Artikel

RUANG KELAS NYAMAN BELAJAR JADI GAMPANG

Atur ruang kelasmu seperti yang kamu mau

Ruang Kelas
Ruang Kelas

Semua orang pasti belajar, supaya belajar efektif dan memperoleh hasil maksimal tentunya perlu sarana pendukung salah satunya ruang kelas nyaman. Ruang kelas tidak melulu sebuah ruangan tertutup yang terdapat papan tulis, bangku dan meja belajar. Ruang kelas bisa di manapun asalkan kita bisa belajar disana. Kita bisa belajar di ruang kelas sekolah, ataupun kita bisa belajar di ruang kelas lain seperti di sawah, di hutan, di gunung, bahkan sekarang kita bisa belajar di ruang kelas dunia maya.

Ruang Kelas Masa Kini

Ruang Kelas Masa Kini
Ruang Kelas Masa Kini

Era teknologi saat ini membuat segala sesuatu menjadi tidak terbatas dan dalam mendefinisikan sesuatu menjadi lebih luas. Kita bisa tentukan sendiri di mana kita belajar dan kita bisa membuat dekorasi kelas terindah menurut kebutuhan kita sendiri. Bagi yang senang dengan kegiatan luar ruangan (outdoor), bisa menjadikan gunung atau hutan sebagai ruang kelas. Selama kita bisa nyaman dan menikmati waktu belajar kita, di situlah ruang kelas yang nyaman.

Hanya dengan terus beradaptasi, kita bisa tetap berkompetisi dalam persaingan industri. Terus belajar dan membangun ruang kelas kita sendiri agar kita tidak terreduksi. Kebutuhan belajar pada masa persaingan membuat ruang kelas yang nyaman sebagai suatu keharusan. Ruang kelas bukan sebuah fasilitas karena kebutuhannya kita sendiri yang tentukan. Jika sesuatu yang belum ada itu kita butuhkan maka mau tidak mau kita harus membangunnya sendiri. Dengan apa yang kita punya kita bisa membangun apa yang kita butuhkan.

Orang-orang yang menggeluti pendidikan atau pelatihan memiliki kebutuhan akan ruang kelas yang bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang yang belajar bersama dengannya dan orang-orang yang membutuhkan pengetahuan darinya. Kebutuhan untuk membagi pengetahuan mendorong orang-orang ini harus lebih kreatif dalam membangun ruang kelasnya sendiri sesuai dengan apa yang dibagikan.

Anak muda belajarnya suka-suka

belajar suka suka
belajar suka suka

Kendati semua tempat bisa jadi ruang kelas, ruang kelas dalam pengertian konvensional masih tetap dibutuhkan dan diminati. Ruang kelas dalam pengertian ini masih dibutuhkan untuk belajar yang sifatnya membutuhkan fasilitator, sekolah, tempat kursus, maupun bimbingan belajar juga memerlukannnya.

Seperti sebelumnya, ruang kelas tidak melulu bangunan berbentuk ruangan. Ruang kelas anak muda zaman sekarang lebih luas dan lebih beragam bentuknya, di manapun bisa jadi ruang kelas, asal ada internet anak bisa belajar. Warung kopi zaman sekarang bisa jadi ruang kelas karena sudah banyak yang warkop yang menyediakan wi-fi gratis. Sambil menikmati secangkir kopi ilmu dan informasi bisa dipelajari tanpa nanti.

Semua fasilitas sudah ada, tetapi kebutuhan akan terus berkembang seiiring dengan kemajuan. Anak muda masa kini bisa mewujudkan apa yang dia mau tanpa perlu ini dan itu. Asalkan mau berbuat sesuatu dan kreatif semua bisa terwujud semaumu. Mau belajar di ruang ber-AC cari saja warnet yang ber-AC, mau belajar dengan ruang terbuka cari saja wi-fi corner . semua ada, hanya perlu sedikit usaha. Anak muda tidak boleh ketinggalan hanya karena alasan fasilitas yang sebenarnya sudah tersebar dan ada dimana-mana. Bangun sendiri ruang kelasmu belajar sesuka hatimu.

Ruang kelas kebutuhan pembelajar

Ruang Belajar
Ruang Belajar

Karena belajar adalah kebutuhan sealigus kewajiban, adanya ruang kelas menjadi sebuah kebutuhan. Kebutuhan ruang kelas juga menyesuaikan dengan siapa yang belajar dengan apa yang akan kita pelajari. Seperti misalnya dekorasi ruang kelas untuk siswa taman kanak-kanak berbeda dengan dekorasi ruang kelas smp. Begitu pula dekorasi kelas sma ipa berbeda dengan dekorasi kelas sma ips. Semua kembali kepada siapa yang belajar dan apa yang akan dipelajari.

Siapa yang belajar: siswa pada taraf pendidikan taman kanak-kanak maupun sekolah dasar membutuhkan ruang kelas yang membangkitkan kreatifitas, sehingga membutuhkan ruang kelas sd kreatif serta dekorasi kelas sd yang mendorong untuk itu. Misalnya ruang kelas dengan dekorasi yang memberikan space lebih besar untuk bergerak karena siswa tingkat ini pasti sangat aktif dan membutuhkan sarana belajar yang melatih psikomotorik anak.

Kebutuhan ruang kelas bukan hanya mengenai kebutuhan akan bangunan berbentuk ruangan, melainkan juga bagaimana suatu tempat diseting  menjadi sebuah ruang kelas yang sesuai kebutuhan untuk belajar. guru sebagai fasilitator, siswa, dan semua komponen pembelajar bisa mengatur sendiri kebutuhannya untuk membuat “gambar” ruang kelasnya sendiri.

Dosen, guru, maupun trainner adalah fasilitator proses belajar. tujuan mereka tentunya membangun dan menciptakan ruang kelas yang sesuai agar transfer of knowledge bisa berjalan dengan baik. Seorang fasilitator bukan hanya menyiapkan materi tetapi juga menyiapkan ruang kelas, mulai dari setting secara fisik maupun secara suasana. Semuanya disiapkan oleh sang fasilitator untuk memastikan tercipta ruang kelas yang nyaman.

Kenyamanan ruang kelas bukan hanya tentang cara menghias kelas dengan kreatif  tetapi tentang bagaimana sang fasilitator mampu membangun suasana. Siswa smp nyaman belajar di kelas bukan karena dekorasi kelas smp tetapi bagaimana sang fasilitator mampu membangun susasana yang sesuai untuk anak smp. Belajar di sekolah dengan tempat kursus atau bimbingan belajar tentunya harus berbeda. Siswa nyaman, fasilitator senang, belajar lancar.

Kuncinya bukan hanya pada setting tempat, dekorasi ruang kelas lebih kepada bagaimana membangun suasana mengatur mood dan membangkitkan minat. Kelas yang nyaman bukan hanya tentang fisik, tetapi juga tentang fasilitator, dan juga partner belajar. bukan hanya sumber daya fisik tetapi juga sumber daya manusia.

Nusa Caraka

Ditulis Oleh: Ahmad Dziaaul Islam

One thought on “RUANG KELAS NYAMAN BELAJAR JADI GAMPANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *