Artikel

Jangan Ikut Bimbel Sebelum Membaca Ini

Pilih Bimbel Terbaikmu

Education
Education

Bimbel, sepertinya kata ini sudah tidak asing bagi kalangan pelajar. Apalagi di era milenial seperti sekarang, sebagian besar pelajar zaman now, akrab dengan kata bimbel. PR makin banyak, pelajaran makin susah, ujian meraja lela, rasanya tidak ada alasan untuk tidak bimbel. Bukan hanya pelajar yang mencari bimbel, para orang tua pun tidak berpangku tangan. Dengan inisiatif sendiri ikut mendaftarkan anaknya untuk masuk ke bimbel yang menurut mereka terbaik.

Keberadaan bimbel pun semakin lama semakin menjamur. Jumlahnya terus meningkat sebanding dengan kebutuhan pasar. Tidak sulit kiranya menemukan bimbel yang ada di dekat kita. Mulai dari bimbel SD, bimbel SMP, bimbel SMA, bimbel khusus UN, bimbel khusus SBMPTN dan lain sebagainya. Saking banyaknya bimbel, maka baik pelajar maupun orang tua, masing-masing mulai “hunting bimbel”. Memilih bimbel mana yang sesuai kebutuhan mereka. Setiap orang mempunyai kriteria masing-masing dalam memulai “hunting bimbel” ini. Ada yang menginginkan bimbel murah, bimbel yang bagus untuk anak SD, bimbel terbaik untuk anak SMP, ada pula yang mencari bimbel bergaransi. Pada intinya masing-masing mempunyai kriteria sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu bimbel.

Jangan Sembarangan Pilih Bimbel SD

Siswa SD
Siswa SD

Bagi orang tua yang memiliki anak usia SD, tentunya membutuhkan bimbingan belajar yang tepat untuk putra putrinya. Meski mata pelajaran SD tidak sesulit mata pelajaran pada tingkat SMP, nyatanya bimbel yang bagus untuk anak SD tetap dicari. Banyak orang tua yang merasa kesulitan mendampingi anaknya untuk belajar.

Kriteria untuk mencari bimbel yang bagus untuk anak SD memang sangat subyektif. Orang tua hanya mengharapkan yang terbaik bagi putra-putrinya. Orang tua rela merogoh kantong lebih dalam demi memperoleh layanan dengan kualitas terbaik. Banyak bimbel SD yang memberikan penawaran menarik untuk jasa bimbel yang diberikan. Ada bimbel yang rela memberikan promo coba gratis, ada pula yang meng-klaim sebagai bimbel yang bagus untuk anak SD.

Iklan Menarik Belum Tentu Terbaik

Seventh Euucation
Seventh Euucation

Tentunya tidak ada penyedia layanan bimbel tidak ada yang memberikan penawaran yang buruk. Siswa maupun orang tua siswa perlu jeli sebelum menentukan pilihan. Jangan sampai memperoleh layanan bimbel yang tidak berkualitas. Untuk memperoleh bimbingan belajar yang baik orang tua perlu memperhatikan beberapa hal untuk dipertimbangkan.

Orang tua perlu berperan penuh dalam hal ini. Bukan hanya tentang memilih bimbel, tetapi bagaimana proses bimbingan nantinya akan berjalan. Untuk itu orang tua harus memilih bimbel SD yang memberikan progress report untuk orang tua. Hal ini sebagai media diskusi antara orang tua dan pihak bimbel. Dengan adanya progress report , orang tua bisa mengetahui perkembangan anak serta dapat mengetahui kendala dan memberikan masukan untuk prestasi anak. Kehadiran orang tua mutlak penting dalam pendidikan anak. Selain itu, orang tua harus memastikan pengajar yang akan membimbing putra-putrinya memang ahli dalam mengajar siswa SD.

Bimbel SMP Untuk Hadapi UN

Ujian Nasional
Ujian Nasional

Siswa SMP sudah memiliki taraf berpikir yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa SD. Untuk memilih bimbel SMP ada kriteria tambahan bagi orang tua siswa sebelum memutuskan. Selain pentingnya progress report, bimbel terbaik untuk anak SMP adalah bimbel yang memberikan perhatian khusus untuk menghadapi UN. Siswa SMP sudah memiliki beban UN, yang menentukan nasib mereka melanjutkan ke jenjang SMA.

Bimbingan khusus UN untuk SMP harus menjadi perhatian tersendiri. Bukan hanya masalah lulus atau tidak lulus, nilai UN juga menentukan hasil PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMA. Masuk SMA favorit menjadi dambaan orang tua maupun siswa. Memilih bimbel SMP jangan sampai salaj alamat.

Fokus SMA, Pilih Bimbel Luar Biasa

Education For Everyone
Education For Everyone

Persaingan dan tuntutan siswa SMA semakin tinggi. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan siswa SD maupun siswa SMP. Siswa SMA dituntut untuk berprestasi di segala hasil ujian. Bukan hanya masalah hasil akhir, siswa SMA juga dituntut untuk siap menghadapi berbagai ujian. Dari kelas X (sepuluh) mulai dihadapkan dengan PTS (penilaian tengah semester) dan PAS (penilaian akhir semester). Semua catatan penilaian tersebut akan dipergunakan sebagai penilaian hasil ujian akhir. Selain itu juga sebagai penilaian pada saat SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri). Semua penilaian tak bisa dianggap sembarangan.

Tak cukup sampai disitu, siswa SMA juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional (UN). Meskipun sekarang UN bukan lagi menjadi syarat kelulusan, UN tetap perlu dipersiapkan dengan baik. Ujian nasional menjadi tolak ukur prestasi sekolah.

Pertempuran siswa SMA masih belum selesai. Kelanjutan pendidikan siswa SMA harus dihadapkan dengan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Jika ingin mendapatkan kampus impian, tak ada pilihan selain persiapan. Berbeda dengan UN, PTS, ataupun PAS, SBMPTN tak didukung langsung oleh sekolah untuk mempersiapkannya. Tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN bisa tiga sampai empat kali lebih sulit dibandingkan dengan soal-soal UN. Memilih bimbel yang memberikan layanan khusus SBMPTN sebuah keharusan.

Cara Mudah Memilih Bimbel

profesional
Profesional

Memilih bimbel yang sesuai dengan kebutuhan memang bukan perkara mudah. Alih-alih ingin meningkatkan prestasi, anak malah bisa jadi tak bisa beradaptasi. Ingin yang berkualitas yang diperoleh malah tak berimbas. Memilih bimbel memang tidak semudah memilih buah. Bimbel yang ini cocok untuk siswa SD tapi tidak untuk siswa SMA. Kebutuhannya ini, adanya layanan yang itu.

Dari pada anda bingung menentukan pilihan, lebih baik anda menentukan pilihan dari sekarang. Pilih bimbingan belajar untuk siswa SD, SMP, maupun SMA. Melayani bimbingan kelas 4 sampai dengan kelas 12. Ada juga layanan konsultasi PR setiap hari. Tak perlu khawatir dengan UN ataupun SBMPTN, semuanya lengkap. Tak cukup sampai di situ, tidak tanggung-tanggung ada juga garansi uang kembali sampai dengan 50%. Jangan salah alamat, hanya Nusa Caraka yang paling lengkap.

Nusa Caraka : Education For Everyone

(Ahmad Dziaaul Islam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *