat memberikan solusi yang tepat. Hal ini juga akan mempercepat keberhasilan dari proses belajar.

Tempat Les di Solo

Pengajar
Pengajar

Selain kemampuan membaca, adalah kemampuan berhitung yang sering kali menjadi perhatian orang tua. Terkadang orang tua memberikan penilaian pandai atau tidak pandai hanya berdasarkan kemampuan hitung menghitung saja. Karena kekurang pahaman orang tua mengenai perkembangan anak membuat orang tua panik saat anak nampak tertinggal.

Bimbingan belajar masih menjadi solusi bagi keresahan orang tua. Dari segala usia, bimbingan belajar masih banyak dibutuhkan. Baik bimbel biasa maupun kelas privat. Les privat solo kota surakarta jawa tengah cukup banyak. Les privat matematika solo juga tersedia. Bimbel solo juga terus berkembang. Salah satunya adalah bimbel Nusa Caraka.

Nusa Caraka hadir dengan layanan bimbel SD, SMP maupun SMA. Melayani segala kebutuhan siswa putra putri anda. Untuk siswa SD tentunya juga membimbing siswa untuk meningkatkan kemampuan calistung alias baca tulis hitung.

Bagaimana Biaya Les Privat Solo Kota ?

Nusa Caraka menawarkan layanan berkualitas dengan biaya terjangkau. Dibandingkan dengan bimbel solo yang lain, Nusa Caraka mampu bersaing kualitas. Pengajar profesional dan berpengalaman serta service oriented, membuat pelayanan di sini terbaik. Siswa Nusa Caraka sendiri juga telah banyak yang berhasil mengukir prestasi. Info mengenai Nusa Caraka bisa diakses langsung pada website reminya di seventh-education.com.

Sebelum mempercayakan bimbingan privat untuk anak. Orang tua sebaiknya meningkatkan perhatian terhadap perkembangan belajar anak. Karena pada dasarnya keberhasilan belajar bukan berasal dari pihak ketiga, melainkan dari motivasi dan kedisiplinan. Dan kedua hal ini tumbuh dari pastisipasi keluarga utamanya orang tua.

Ahmad Dziaaul Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *